Azizah, Riza Mufidatul (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis web offline pada mata pelajaran IPA materi bumi dan gerakannya kelas VI MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Offline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Bumi dan Gerakannya Kelas VI MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang, (2) mengetahui bahwa media pembelajaran berbasis web offline pada materi bumi dan gerakannya dapat meningkatkan hasil belajar kelas VI MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang, (3) menghasilkan Produk software media pembelajaran berbasis web offline mata pelajaran IPA materi bumi dan gerakannya yang layak diterapkan sebagai media pembelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model pengembangan ADDIE menurut Molenda. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang dan berjumlah 15 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen (before-after).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis web offline mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 96% yang berarti media pembelajaran IPA berbasis web offline sangat valid dan tidak revisi, dari ahli isi mendapat nilai 94% dan berada pada kualifikasi sangat valid sehingga tidak revisi, dari ahli desain media mendapat nilai 82% dan berada pada kualifikasi valid, sehingga media pembelajaran tidak perlu revisi. Dengan perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung ≥ ttabel yaitu 4,4478 ≥ 2,145 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Jadi, media pembelajaran IPA berbasis web offline terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. Dengan melihat rerata diketahui X2 lebih dari X1 (86,67 > 68,73) juga menunjukkan bahwa post tes lebih tinggi dari pada pre test. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VI sesudah menggunakan media pembelajaran IPA berbasis web offline dengan sebelum menggunakan media pembelajaran IPA berbasis web offline kelas VI MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang.
ENGLISH:
The aim of this research are fo : (1) knowing the steps of The Development of Offline Web-based Learning Media to the Science foccuss on material Earth and the Movement for VI-th Grade of MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. (2) Knowing that The Development of Offline Web-based Learning Media to the Science foccuss on material Earth and the Movemen can improve the result of study for VI-th Grade of MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. (3) Producing the software product of the Development of Learning Method based on offline website to the science foccus on material Earth and the Movement can be apply as a learning media in science.
This reseach used kind of reseach and development (R&D), with a development model ADDIE based on molenda. This reseach held at MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang for 15 students using the experiment reseach plan (before-after).
The result of the research are about that the learning media of science based on the offline wesite god a good qualification value, because based on the validation got mark from the teachers amount 96%. It means that the media is valid and no revision. By the counting using the t exam with meaning value 0,05 god the result of tcounting ≥ ttabel is 4,4478 ≥ 2,145 means that Ho is refused and Ha is received.
So, science media based on offline website can be proved significanly able to improve the learsning result for students of VI grade at MI Miftahuk Huda Ngasem Ngajum Malang. By seeing the average known X2 more than X1 (86,67 > 68,73) it shown also that the post thes is higher than the pre test. The conclusionis, there is a significant difference in the result of the learning for the VI grade after using the Offline Web-based Learning Media to the Science foccuss on material Earth an the Movement for VI-th Grade of MI Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Learning Media; Web Offline | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:31 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5363 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |