Supriatin, Dede (2013) Nilai-Nilai dan Metode Pendidikan Karakter dalam Surat Yusuf. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Banyaknya permasalahan yang muncul di kalangan remaja merupakan pertanda lunturnya nilai-nilai kehidupan dan pergeserannya, yang semestinya menjadi pedoman dan diamalkan dalam kehidupan. Maka untuk memperbaiki keadaan ini, perlu digali lagi nilai-nilai yang baik bagi anak bangsa. Tesis ini berangkat dari keinginan mengungkap nilai-nila dan metode pendidikan karakter di dalam surah Yusuf, dengan fokus pada dua titik permasalahan, yaitu: bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam surat Yusuf? Dan bagaimana metode pendidikan karakter yang terdapat di dalam surat Yusuf?
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan nilai-nilai dan metode pendidikan karakter di dalam surah Yusuf. Sebagaimana rumusan masalahnya yaitu yang pertama, nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat di dalam surat Yusuf?. Yang kedua, Bagaimana metode pendidikan karakter yang terdapat di dalam surat Yusuf?
Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research), menggunakan metode tafsir dengan pendekatan mawdhu’i (tematis permasalahan) dan tahlili (analitik). Metode tafsir digunakan untuk menggali kandungan makna ayat secara komprehensif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian bahwa sisi kehidupan keagamaan Yusuf as jauh lebih ditekankan dari pada aspek kepribadinya yang lain, dengan demikian kisah di dalam surat Yusuf ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yang meliputi: 1) Nilai sabar. 2) Nilai syukur. 3) Nilai ikhlas. 4) Nilai keadilan. 5) Nilai takwa kepada Allah SWT. 6) Nilai kejujuran. 7) Nilai amanah. Sedangkan metode pendidikan karakter yang terdapat di dalam surat Yusuf yaitu: 1) Metode nasihat (maw’idzah). 2) Metode Keteladanan (uswah). 3) Metode janji dan ancaman (al- targhib wa al-tarhib). 4) Metode pemberian penghargaan dan sanksi (al- mukafa’ah wal-‘iqab). Penulis juga menemukan dari penelitian ini bahwa kesuksesan pendidikan pada diri seorang anak didik tidaklah cukup dengan transformasi ilmu pengetahuan semata, tetapi harus dibarengi dengan internalisasi nilai ke dalam pribadi anak didik tersebut dengan metode yang tepat.
ABSTRACT
Many problems that arise among teenagers are a sign of the erosion of the values of life and displacement, which should serve as guidelines and practiced in life. So to rectify this situation, need to be explored further values that are good for the nation. This thesis departs from the desire uncover value - indigo and methods of character education in the surat Yusuf, this study focus on two issues, that are: how character education values contained in the letter of Joseph ? And how Character education the methods contained in the letter of Joseph?
The purpose of this study is to explain the values and methods of character education in the surat Yusuf. As the first formulation of the problem namely, the values of character education what is contained in a letter Joseph?. The secondly, How character education methods contained in the letter of Joseph?
The design of this research uses the study of literature (library research), the researcher using of interpretation method with mawdhu'i approach (thematic issue) and tahlili (analytic). Interpretation methods used to explore the meaning of paragraph content in a comprehensive manner. The data are collected by documentation method. Whereas the researcher using the data analyses in this study is content analysis (content analysis).
As the result, the researcher found that the religious life of Joseph, the U.S. is much more emphasized than the personality, another aspect, the story thus contains the values of character education, which include: 1) the value of patient. 2) The value of gratitude. 3) Value sincere. 4) The value of justice. 5) The value of piety to Allah SWT. 6) The value of honesty. 7) The value of the trust. While character education methods contained in the letter of Joseph, namely: 1) Methods of advice (maw'idzah). 2) Method of modeling (uswah). 3) Method of promise and threat (al-wa al-Tarheebtarghib). 4) The method of rewards and sanctions (al-mukafa'ahwal-'iqab). The researcher also found that the success of self-education on a protege is not enough to transform science alone, but must be accompanied by internalization into personal protégé the proper method.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Fadil, Fadil |
Keywords: | Nilai-Nilai; Pendidikan Karakter; Metode Pendidikan Karakter; Surat Yusuf Values; Character Education; Method Character Education; Surat Yusuf |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53703 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |