Rizqi, Lailatur (2015) Penerapan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Kab. Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Fungsi media dalam kegiatan belajar mengajar disamping sebagai penyaji stimulus informasi, sikap, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi. Selain itu media juga berfungsi untuk mengatur langkah-langkah kemajuan serta untuk memberikan umpan balik. Penerapan media yang tepat akan membantu keberhasilan proses belajar mengajar dan memudahkan siswa untuk menyerap materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan, (2) mengetahui proses pelakasanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan, (3) mengetahui hasil penilaian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan. Untuk mencapai tujuan, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri yang dibantu oleh Guru sebagai observer dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes tulis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga dirancang untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa pada materi فربعتلا, ةيسردولا تاودلَا, dan ةنهولا, (2) proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yaitu selama 2 x 35 menit atau dua jam pelajaran setiap siklus. Pada setiap siklus yang dilaksanakan antusias dan semangat siswa semakin meningkat dari setiap siklus, (3) media pembelajaran permainan ular tangga dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab siswa Pada awal sebelum diadakan tindakan rata-rata nilai tes siswa hanya 51,7, kemudian pada siklus I nilai rata-rata tes siswa meningkat menjadi 58,1 peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa sebesar 12,37% pada tindakan siklus II rata-rata nilai tes siswa menjadi 66,3 dan peningkatan penguasaan kosa kata meningkat menjadi 14,11%. Pada siklus III nilai rata-rata hasil tes siswa menjadi 77,2 dan peningkatan penguasaan kosa kata sebesar 16,44%. Saran yang dapat diberikan adalah Guru hendaknya menjadi pengajar yang memahami tentang berbagai macam strategi, metode, dan media pembelajaran agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, serta memudahkan siswa dalam memahami atau menguasai materi yang disampaikan. Hendaknya Guru menyiapkan strategi, metode maupun media yang menarik agar siswa bersemangat dan antusias mengikuti pembelajaran tanpa merasa malas dan bosan.
ENGLISH:
Instructional media is an integral part of teaching and learning activities in classroom. The function of the media in teaching and learning activities not only as presenters of stimulus information, attitudes, but also to improve the suitability in the reception of information. In addition, the media also serves to regulate the steps of progress and to provide feedback. The implementation of appropriate media will help the success of teaching and learning process and facilitate students to absorb the course material. The objectives of this study are: (1) describing the planning of learning process by using snakes and ladders game as instructional media to improve Arabic vocabulary mastery for forth grade students of MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar, (2) describing the implementation of learning process by using snakes and ladders game as instructional media to improve Arabic vocabulary mastery for forth grade students of MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar, (3) describing the assessment result of learning process by using snakes and ladders game as instructional media to improve Arabic vocabulary mastery for forth grade students of MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar. To achieve the objectives above, qualitative research approach by using classroom action research approach is used in this study which is conducted three cycles. Key instrument is the researcher of this study who is assisted by teacher as observer. Data collection techniques are observation, documentation, interviews, and written tests. Data are analyzed by reducing irrelevant data, presented data and verification.
The results of the study showed that, (1) the planning process of learning Arabic using snakes and ladders game as instructional media to improve Arabic vocabulary mastery on the material فربعتلا, ةيسردولا تاودلَا, and ةنهولا, (2) the implementation process of learning Arabic using snakes and ladders game as instructional media conducted in three cycles. At each cycle of meetings are held twice meetings for 2 x 35 minutes or two hours of lesson in each cycle. The students‟ spirit and enthuasm was getting higher in each cycle, (3) Snakes and ladders game as instructional media can improve students‟ Arabic vocabulary mastery. Before implementation, the mean of students‟ test scores only 51.7, then in the cycle I, the mean of students‟ test scores increase to 58.1. Increasing of students‟ Arabic vocabulary mastery is 12.37%. In the second cycle, the mean of students‟ test scores become 66.3. The increasing of students‟ Arabic vocabulary mastery increase to 14.11%. In the third cycle, the mean value of students‟ test results become 77.2 and increasing mastery of the vocabulary is 16.44%. The suggestion that can be given is teachers should be educators who understand about various strategies, methods, and instructional media so that the learning process can run well and achieve learning objectives that have been set, beside that, teacher should facilitate students to understand or master the material presented. Teachers should prepare a strategy, methods and media that is interesting in order that the students excited and enthusiastic about taking lessons without feeling lazy and bored.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Ular Tangga Bahasa Arab; Penguasaan Kosa Kata; Snakes and Ladders Arabic as Media; Vocabulary Mastery | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:25 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5382 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |