Nurahman, Mohamad (2015) Pengaruh kemampuan pragmatik guru terhadap pemahaman konsep subtema barang dan jasa siswa kelas IV di SDN Pangreh 2 Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pragmatik merupakan tutur kebahasaan yang berintegrasi dengan keterampilan menjelaskan seorang guru yang mengarah kepada perwujudan kemampuan pemakai bahasa dalam menggunakan bahasanya sesuai dengan faktor-faktor dalam tindak komunikatif serta memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan bahasa secara tepat atau secara sederhana. Dari kemampuan pragmatik seorang guru inilah seorang siswa dapat memahami suatu konsep subtema barang dan jasa secara utuh. Hal ini dikarenakan pragmatik memberikan siswa pemahaman yang utuh tentang suatu konsep, sehingga siswa mampu bertindak tutur atau berkomunikasi dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat pemahaman konsep subtema barang dan jasa siswa kelas IV di SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo, dan (2) mengetahui pengaruh kemampuan pragmatik guru terhadap pemahaman konsep subtema barang dan jasa siswa kelas IV di SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan bentuk desain eksperimen true exsperimental. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. Sampel penelitian ini sebanyak 42 siswa kelas IV, dengan membagi 2 kelompok. Desain eksperimen penelitian ini adalah eksperimen posttest-only control design.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari (1) tingkat pemahaman konsep subtema barang dan jasa dari hasil pos test siswa pada kelas eksperimen (74,5) lebih besar daripada kelas kontrol (65,2) dan (2) pengaruh kemampuan pragmatik guru terhadap pemahaman konsep subtema barang dan jasa. ini dapat dilihat dari hasil pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikan α = 0,05 pada kelas eksperimen sebesar 0,122, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,074. Serta data ini juga diuji menggunakan uji homogenitas sebesar 0,131, sehingga data setiap kelompok adalah homogen. Tahap terakhir penelitian ini menggunakan uji-t dengan hipotesis taraf signifikansi α = 0,05, maka hasil untuk uji-t ditemukan p value (Sig.) sebesar 0,139, sehingga terdapat pengaruh signifikan.
ENGLISH:
Pragmatics is speech linguistic that integrated with a teacher explaining skills that leads to the manifestation of the language user's ability to use language in accordance with the factors in communicative acts as well as observing the principles of proper and simple use of language. From the pragmatic abilities of a teacher here, students are able to understand a concept goods and services subtheme in their entirety. This is because the pragmatic give students a full understanding of a concept, so that students are able to speech act or communicate well in their daily lives. For the purposes of this study are: (1) to determine the level of understanding of the concept of goods and services subtheme of fourth grade students at SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo, and (2) to determine the effect of pragmatic abilities of teachers to understanding the concept of goods and services subtheme of fourth grade students at SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo.
This research used a quantitative approach and the type of research was using the true experimental design. The location of research was conducted in SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. The research sample as many as 42 students of class IV, by dividing into 2 groups. Experimental design of this study is experimental posttest-only control design.
The results can be seen from (1) the level of understanding of the concept goods and services subtheme from the post test results of the students in the experimental class (74.5) was larger than the control class (65.2) and (2) the influence of pragmatic abilities of teachers to understanding the concept of goods and services subtheme. Furthermore, it can be seen from the results of testing of normality using Liliefors test at significant level α = 0.05 in the experimental class of 0.122, while the control class was 0.074. As well as the data also tested using the homogeneity test of 0.131, so that the data of each group is homogeneous. The last stage of this research using t-test with the hypothesis significance level α = 0.05, then the results for the t-test was found p value (Sig.) of 0,139, so there is a significant effect.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pragmatik; Pemahaman Konsep dan Subtema Barang dan Jasa; Pragmatic; understanding concepts and Goods and Services Subtheme. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:36 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5367 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |