Karimulla, Muhammad (2012) Upaya Peningkatan Spiritual Quotient (SQ) dalam membentuk siswa berkarakter di SMAN I Tanjung Palas Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan pendidikan yang dihadapi dewasa ini salah satunya adalah krisis moral remaja SMA dan peserta didik pada umumnya. Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran yang didalamnya memuat tentang budi pekerti, akhlak mulia atau lebih bertitik tumpu pada pembentukan karakter, diharapkan menjadi tameng yang mampu menjadi pengendali krisis moral, bahkan dengan pendidikan agama Islam krisis moral tersebut dapat terentaskan. Pendidikan Agama Islam adalah pembelajaran pendidikan yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotorik, sehingga siswa memiliki keseimbangan, antara pengetahuan dan bertingkah laku (siswa berkarakter) sebagai bekal untuk dapat terinternalisasi dan peraktek dalam prilaku keseharian peserta didik. Dalam hal ini diperlukan upaya-upaya lain yang tepat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga mendapat tempat dihati peserta didik, diminati, dan digemarinya. Dengan bekal ini akan memudahkan guru dalam mengajar dan menanamkan nilai- nilai spiritual dan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan yang digunakan guru pendidikan agama islam dal am upaya peningkatan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter dan bagaimana hasil peningkatan dari nilai-nilai spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter di SMA Negeri I Tanjung Palas Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendiskripsikan data yang diperoleh. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen yang semuanya untuk menjawab permasalahan penelitian tentang bagaimana bentuk kegiatan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter di SMA Negeri I Tanjung Palas Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwasanya bentuk kegiatan yang sangat efektif digunakan guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter di SMA Negeri I Tanjung Palas meliputi, 1) bertadarus Al-Qur’an, 2) shalat berjamaah, 3) pengajian ahad pagi, 4) peringatan hari-hari besar islam, 5) spiritual camp, 6) spiritual work camp, 7) forum demokrasi, 8) keteladanan, dan 9) komonikasi dengan orang tua siswa. Ternyata dapat meningkatkan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter di SMA Negeri I Tanjung Palas hasilnya adalah siswa dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai spiritual quotient dan nilai-nilai karakter, memperoleh prestasi nilai diatas rata-rata, aktif dalam mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam serta siswa hormat dan patuh kepada guru serta sesama.
ABSTRACT
The education problem in this era on of them are morality crisis SMA student and student in generally. The Islamic education as lesson which including about character right, right akhlak or more concentred in the making character, moreover by Islamic education the character chrisis can be solve. The Islamic education is education lesson which including cognitive aspect, effective, and psycomotoric so the student has balanced between knowing right character as supply for can be internalization and dealy action. In this case needed the correct outher efforts in the Islamic education lesson so get the place in the heart student, interested, fonded. By this supply will be easy teacher in the teaching and internalization the character values. The purpose this reseach for knowing why the making activity which used by the Islamic education teacher in the increasing effort spiritual quotient in the making character student in SMAN 1 TanjungPalas Bulungan east Kalimantan.
This reseach uses qualitative approach for description the data. The tecnique in the including data uses observation, interview, and document which all of them for answer the reseach problem about why the shape spiritual activity in the making character student in SMAN 1 Tanjung Palas Bulungan east Kalimantan.
By this reseach have be done, I get the conclusion that the shape activity is very effective used by Islamic education theacher in the development in spiritual quotient in the making character student in SMAN 1 TanjungPalas such us (1) the reading holy qur’an, (2) the praying together, (3) the study in Sundy morning, (4) celebration Islamic days, (5) camp spiritual, (6) camp work spiritual, (7) democracy forum, (8) model, and (9) the communication with student’s parent. On the real can increase spiritual quotient in the making character student in SMAN 1 TanjungPalas. The result is the student can anderstand and apply the spiritual quotion values and character values, get value achievement on the everage, active in the following the Islamic education lesson and the student respects and submissive for theacher and the all.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Spiritual Quotient; Siswa Berkarakter; Spiritual Quotient; Character Student |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53702 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |