Responsive Banner

Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keefektifan kinerja Guru tersertifikasi: Studi multikasus di MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang Jateng

Nafi’an, Nafi’an (2012) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keefektifan kinerja Guru tersertifikasi: Studi multikasus di MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang Jateng. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10710097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan keefektifan kinerja guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin survive sepanjang masa, karena guru pada institusi madrasah adalah kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di madrasah. Mutu dan kualitas madrasah khususnya anak didik seringkali dikaitkan dengan mutu dan kualitas kinerja guru, yaitu guru yang benar-benar memiliki kompetensi sosial, personal, profesional dan pedagogik.

Menurut penelitian para ahli, bahwa sekolah/madrasah tidak akan menjadi baik dengan sendirinya tanpa pengelolaan yang baik, sedangkan pengelolaan madrasah yang baik mempersyaratkan kepemimpinan kepala madrasah yang mumpuni dan efektif. Oleh karena itu peranan kepala madrasah sebagai manajer dalam mengelola madrasah merupakan faktor kunci keberhasilan madrasah termasuk meningkatkan keefektifan kinerja guru, terutama guru tersertifikasi. Atas dasar itu penelitian ini difokuskan pada Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keefektifan kinerja guru tersertifikasi, fokus penelitian ini kemudian dikembangkan dalam tiga sub fokus sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang untuk meningkatkan keefektifan kinerja guru tersertifikasi dalam pembelajaran? (2) Apa hambatan-hambatan dan upaya mengatasinya terhadap peningkatan kinerja guru tersertifikasi di MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang ? dan (3) Bagaimana implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keefektifan kinerja guru tersertifikasi di MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan pada dua kasus (MIN Kalibalik dan MI Kutosari Kab. Batang) dengan menggunakan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) Wawancara mendalam (in-depth nterview), (2) Pengamatan terlibat (observation participation), dan (3) Dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dipadukan dengan snowball sampling. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisir, ditafsirkan, dan dianalisis dalam kasus ( within analysis) maupun analisis lintas kasus (crooss case analysis). Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, verifikasi data/ crooss chek, dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dicapai melalui pengauditan oleh para pembimbing.

Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Strategi kepemimpinan yang dilakukan Kepala MIN Kalibalik dan MI Kutosari meliputi: a). Kemampuan kepala madrasah dalam melaksanakan kepemimpinan yang terdiri dari: (1). Kemampuan mempengaruhi yang meliputi : penyediaan perpustakaan, mengikutkan program sertifikasi guru, dan pemenuhan beban kerja guru tersertifikasi minimal 24 jam pelajaran per-minggu. (2). Kemampuan membimbing, yang meliputi : melakukan pembinaan rutin, mengikutsertakan kegiatan ilmiah, dan mengikutsertakan kegiatan KKG MI, (3). Kemampuan memotivasi, yang meliputi : studi lanjut dan mengadakan studi banding, dan (4) Kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran kepada para guru tersertifikasi; b). Menjadikan visi, misi dan tujuan MI sebagai target peningkatan keefektifan kinerja guru tersertifikasi yang terdiri: (1) Merumuskan visi yang menggambarkan kualifikasi ideal madrasah, (2) Merumuskan misi yang menggambarkan profil madrasah sebagai tumpuan masyarakat, (3) Merumuskan tujuan MI yang menggambarkan kualifikasi ideal lulusan, dan (4) Menjadikan visi, misi dan tujuan MI sebagai landasan filosofis dan operasional dalam merumuskan program penyelenggaraan pendidikan; 2). Hambatan-hambatan dan upaya mengatasinya terhadap peningkatan keefektifan kinerja guru tersertifikasi yang dilakukan Kepala MIN Kalibalik dan MI Kutosari, yang meliputi: a). Munculnya ide yang kurang tepat, dengan cara mendengarkan ide, saran dari guru serta berkomunikasi dengan guru; b). Pelaksanaan studi lanjut, dengan cara memberikan kelonggaran dan fleksibilitas bagi guru yang hendak menempuh pendidikan yang lebih tinggi; c). Kekosongan jam mengajar, dengan cara pendelegasian tugas pada guru lain apabila ada guru yang berhalangan hadir; dan d). Butuh suasana kerja yang nyaman dan penuh kebersamaan, dengan cara menciptakan suasana kerja yang nyaman dan penuh kebersamaan; 3). Implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keefektifan kinerja guru tersertifikasi yang meliputi: a). Terjadinya peningkatan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi; b). Terjadinya peningkatan administrasi guru tersertifikasi, dan c). Terjadinya peningkatan penilaian kinerja guru tersertifikasi.

