Tulus, Mohamad (2012) Pengembangan kurikulum PAI muatan lokal Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam meningkatkan mutu lulusan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10770035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah Aliyah Nurul Jadid sebagai lembaga pendidikan yang berada di lingkungan pesantren dituntut untuk menselaraskan tujuan kurikulernya dengan out put yang diharapkan oleh pesantren yaitu menjadikan santri atau siswa MANJ memiliki pemahaman keagamaan yang baik (mengetahui furudhul ainiyyah) untuk melestarikan tradisi dan budaya yang ada di pesantren. Berdasarkan fenomena tersebut, maka MA Nurul Jadid perlu untuk mengembangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi mata pelajaran muatan lokal, karena mata pelajaran PAI yang ditetapkan oleh pemerintah masih terlalu simpel dan belum memenuhi apa yang menjadi tujuan lembaga untuk mewujudkan visi pesantren. MA Nurul Jadid sebagai madrasah yang telah mengembangkan PAI menjadi muatan lokal baik yang dalam pelaksanaannya masuk dalam program intrakurikuler maupun ekstrakurikuler; program tutorial sore hari dan madin, menarik untuk diteliti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum PAI muatan lokal MA Nurul Jadid dalam meningkatkan mutu lulusan, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum PAI muatan lokal MA Nurul Jadid dalam meningkatkan mutu lulusan, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum PAI muatan lokal MA Nurul Jadid dalam meningkatkan mutu lulusan,dan (4) Untuk mendeskripsikan dampak pengembangan kurikulum PAI muatan lokal MA Nurul Jadid terhadap mutu lulusan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik, yaitu memahami aktivitas pengembangan kurikulum PAI muatan lokal yang terjadi di MA Nurul Jadid dan jenisnya studi kasus dengan kasus tunggal dan analisis tunggal. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan derajat kredibilitas dengan trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan keajegan dalam penelitian.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan: (1) perencanaan yang dilakukan MA Nurul Jadid dalam mengembangkan PAI muatan lokal meliputi; merumuskan tujuan, menentukan bahan pembelajaran (isi), dan merumuskan strategi pelaksanaan. (2) dalam implementasinya MA Nurul Jadid dalam mengembangkan PAI pada muatan lokal dilaksanakan secara terpadu pada kegiatan intrakurikuler dan secara terpisah pada ekstrakurikuler dengan program tutorial sore hari dan madrasah diniyyah malam hari. Untuk yang masuk pada intrakurikuler pelaksanaannya dikoordinir oleh waka kurikulum, dan untuk yang tutorial sore hari dalam implementasinya dikoordinir oleh ketua program dimasing-masing jurusan, sedangkan untuk yang madin malam hari dikoordinir oleh seseorang yang ditunjukan oleh MA Nurul Jadid dan diserahi tugas untuk mengelolah madin tersebut. (3) Dalam penilaiannya menggunakan instrumen tes baik secara tertulis, lisan maupun tindakan. Untuk kegiatan penilaian kurikulumnya diperoleh dari hasil penilaian hasil belajar siswa, lulusan, serta hasil supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah setiap enam bulan sekali. (4) untuk melihat dampak yang ditimbulkan dari adanya pengembangan kurikulum PAI muatan lokal, MA Nurul Jadid melihat dari aspek; Prestasi siswa MA Nurul Jadid dalam bidang keagamaan, lulus UAN pada materi keagamaan, dan Lulus masuk seleksi Perguruan Tinggi yang tes tulis dan lisannya berkaitan dengan materi keagamaan, seperti beasisswa santri yang diselenggarakan oleh Kemenag.
ABSTRACT
Nurul Jadid Madrasah Aliyah as an educational institution that is still in the are of Nurul Jadid Islamic boarding school is required to harmonize with the curricular goals put out by the schools is expected to make students or students MANJ have a good understanding of the religious (knowing furudhul ainiyyah) to preserve the tradition and culture in the area of pesantren. Based on this phenomenon, MA Nurul Jadid needs to develop an Islamic Education (PAI) to become a subject of local content, because PAI subject that is set by the government was too simple and so that does not fulfill the objectives of the institution to realize the vision of pesantren. MA Nurul Jadid as an islamic school that has choosen PAI as one of local content in its implementation into the program and extracurricular intrakurikuler; afternoon tutorial program and Madin, is likely interesting to study farther. Therefore, this study aims at: (1) Describing the PAI local content curriculum of MA Nurul Jadid in improving the quality of the graduates; (2) describing the implementation of PAI local content curriculum of MA Nurul Jadid in improving the quality of of graduates; (3) Describing the evaluation of the PAI local content curriculum of MA Nurul Jadid in improving the quality of the graduates; and, (4) Describing the impact of the development of PAI local content curriculum of MA Nurul Jadid to the quality of the graduates.
In this study, the researcher applies the qualitative research namely phenomenological approach, to understand the activity of PAI local content curriculum development in MA Nurul Jadid together with its all cases in which the researcher takes only one case study as well as single analysis. To examine the sincerity of the data collection, the researcher applies the technique of observation, interview and documentation. In testing the validity, the researcher applies a degree of credibility by using the triangulation, peer through discussion and regular examination of the study.
From the results of research that have been done, the researcher found that: (1) the planning conducted by MA PAI Nurul Jadid in developing local content includes; setting the goals, defining the learning materials (content), and formulating the implementation strategy; (2) the implementation o the local content of MA PAI Nurul Jadid in developing it within the activities carried out in an integrated manner intra-curricular and extra-curricular separately on the afternoon tutorial program diniyyah night and madrasah. The students that go to this kind of extra- curricular, it is directly beneath the coordination of vice master of the school, and
a tutorial for the evening was coordinated by the head of the program implementation in each of the majors, while for the Madin evening was coordinated by a person appointed by the Supreme Court of Nurul Jadid and was assigned to manage the Madin; (3) In the judgment to use either a test instrument in writing, verbally or in action. For the curriculum assessment, it is obtained from the assessment of learning outcomes, graduates, as well as the supervision is carried out by the head of the madrasah in every six months; (4) to see what the impact of the development of local content curriculum PAI, MA Nurul Jadid outlook of aspects; Nurul Jadid MA student achievement in the field of religion, passing the final examination on religious materials, and graduated from the selection of the higher education that relates to the written and oral test with religious content, such as scholarship’s test conducted by The the minister oof Religious Affair of the country.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Pengembangan Kurikulum; PAI Muatan Lokal; Mutu Lulusan; Curriculum Development; PAI Local Content; Quality of Graduates |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53718 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |