Syaifulloh, Ahmad (2014) Pengaruh Strategi Problem-Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12770056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi problem-based learning merupakan sebuah strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara menghadapkan para peserta didik tersebut dengan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupannya untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha mencari pemecahan atau jawabannya. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah mengajak peserta didik untuk mengamati, menanya, meneliti, mencoba, melaporkan dan mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam kelompok, menanamkan rasa tanggungjawab, dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang nyata. Madrasah Aliyah Khozinatul ’Ulum Blora Jawa Tengah merupakan Madrasah Aliyah swasta terbesar di kabupaten Blora Jateng yang berada di bawah naungan Kementrian Agama dan mempunyai orientasi pendidikan masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan pelaksanaan strategi problem-based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah. (II) Untuk menjelaskan motivasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah. (III) Untuk menjelaskan pengaruh strategi problem-based learning terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah. (IV) Untuk menjelaskan pengaruh strategi problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi bersifat normal dan memiliki homogenitas yang sama sehingga pengambilan dua kelompok sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi (I) analisis tahap awal dengan menguji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata populasi; analisis intrumen tes dengan menguji reliabilitas, validitas, daya pembeda dan indeks kesukarannya; serta analisis instrument non tes dengan uji reliabilitas dan validitas. (II) analisis tahap akhir dengan menganalisis nilai pretest dan postest motivasi dan hasil belajar peserta didik, uji yang dilakukan yaitu uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, uji beda dan perhitungan indeks gain. Sumber data penelitan adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah, kepala sekolah, guru, karyawan dan dokumen madrasah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan strategi problem-based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah dilaksanakan dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator. Proses pembelajarannya berbasis pada penyelesaian masalah yang dilakukan oleh peserta didik melalui diskusi kelompok dengan tahapan mengamati kasus tentang pembagian warisan, mengumpulkan data, menganalisis data dengan cara mencari referensi untuk menentukan bagian-bagian yang berhak diterima oleh ahli waris, menyusun hipotesis, mengolah data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan yang kemudian mengkomunikasikannya dengan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; (2) Kondisi psikologis motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora sebelum dilaksanakan pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori sedang, hal itu ditunjukkan dengan perolehan rata-rata pretest motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 66,55, dan kelas kontrol sebesar 66,67; (3) Terdapat pengaruh strategi problem-based learning terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah yang ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 84,17 dan kelas kontrol sebesar 76,38. dan hasil analisis uji t-beda dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh strategi problem-based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah yang ditujukkan oleh perolehan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,28 dan kelas kontrol sebesar 79,31 dan hasil analisis uji t-beda dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif tersebut di atas, juga terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek afektif dan psikomotorik. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan rata-rata nilai afektif kelas eksperimen mencapai 86,47 dan kelas kontrol mencapai 77,37. Sedangkan perolehan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen mencapai 83,79 dan kelas kontrol mencapai 77,72.
ABSTRACT
Strategy of problem-based learning is a teaching strategy that is student-centered in a manner that exposes student to the various problems encountered in life to be analyzed and synthesized in an attempt to find solutions or answers. The learning process in question is to invite students to observe, inquire, investigate, try, and report encouraging students to work in teams, instilling a sense of responsibility, and attempt to resolve the real problem. MA Khozinatul 'Ulum Blora Central Java is the largest private Madrasah Aliyah in Blora district of Central Java which is under the auspices of the Ministry of Religion and education have a future orientation.
This research aimed to: (i) describe the implementation of problem-based learning strategies to improve motivation and learning achievement of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java. (II) To explain the learning motivation of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java. (III) To explain the effect of problem-based learning strategies to learning motivation of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java. (IV) To clarify the effect of problem based learning strategies on learning achievement of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java.
This research uses a quantitative approach to the type of experimental research. Experimental research design used is True Experimental Design with a pretest-posttest form Control Group Design. Populations are normal and have the same homogeneity thus making the two groups of samples using cluster random sampling technique. Data collection techniques used were questionnaires, observation, testing, and documentation. Data analysis techniques include (i) analysis of the early stages of the test for normality, homogeneity and similarity of the population mean; analysis to test the reliability of the test instrument, validity, distinguishing features and the difficulty index; Non-test and analysis instruments to test reliability and validity. (II) the final stage of the analysis by analyzing the pretest and posttest values motivation and learning outcomes of students, who performed the test normality test, homogeneity, average similarity, difference test and the calculation of the index gain. The data source of research is learners class XI IPS1 and XI IPS2 MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java, principals, teachers, employees and documents madrasah.
The results showed that: (1) The implementation of problem-based learning strategies to improve motivation and learning outcomes of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java implemented centered learning students, while the teacher serves as a facilitator. The learning process is based on problem solving undertaken by learners through the stages of group discussion with the case of inheritance observing, collecting data, analyzing the data by looking for references to determine who has the right parts received by an heir, formulate hypotheses, process data, test hypotheses, and draw conclusions which then communicates with the present results to the class discussion; 2) The psychological condition of learning motivation of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora prior to implementation including problem-based learning medium category, it is shown by the average achieved pretest motivation to learn classroom experiment at 66.55, and 66.67 for the control class; (3) There is infuence problem-based learning strategies to motivate students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java, as indicated by the average acquisition value learning motivation experiment class is 84.17 and 76.38 for the control class. and results of t-test analysis of the difference with a significance value of 0.000 <0.05; (4) There is the effect of problem-based learning strategies on learning outcomes of students in the subjects of jurisprudence in MA. Khozinatul 'Ulum Blora Central Java evidenced by the acquisition of the average value of the learning experiment class is 88.28 and 79.31 for the control class and the results of t-test analysis of the difference with a significance value of 0.000 <0.05. In addition to increased student learning outcomes in the cognitive aspects of the above, there is also an increase in the study of students in the affective and psychomotor aspects. This is demonstrated by the average acquisition value reaches 86.47 affective experimental class and control class reaches 77.37. While the average acquisition value reaches 83.79 psychomotor experimental class and control class reaches 77.72.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus and Amrullah, Abdul Malik Karim |
Keywords: | Problem-Based Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Problem-Based Learning; Learning Motivation; Learning Achievement |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:43 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:43 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |