Pengaruh media mistar bilangan terhadap pemahaman penjumlahan bilangan bulat matematika kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang

Sukrila, Nikmatus (2015) Pengaruh media mistar bilangan terhadap pemahaman penjumlahan bilangan bulat matematika kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Media mistar bilangan merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada pembelajaran matematika khususnya penjumlahan bilangan bulat. Alasan penggunaan media mistar bilangan yaitu sebagai bentuk real dari keabstrakan pada objek matematika penjumlahan bilangan bulat. Selain itu, mistar bilangan ini sangat sederhana, konsepnya sama dengan garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui pemahaman penjumlahan bilangan bulat matematika kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang, (2) untuk mengetahui perbedaan antara pemahaman penjumlahan bilangan bulat peserta didik yang menggunakan media mistar bilangan dengan yang tidak menggunakan di kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang, dan (3) untuk mengetahui pengaruh media mistar bilangan terhadap pemahaman penjumlahan bilangan bulat matematika kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah berjenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil dari penelitian pengaruh media mistar bilangan terhadap pemahaman penjumlahan bilangan bulat, hasil rata-rata nilai pretest kelas kontrol 70.60 dan nilai posttest 70.80. Sedangkan hasil rata-rata nilai pretest untuk kelas treatment 61.00 dan nilai posttest 75.20. Dan dengan tingkat signifikansi α = 0,05 serta derajat kebebasan (df) = 23 yaitu sebesar 2,069. Ternyata nilai t hitung ˃ t tabel atau 18.413 ˃ 2,069, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan atau terdapat perbedaan. Begitu juga dengan perhitungan menggunakan uji F menunjukkan bahwa dengan tingkat probabilitas signifikansi 0,011. Tingkat signifikansi α = 0,05 serta df1 = 1 dan df2 = 8 maka diperoleh F tabel = 5,32. Ternyata nilai F hitung ˃ F tabel atau 10,994 > 5,32, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi, Media Mistar Bilangan berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Penjumlahan Bilangan Bulat.

Kesimpulannya, tingkat pemahaman penjumlahan bilangan bulat kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang masih kurang. Dan terdapat perbedaan antara pemahaman penjumlahan bilangan bulat peserta didik yang menggunakan media mistar bilangan dengan yang tidak menggunakan di kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang, berdasarkan data rata-rata hasil pretest dan posttest kedua kelas. Serta ada pengaruh yang signifikan media mistar bilangan terhadap pemahaman penjumlahan bilangan bulat matematika kelas IV MI IMAMI Kepanjen Malang.

ENGLISH:

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Media Mistar Bilangan; Pemahaman; Penjumlahan Bilangan Bulat; Kelas IV SD/MI; Numeral Ruler; Understanding; Integer Summation; IV Grade SD / MI.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:35
Last Modified: 13 Dec 2016 02:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item