ABSTRACT

Enhancing the effectiveness of teacher performance is a must for educational institutions that want to survive all time, because teachers at Islamic institutions are key to the success of the learning process at the school. Quality of Islamic school students in particular are often linked to the quality of teacher performance, the teachers who really have the social competence, personal, professional and pedagogical.

According to research experts, that the school is not going to be good on its own without proper management, while management requires good Islamic school leadership of Islamic school a powerful and effective. Therefore the role of the Islamic school as a manager in managing the Islamic school. Islamic school is a key factor of success include improving the effectiveness of the performance of teachers, especially teachers certified. On the basis of this research focused on the role of head of the Islamic leadership in improving the effectiveness of teachers certified performance, the focus of the research is then developed in three sub focus as follows: (1) What leadership strategies and Islamic School Kalibalik Kutosari District. Batang to improve the effectiveness of teachers certified in teaching performance? (2) What are the constraints and the efforts to handle the increased performance of teachers certified in Islamic school Kalibalik and Islamic School Kutosari District. Batang? and (3) how the implications of Islamic leadership in improving the effectiveness of the performance of teachers certified in Islamic school Kalibalik and Islamic school Kutosari District. Batang?

This study used a qualitative approach, conducted in two cases (Islamic school Kalibalik and Islamic school Kutosari District. Trunk) using multikasus design. Data collection techniques used include: (1) In-depth interviews (in-depth interview), (2) observations involved (participation observation), and (3) documentation. Informants were selected using purposive sampling technique combined with snowball sampling. Data collected through these techniques are organized, interpreted, and analyzed in the case (within analysis) as well as cross -case analysis (cross case analysis). The credibility of the data checked by triangulation procedures, data verification / cross check, and check on the adequacy of reference. While dependability and conformability is achieved through audits by supervisors.

The findings of this study are as follows: 1). Strategic leadership exercised Head Islamic school Kalibalik and Islamic school Kutosari include: a). Ability to implement Islamic head leadership consists of: (1). Ability to influence which include: the provision of libraries, include teacher certification programs, and compliance workload of teachers certified at least 24 hours of tuition per week. (2). Guiding capabilities, which include: conduct training routine, involving scientific activities, and engage KKG MI, (3). Ability to motivate, which include: further study and conduct comparative studies, and (4) ability to carry out the evaluation of learning for teachers certified, b). Making the vision, mission and objectives of MI as a target of increasing the effectiveness of teachers certified performance comprising: (1) Formulate a vision which describes the ideal qualifications Islamic school, (2) Formulate a mission which describes the profile Islamic school, as the support of society, (3) formulate objectives that describe the qualifications MI ideal graduate, and (4) Making the vision, mission and objectives of MI as a philosophical and operational foundation in formulating programs for education, 2). Barriers and increase the effectiveness of efforts to overcome the performance of certified teachers who do head Islamic school Kalibalik and Islamic school Kutosari, which include: a). The idea of a less precise, by way of listening to ideas, suggestions from teachers and communicate with teachers, b). Implementation of advanced study, by giving leeway and flexibility for teachers who want to take higher education, c). Emptiness teaching hours, by delegating the task to another teacher if there are teachers who are unable to attend, and d). Need a comfortable working atmosphere and full of togetherness, by creating a comfortable working atmosphere and full of togetherness, 3). Implications of Islamic leadership in improving the effectiveness of the performance of certified teachers that include: a). An increase in teachers' pedagogical certified, b). The increased administration certified teachers, and c). An increase in the performance appraisal of teachers certified.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Sutiah, Sutiah
Keywords: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah; Keefektifan Kinerja Guru; Role of Principals Leadership; Effectiveness of Teacher Performance
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:24
Last Modified: 20 Jul 2023 10:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53670

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item