Al Mahalli, Ahmad Mustofa Jalaluddin (2013) Efektifitas Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Berbasis Rekreatif untuk Anak Usia Dini di Little Camel Islamic International School Mojokerto. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770041.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan modul pembelajaran baca tulis Al-Qur’an berbasis rekreatif untuk anak usia dini bagi siswa kindy A 3 Little Camel Islamic International School Mojokerto ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya suatu modul pembelajaran yang berbasis rekreatf. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi tersedianya modul pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dengan siswa termotivasi dalam belajar akan berdampak pada hasil belajarnya.
Modul pembelajaran baca tulis Al-Qur’an berbasis rekreatif untuk anak usia dini ini disusun dengan sistem yang menarik dan menyenangkan seperti modul yang berwarna, ada sarana mewarnai huruf hijaiyah, flas card, puzzle dan juga lagu. Diharapkan dengan adanya beberapa komponen tersebut siswa senang dalam belajar.
Dalam pengembangan ini, pengembang mengadopsi model pengembangan Borg dan Gall (1983), yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Pengembangan Produk (3) Penyusunan Prototype Modul Pembelajaran (4) Uji Coba (5) Revisi Produk, dan (6) Hasil Akhir.
Berdasarkan model tersebut, bahan ajar dikembangkan melalui langkah-langkah pengembangan Arif S. Sadiman (2006), sebagai berikut (1) Merumuskan tujuan (2) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan (3) Penulisan Naskah, dan (4) Uji Coba.
Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah “Modul Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Berbasis Rekreatif Untuk Anak Usia Dini yang terdiri dari (1) Buku Pegangan Siswa dan (2) Buku pegangan Guru. Produk pengembangan ini diuji cobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) Uji Coba ahli yang terdiri dari (a) Ahli Materi (b) Ahli Desai/Media, (2) Uji coba perorangan (3) Uji coba kelompok kecil (4) Uji coba lapangan kepada guru AL-Qur’an dan siswa kindy A 3 Little Camel Islamic International School Mojokerto.
Hasil uji coba ahli materi sebesar 94,5 % dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba oleh ahli desain/media sebesar 96 % dengan kualifikasi sangat baik. Untuk uji coba perorangan diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% dengan persentase sangat baik dan untuk uji lapangan diperoleh persentase sebesar 88,5% dengan kualifikasi baik. Jadi bisa disimpulkan bahwa modul pembelajaran termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an untuk anak usia dini.
Sedangkan hasil belajar siswa yang diukur melalui pre test dan post test terdapat peningkatan hasil dengan nilai rata-rata pre test dan post test yaitu dari 61,1% menjadi 85,5%. Dengan demikian penggunaan modul pembelajaran baca tulis Al-Qur’an berbasis rekreatif untuk anak usia dini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru al-Qur’an hendaknya produk bahan ajar yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan dengan menggunakan Modul Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Berbasis Rekreatif untuk Anak Usia Dini dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an. Bagi pengembang berikutnya, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subyek yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat kemerakina dan keefektifan bahan ajar yang lebih baik.
ABSTRACT
Development of module study read to write al qur'an base on recreational for the child of early age to student of this kindy A3 little camel Islamic international school Mojokerto is relied on fact that not yet made available of an study module being based on recreational. Result of this development is meant to be able to fulfill available of module study of which can improve motivation learn student so that with student motivated in learning will affect at his/her result learn.
Module of study read to write al qur'an base on rekreational for the child of early age this compiled with pleasant and interesting system like module which is chromatic, there is medium color letter of hijaiyah, flashcard, puzzle, as well as song. Expected with existence of some component of student like in learning.
In this development of developer adopt model development by Borg and Gall (1983) that is (1) requirement analysis; (2) product development; (3) compilation of study module prototype; (4) test-drive (5) revising product, and (6) test-drive.
End result of activity of this development is ‘module of study read to write Al qur'An based on recreational for the child of early age which consist of: (1) book hold of student and (2) book hold of teacher. This development product is testing of through some phase alternately that is (1) expert test-drive which consist of (a) items expert; (b) expert of design/ media, (2) individual test-drive, (3) small group test-drive (4) field test-drive to teacher of Al qur'an and student of Kindy A3 A3 little camel Islamic international school Mojokerto.
Result of test-drive items expert equal to 94,5% with qualification is very good. Result of test- drive by expert of design/ media equal to 96% with qualification is very good. For individual test-drive is obtained by percentage of mean equal to 94,6% with qualification very good, test- drive small group obtained by percentage of mean equal to 91,6% with percentage very good and for the test of field obtained by percentage equal to 88,5% with good qualification. So that can be concluded that study module is included in qualification very good and very appropriate used in study read to write Alqur'An for the child of early age.
While learns result of student measured through pretest and posttest there are make-up of result with average value of pretest and posttest that is 61,1% becoming 85,5%. Thereby usage of module of study read to write Alqur'An base on recreational for the child of early age very effective in improving learn result.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Djakfar, Muhammad |
Keywords: | Pengembangan; Modul; Baca Tulis Al-Qur’an; Anak Usia Dini; Rekreatif Development; Module; Read to Write of Al-Qur’an; Child of Early Age; Recreational |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53695 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |