Responsive Banner

Penerapan manajemen konflik dalam membangun komitmen Sumber Daya Manusia: Studi kasus di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Sonny, Ujang (2012) Penerapan manajemen konflik dalam membangun komitmen Sumber Daya Manusia: Studi kasus di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10710095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pengembangan sumber daya manusia adalah pendidikan, sehingga kependidikan yang efektif akan sangat menopang keberhasilan tujuan pembelajaran dan pendidikan yang telah ditetapkan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memilih tugas dan tanggung jawab yang sangat komperhensif. Disamping sebagai administrator, manajer pendidikan dan sebagai supervisor bagi guru-guru pada sekolah yang dipimpinnya, Kepala Sekolah juga menjadi penengah dan penggelola konflik di sekolahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang : 1) Tahap-tahap penerapan manajemen konflik di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kab. Cianjur, 2) Dampak manajemen konflik pada komitmen Tenaga Kependidikan dalam pengembangan diri sendiri di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kab. Cianjur, 3) Dampak manajemen konflik pada komitmen Sumber Daya Manusia dalam pengembangan madrasah di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kab. Cianjur.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data.

Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa penerapan manajemen konflik di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kab. Cianjur adalah (a) Dalam menyusun kurikulum selalu melibatkan seluruh elemen yang berkepentingan. Di samping terus melakukan pelatihan-pelatihan untuk guru dan kalau memungkinkan selalu melibatkan masyarakat dalam proses penyusunan kurikulum, proses pengembangan dan selalu melakukan follow up terhadap gejala-gejala konflik dalam pendidikan. (b) Menyiapkan training/pelatihan untuk guru supaya mampu memediasi persoalan-persoalan di sekolah. Di samping menyiapkan modul untuk para guru. (c) Semua guru yang mengajarkan di sekolah mampu melakukan kerjasama dengan sesama guru dan pihak manajemen sekolah. Di samping memberi pemahaman kepada siswa sebagai peace maker (juru damai). (d) Menerapkan manajemen konflik di sekolah secara komprehensif dalam sistem pendidikan. Dengan terus mengembangkan proses pembelajaran untuk siswa, guru, dan masyarakat. Guru terus dikembangkan menjadi profesional, murid diharapkan punya

Adapun dampak manajemen konflik pada komitmen tenaga kependidikan di MTs Al Manshuriyah dan MA Al-Riyadl Kab. Cianjur dalam meningkatkan mutu adalah : 1) Tenaga Kependidikan lebih profeional dan disiplin dalam bekerja 2) Adanya reward (penghargaan) dan punisment (hukuman; dan 3) Adanya hubungan yang baik dengan seluruh tenaga kependidikan.

Sedangkan dampak dari penerapan manajemen konflik terhadap komitmen sumber daya manusia, yaitu: 1) Setiap personil sekolah melaksanakan tugas sesuai dengan struktur organisasi dan deskripsi tugas serta tangungjawab masing-masing; 2) Memberikan motivasi kepada guru agar melanjutkan study yang lebih tinggi; 3) mengikutkan para guru dan pegawai dalam penataran, workshop, seminar, MGMP, atau pelatihan-pelatihan seperti pelatihan pengajaran guru, pelatihan komputer, pelatihan kearsipan, pelatihan kepemimpinan dan manajemen sekolah.

ABSTRACT

One of the factors that determine the success of human resource development is education, so that effective educational success will greatly support the learning and educational objectives that have been established as the principal educational leaders chose the duties and responsibilities are very comprehensive. Besides functioning as an administrator, manager and as a supervisor of education for teachers at the school he leads, the principal is also a mediator and conflict manager at his school.

This study aims to find and examine more deeply about: 1) The stages in the application of conflict management in MTs Al Manshuriyah and MA Al- Riyadh Cianjur, 2) Impact on conflict management commitment Personnel in the development of self in MTs Al Manshuriyah and MA Al-Riyadh Cianjur, 3) The impact of conflict on the commitment of the management of Human Resources in the development of madrasas in the MTs Al Manshuriyah and MA Al-Riyadh Cianjur.

The research is descriptive analytic non statistic by using the qualitative approach and case study. The collecting data is through an observation, which the researcher functioned as an instrument for making an observation non participant, deep interview and primer data resource and documentation study. The data is analyzed by using interactive analysis through 3 activities that are reduction, display and concluding. The validity of data is obtained through prolongation of participant and triangulation data.

From the results of this study can be explained that the application of conflict management in Al Manshuriyah MTs and MA Al-Riyadh and stayed there Kab. Cianjur is (a) In formulating the curriculum always involves all elements of interest. In addition to continued training for teachers and if possible, always involve communities in the process of curriculum development, process development and always follow up on the symptoms of the conflict in education. (b) Setting up a training / training for teachers to be able to mediate the issues in the school. In addition to preparing the module for teachers. (c) All teachers who teach in the schools are able to cooperate with fellow teachers and school management. In addition to giving an understanding to the students as a peace maker (arbitrator). (d) Applying a conflict management in a comprehensive school in the education system. By continuing to develop the learning process for students, teachers, and communities. Continue to be developed into a professional teacher, students are expected to have

The impact of conflict management on the staff's commitment to the MTs and MA Al Manshuriyah Kab Al-Riyadh and stayed there. Cianjur in improving the quality are: 1) more professional Personnel and discipline in work 2) The reward and punishment, 3) the existence of good relations with all educational staff.

While the impact of the implementation of conflict management to human resource commitments, namely: 1) Each school personnel carry out tasks in accordance with the organizational structure and description of duties and responsibilities of each; 2) Provide motivation to the teachers to continue higher studies; 3) include the teachers and employees in upgrading, workshops, seminars, MGMP, or training as a teacher teaching training, computer training, archival training, leadership training and school management.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Prabowo, Sugeng Listyo
Keywords: Manajemen Konflik; Sumber Daya Manusia; Conflict Management; Developing Human Resources Commitment
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:24
Last Modified: 20 Jul 2023 10:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53664

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item