Masyfu’, Jiddy (2012) Strategi Guru PAI dalam mengembangkan Budaya Religius di sekolah: Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari sebuah keprihatinan dan sekaligus harapan. Mengapa di era globalisasi ini masalah dekadensi moral semakin meningkat, sehingga para orang tua semakin khawatir terhadap pengaruh negatif dari globalisasi, yaitu semakin mudahnya nilai-nilai moral yang negatif mempengaruhi anak-anak didik baik melalui media cetak maupun elektronik, dan juga media online, bahkan kita saksikan langsung dalam kehidupan nyata sekitar kehidupan kita seperti tawuran antar geng, tawuran antar sekolah, mengonsumsi miras atau narkoba, pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, pencurian, dll. Dari beberapa contoh-contoh itu membuat kita sebagai insan pendidikan perihatin dengan masalah ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Melalui pendekatan ini, penulis menemukan beberapa strategi guru PAI dalam mengembangkan budaya religius di SMAN 1 Malang. Diantaranya dengan: (1)Menjalin kerjasama dengan aparat sekolah : kesatuan wawasan, (2)Menjalin kerjasama dengan orang tua murid, (3)Memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, (4) Melalui pendekatan pembiasaan, (5) Melalui pendekatan emosional, (6) Melalui pendekatan ketauladanan, (7) Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru PAI dalam mengembangkan budaya religius di SMAN 1 Malang seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan realita budaya religius di SMAN 1 Malang. Realita budaya realita budaya religius di SMAN 1 Malang itu antara lain: (1) Budaya senyum, sapa, salam, (2) Budaya shalat duhur dan shalat duha berjamaah, (3) Budaya pundi amal (shodaqoh), (4) Istighosah, (5)Budaya menutup aurat.Selain itu, peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam mengembangkan budaya religius di SMAN 1 Malang. Faktor pendukung itu antara lain (1) faktor guru, (2) lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) pengaruh derasnya dunia globalisasi, (2) Sarana dan prasarana.
ABSTRACT
This study set out of concern and expectation why in the globalization era, the problem of moral decadence is increasing so that the parents wera increasingly worry concerned ebout the negative effects of globalization, namely negative moral value easily influenced the student through out both print and electronic media and also on line media, even we see directly in daily life around us, gang brawl student brawl, alchohol consumtion, raping, free sex, abusing robbing and so on. We as education human being are deeply concerned with the issues of education above.
This study implemented qualitative approach of case study. In collecting data, I used observation method, and cheking documents. The data were processed with analysis of qualitative interpretative beginning from data reduction, data presentation and making conclution.
Trough out these approaches, I found some strategis teacher in developing islamic religious culture at SMAN 1 Malang. Such us : (1) to cooperate with school steakholders : one vision, (2) to cooperate with parents, (3) to select and appoint out the model of innovative learning strategy to develope islamic religious culture at school, (4) with the habit approach, (5) with the emotional approach, (6) with the model approach, (7) holding extra activities. Beside I found some strategis teacher in developing islamic religious culture at SMAN 1 Malang as mentioned above, I also found the reality religious culture in SMAN 1 Malang. the reality religious culture in SMAN 1 Malang such us: (1) smile culture, greeting culture, peace culture, (2) dhuhur prayer culture and duha prayer culture together, (3) alms culture, (4)istighosah, (5) close genitalia culture. Beside it, I found contributing and inhibiting factors strategy Islamic teacher education to develope islamic religious culture at SMAN 1 Malang. The contributing factors are : (1) the teacher, (2) the parent. While inhibiting factors are : (1) globalization factor, (2) infrastructure.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Sahlan, Asma’un |
Keywords: | Strategi Guru PAI; Mengembangkan Budaya Religius; Religious Teacher Strategy; Developing Religus Culture |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53699 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |