Indasari, Hastuti (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Map dan Metode Inkuiri terhadap peningkatan Prestasi Siswa dan Kreativitas pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 8 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12770022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Peningkatan Prestasi dan Kreativitas dalam pembelajaran menjadi kriteria keberhasilan peserta didik. Untuk mencapainya dibutuhkan metode yang tepat. Salah satunya adalah metode Mind Map dan metode inkuiri. Penggunaan kedua metode tersebut dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas (daya berpikir kreatif) dan prestasi siswa dalam belajar pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode Mind Map dan Inkuiri terhadap peningkatan prestasi dan kreativitas siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 8 Malang dan mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode Mind Map dan metode Inkuiri terhadap peningkatan prestasi dan kreativitas siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 8 Malang.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental berdesain Nonequivalent Control Group Design (Pretest dan Posttest). Sampel yang digunakan adalah group random Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji-t (T-test) sampel berpasangan (Paired Sample T-test dan (2) Uji-t (T-test) dua sampel bebas (Independent Sample T-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode mind map berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Nilai t hitung > t tabel (8,078 >2,056) maka Ho di tolak, artinya ada perubahan prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan. (2) metode mind map berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, nilai t hitung > t tabel (15,390>2,056) maka Ho ditolak, artinya ada perubahan kreativitas belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (3) bahwa metode inkuiri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, nilai t hitung>t tabel (8,522>2,056) maka Ho ditolak, artinya ada perubahan prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (4) metode inkuiri berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, nilait hitung>t tabel (19,175>2,056) maka Ho ditolak, ada perubahan kreativitas siswa sebelum diberikan perlakuan (5) tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara kelompok yang menerapkan metode mind map dan metode inkuiri, nilai t hitung< t tabel (0,034<2,0066), maka Ho, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara kelompok yang menerapkan metode mind map dan metode inkuiri. (6) tidak ada perbedaan yang signifikan kreativitas belajar siswa antara kelompok yang menerapkan metode mind map dan metode inkuiri, nilai t hitung< t tabel (0,84<2,0066), maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan kreativitas siswa antara kelompok yang menerapkan metode mind map dan metode inkuiri. Peningkatan prestasi dan kreativitas dipengaruhi oleh kriteria soal yang yang masih tergolong mudah dan sedang yakni mencakup pengetahuan, pemahaman dan aplikasi (C1,C2, dan C3).
ABSTRACT
Improved Performance and Creativity in learning become a success criteria of learners. To achieve success, we needs the proper method. One of the method is the Mind Map and inquiry method. The use of both methods of learning can enhance creativity (creative thinking power) and student achievement in the study of Islamic education.
The purpose of this study was to determine the effect of the use of Mind Maps and inquiry methods to increase student achievement and creativity in learning PAI at SMAN 8 Malang and to know the difference influence the use of Mind Map and inquiry method to increase student achievement and creativity in learning at SMAN 8 Malang PAI.
The approach used in this study is a quantitative approach while the types of research using Quasi-Experimental design Nonequivalent Control Group Design (pretest and posttest). The sample used was a group of random sampling. The analysis used in this study were (1) t-test (T-test) sample pairs (paired sample T-test and (2) t-test (T-test) of two independent samples (Independent Sample T- test).
The results of this study showed (1) a method of mind mapping has positive effect on student achievement. T count> t table (8.078> 2.056) then Ho is rejected, it means there is increasing in student achievement before the treatment. (2) a method of mind mapping creativity has positive effect on student learning, the value of t count> t table (15,390> 2.056) then Ho is rejected, it means there is improvement in the creativity of student learning before the treatment (3) that inquiry method has positive effect on student achievement, the value of t count> t table (8.522> 2.056) then Ho is rejected, it means there is development of student achievement before the treatment (4) there are positive effect on the inquiry method creativity of student learning, the value of t count> t table (19.175> 2.056) then Ho is rejected, there is a change in the creativity of students before the treatment (5) there was no significant difference in student achievement between the groups applying the mind map and inquiry method, the t value <t table (0.034<2.0066), then Ho, meaning there is no significant difference in student achievement between groups that implement the methods of mind mapping and methods of inquiry. (6) there was no significant difference between the groups creativity that students learn to apply the method of mind mapping and methods of inquiry, the t value <t table (0.84 <2.0066), then Ho is accepted, it means there was no significant difference between the groups creativity of students who apply mind mapping and inquiry method. Improved achievement and creativity is influenced by criteria about who is still relatively easy and being that includes knowledge, understanding and application of (C1, C2, and C3).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Suti’ah, Suti’ah |
Keywords: | Metode Mind Map; Metode Inkuiri; Prestasi; Kreativitas; PAI Mind Map Method; Method of Inquiry; Achievement; Creativity; PAI |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:13 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53811 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |