Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi Al-Bantani dan relevansinya dengan materi PAI berdasarkan Permendikbud No. 68 Tahun 2013

Fitriyah, Lailatin Nurul (2016) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi Al-Bantani dan relevansinya dengan materi PAI berdasarkan Permendikbud No. 68 Tahun 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12110190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

INDONESIA:

Saat ini pendidikan Islam di Indonesia mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan pendidikan umum. Pendidikan selalu berkaitan dengan nilai-nilai yang dapat mengukur baik buruk seseorang, karena nilai merupakan suatu hal yang berharga dan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk masa depan. Melalui kitab Nashaihul ‘Ibad dapat dijadikan sebagai pedoman, karena kitab tersebut merupakan salah satu kitab yang berisi tentang nasehat-nasehat kepada masyarakat dengan harapan dapat menjadi pribadi berbudi pekerti yang baik. Dalam Islam, memprioritaskan setiap muslim agar dapat memahami esensi nilai-nilai pendidikan Islam untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui sebuah pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani. (2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Nashaihul ‘Ibad dengan materi PAI tingkat SMP dan SMA/SMK berdasarkan Permendikbud No. 68 Tahun 2013.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian library research yang dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa literature melalui sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan objek penelitian. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang kompleks, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani meliputi: a) Nilai tauhid terdapat nilai ketaatan dan beriman kepada Allah Swt. b) Nilai syari’ah meliputi keutamaan menuntut ilmu, keutamaan shalat berjama’ah, dan perintah untuk puasa serta membaca al-Qur’an. c) Nilai akhlak diantaranya adalah anjuran untuk saling tolong-menolong, mendekatkan diri kepada para Ulama’, tawadhu’, zuhud, berperilaku lemah-lembut, taqwa, keutamaan diam, larangan dalam meremehkan siapapun, keutamaan sabar, syukur, santun, serta nasihat untuk saling memaafkan. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Nashaihul ‘Ibad dengan materi Pendidikan Agama Islam tingkat SMP a) Beriman kepada Allah Swt., b) Keutamaan shalat berjama’ah, c) Keutamaan mencari ilmu, d) Melaksanakan shalat sunnah, e) Melaksanakan puasa wajib, f) Mendekatkan diri pada Ulama’ dan guru, g) Keutamaan santun, h) Saling memaafkan, i) Bersikap tawadhu’ dan relevansi nilai-nilai Pendidikan Islam tingkat SMA meliputi: a) Beriman kepada Allah Swt., b) Mendekatkan diri pada Ulama’ dan guru, dan c) Menumbuhkan sikap semangat dalam menuntut ilmu.

ENGLISH:

Currently the Islamic education in Indonesia are lagging compared with the general education. Education always concerned with the values that can measure a good person and bad behavior, because the value is something that valuable and can be used as guidance for the future. Through the book of Nashaihul 'Ibad can be used as guidance, because this book is one of book that contains advice to the societies with hope to become a good personal virtuous character. In Islam, every Muslim prioritize to understand the essence the values of Islamic education to be applied in our daily lives through an education.

The purpose of this research is:(1) To describe the values of Islamic education that contained in Nashaihul 'Ibad book by Syekh Nawawi al-Bantani. (2) To know relevance the values of Islamic education that contained inNashaihul 'Ibad book on material PAI junior high and high school / vocational school based Permendikbud No. 68 Year 2013.

To achieve that purpose, use the type of library research study carried outin a way: collect some literatures through the primary data source and secondary data relating to the object of research. The datawas analyzed by reducing the complex data, presented data and draw a conclusion.

The results showed that, (1) The values of Islamic education inNashaihul 'Ibad includes: a) The value of monotheism there is value observance and faith in Allah.b) The primacy of shari’a includes studying, the primacy of pray together, zuhud, and orders to fasting and reading the Qur’an. c) The moral values of which is a suggestion to help each other, get closer to the Ulama',tawadhu', behaved graceful,taqwa, the virtue of silence, the prohibition in underestimating anyone, the virtue of patience, gratitude, manners, and counsel to forgive each other.And (1) the relevance of values Islamic education that contained inNashaihul 'Ibad book on material of PAI junior high school, there are a) The more recognize to Allah, b) The pleasure of pray together, c) The virtue to studying, d) The pleasure of sunnah prayer, e) The pleasure of fasting obligatory, f) Be closer than parent or teachers, g), The primacy of polite, h) To forgive each other, and i) Being tawadhu’. 2 The relevance of Islamic education values of PAI, are a) More recognize of Allah, b) Be closer than parents and some teachers, and c) To shining up the soul attitude for demand of knowledge.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujtahid, Mujtahid
Keywords: Nilai Pendidikan Islam; Kitab Nashaihul ‘Ibad; The values of Islamic Education; Nashaihul ‘Ibad book
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:24
Last Modified: 13 Dec 2016 02:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item