Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar

Anggraini, Rezita (2015) Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Melalui pendidikan setiap orang belajar berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan, bagaimana bersikap, bagaimana bersosialisasi, bagaimana mengembangkan potensi yang dimiliki, dan masih banyak lagi yang lainnya. Melihat dari hal tersebut, pengembangan karakter dalam pelaksanaan pendidikan di negeri ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Pada tahun 2013, pemerintah memperkenalkan sebuah kurikulum baru berbasis kompetensis dan karakter yang kita sebut dengan kurikulum 2013. Karena pelaksanaan kurikulum 2013 yang dinilai masih setengah matang, maka dalam penerapannya banyak mengalami kendala seperti banyaknya guru yang belum cukup memahami bagaimana menerapkan ke empat kompetensi inti yang ada. Demi optimalnya penerapan kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter, salah satu guru kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah yang diwawancarai menyatakan bahwa beliau mempunyai strategi tersendiri agar aspek karakter (KI-1 dan KI-2) dapat diimplementasikan dengan baik. Melihat dari fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Menurut Kurikulum 2013 di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar”. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang diangkat adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar? (2) Bagaimana dampak dari strategi yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wali kelas 4A dan 4B dan dua orang siswa. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa strategi pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang aplikasinya berupa kerjasama, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar yang aplikasinya berupa penerapan bahasa Jawa kromo dan juga bintang prestasi, dan kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat yang aplikasinya berupa lembar sholat, check belajar dan buku penghubung. Ketiga strategi tersebut berdampak baik pada karakter siswa dengan faktor pendukung adanya dukungan dari orang tua, guru, sekolah serta motivasi dari diri siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah perasaan berat atau semacam beban pada diri siswa saat awal penerapannya dan juga hal yang bersifat teknis sering kali menjadi hambatan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo sudah dinilai baik. Dari hal tersebut diharapkan guru agar tetap konsisten dalam menerapkan strategi-strategi tersebut.

ENGLISH:

Through education each person learn a variety of things, ranging from science, how to action, how to do social life, how to developing their potential, and many others. Seeing from that, the character development as implementation of education in this country can’t be ignored. In 2013, the government introduced a new curriculum based competence and character which we call as the curriculum of 2013. Due to the implementation of the curriculum in 2013 are considered still half-ripe, then in practice many have obstacle such as many of teachers who misunderstanding about how to apply the four core competencies. To make optimal the implementation of competency and the character based curriculum in 2013, one of teacher in 4 Grade of Islamic Elementary have interviewed and say that she has strategy by herself to implementing the character aspect of KI-1 and KI-2. Looking from the phenomenon, researchers interested in lifting the title ”Teacher Strategies in Shaping the Student Character According to Curriculum 2013 in 4 Grades of Nurul Huda Islamic Elementary Ngadirejo Blitar.” Base on the background, therefore appointed the formulas of problem are: (1) How are the teacher strategies in shaping the students character according to curriculum 2013 at grade 4 of Nurul Huda Islamic Elementary Ngadirejo Blitar? (2) How the impact of teachers strategies in shaping the students character according to curriculum 2013 at 4 grade of Nurul Huda Islamic Elementary Ngadirejo Blitar? (3) How are the supporting and inhibiting factor teacher strategies in shaping the student character according to curriculum in 2013 at 4 grade of Nurul Huda Islamic Elementary Ngadirejo Blitar?

The research used a qualitative approach with case study observational type. The collected the data through by observation, interviews, and documentation. Researcher does interview with headmaster, deputy headmaster of curriculum, 4A and 4B class teacher and two students. From these research can be seen that the strategy in shaping the student character according to curriculum 2013 is done through the application of learning activities in the form of cooperative, developing the culture of school and learning activity center that is apply by implementation of as Kromo’s Javanese and also achievements star, and daily activities at home and in society whose apply by given sheets of prayer, check study and book of connecting. The third strategy had the good impact on the student character with supporting factors from the support by parents, teacher, school and the motivation of students. There is inhibiting students have not the self-confidence when beginning to apply and everything come from technical characteristic also be the obstacle. The conclusion of this research is teacher in shaping the students character according to the curriculum 2013 in Nurul Huda Islamic Elementary Ngadirejo Blitar was assessed goods. From that, hope full to teacher to still have consistent when apply those strategy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Strategi guru; Karakter Siswa; Kurikulum 2013; Teacher Strategies; Student Character; Curriculum 2013
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:25
Last Modified: 13 Dec 2016 02:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item