Saprun, Saprun (2013) Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Al-Qur’an Berbasis Otak Kiri untuk orang dewasa di Unuversitas Muhammadiyah Mataram. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu aspek pendidikan Agama yang kurang mendapatkan perhatian adalah pendidikan membaca Al-qur‟an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum sehingga banyak orang muslim yang belum bisa membaca al-qur‟an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada diri kita sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya kelak. Berpijak dari problem tersebut, para pengajar Al-qur‟an harus mencari jalan keluar atau pemacahannya. Salah satunya adalah menggunakan metode-metode yang menarik, praktis, dan mudah dipahami sehingga seseorang tertarik untuk belajar membaca Al-qur‟an. Sejauh peneliti ketahui bahwa, masih perlu adanya peningkatan mutu dari pendidikan Al-Qur‟an tersebut. Dari permasalahan tersebut, maka dalam tesis ini peneliti membahas metode pembelajaran Al-Qur‟an dalam meningkatkan minat baca Al-Qur‟an untuk orang dewasa di universitas Muhammadiyah Mataram. Mengingat orang dewasa merupakan harapan dari orang tua, masyarakat, agama, dan juga bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Modul Pembelajaran Baca AL-Qur‟an Berbasis Otak Kiri Untuk Orang Dewasa di Universitas Muhammadiyah Mataram, mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan untuk orang dewasa di Universitas Muhammadiyah Mataram.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matode R&D dengan model desain kelompok pembanding prates-pascates berpasangan (Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi mutlak, wawancara yang mendalam dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu editing data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisi data kuantitatif adalah dengan menggunakan program windows SPSS 16 (Uji homogenitas varians, Uji Normalitas data, Uji regresi linier sederhana, dan uji T-Test independent).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran untuk orang dewasa relevan serta efektif digunakan untuk memecahkan persoalaan yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Mataram dalam pembelajaran Al-Qur‟an. Hal ini dibuktikan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, mahasiswa semakin aktif, kritik dan antusias serta mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar membaca Al-Qur‟an. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan bahwa nilai probabilitas (sig) uji regresi di Universitas Muhammadiyah Mataram adalah (0.000) < (0.025), sehingga Ho ditolak, ini artinya metode pembelajaran untuk orang dewasa berpengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam memmbaca Al-Qur‟an. Adapun kemampuan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Mataram dipengaruhi metode Tsabita adalah sebesar 32% (kategari sedang) dan sisanya dipengaruhi oleh Metode pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa yaitu sebesar 88%. Sedangkan uji independent sampel t-tes yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai probabilitasnya (sig) adalah (0.000) < (0.025), yang menunjukkan Ho di tolak, ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an dalam menggunakan metode Tsabita dan metode pembelajaran baca Al-Qur‟an Berbasis Otak Kiri.
ABSTRACT
One of the aspects of religious education which received less attention is the education to read the Qur'an. generally, the parents are more focused on public education so that many Muslim people who can not read the Qur'an. As a first step is laying a strong foundation in religion ourselves in preparation for the through life and later life. Rests of the problem, the teachers of Al-Qur'an must find a way out. One of it is use the interesting, practical, methods and easy to understand so that anyone interested in learning and read the Qur'an. As far as the researchers know that, there is still a need to increase the quality of the education of the Qur'an. Of these problems, the researchers in this thesis discusses methods of learning the Quran in raising interest in reading the Qur'an for adults at the University of Muhammadiyah Mataram. Given the expectations of the adults are parents, society, religion, and nation.
This study aimed to describe the Module Development In AL-Quran Learning Read-Based Brain Left For Adult at the Muhammadiyah University Mataram, describes the learning methods used for adults at the University of Muhammadiyah Mataram.
This research uses descriptive qualitative and quantitative approaches with R&D method quasi (quasi-experimental) design model with pre-test-post-test comparison group pairs (Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design). Data was collected through an absolute observation, in-depth interviews and documentation with the data analysis techniques of data editing, data reduction, data description, and conclusion. While the quantitative data analysis is to use a windows program SPSS 16 (test of homogeneity of variance, normality test of data, simple linear regression, and test independent T-Test
The results of this research showed that: (1) The application of adult learning methods is relevant and effectively, used to solve the problem at University Muhammadiyah Mataram in learning Al-Quran. This was evidenced during the learning activity, students are more active, enthusiastic and able to critique and improve students' ability to learn and read the Quran. Based on the hypothesis test conducted that probability value (sig) regression testing at the University of Muhammadiyah Mataram is (0.000) <(0.025), so Ho is rejected, this means that the method of learning for adults positive effect on students' ability in reading Qur'an. The ability of a student at the University of Muhammadiyah Mataram influenced Tsabita method was 32% (category medium) and the rest is influenced by the method of learning Al-Quran for adults that is equal to 88%. While the independent samples t-test carried out showed that the probability value (sig) is (0.000) <(0.025), which indicates Ho is rejected, this means that there is a significant difference between students' ability in reading the Qur'an in using Tsabita methods and the Module Development In AL-Quran Learning Read-Based Brain Left For Adult.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Pengembangan; Modul Pembelajaran Al-Qur’an; Otak Kiri; Orang Dewasa Method of Learning the Qur’an; for Adult |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |