Penerapan media berbasis macromedia flash 8 untuk mengenalkan huruf dan kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di MI Al Fatah Jatisari Tajinan Kabupaten Malang

Alfan, Nur Salim (2015) Penerapan media berbasis macromedia flash 8 untuk mengenalkan huruf dan kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di MI Al Fatah Jatisari Tajinan Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penerapan media berbasis macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Mengenal Huruf dan Kata terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia belum menggunakan strategi dan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu perlu adanya alternatif media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media berbasis macromedia flash 8 yang interaktif dan menyenangkan.

Penelitian ini membahas tentang: (1) Bagaimana pengembangan media berbasis macromedia flash 8 untuk mengenalkan Huruf dan Kata Pada siswa kelas I di MI Al Fatah Jatisari Tajinan Kabupaten Malang? (2) Bagaimana efektifitas penggunaan media berbasis macromedia flash 8 untuk mengenalkan Huruf dan Kata Pada siswa kelas I di MI Al Fatah Jatisari Tajinan Kabupaten Malang? dan (3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa arab dengan menggunakan media berbasis macromedia flash 8 untuk mengenalkan Huruf dan Kata Pada siswa kelas I di MI Al Fatah Jatisari Tajinan Kabupaten Malang?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat empat tahap penelitian yaitu 1) tahap pra pengembangan, 2) tahap pengembangan,
3) tahap uji coba produk, 3) tahap pasca pengembangan. subjek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas I MI Al Fatah. Uji coba ini digunakan untuk mengumpulkan data dalam rangka mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan.

Hasil dari pengembangan media berbasis macromedia flash 8 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 88%, ahli media mencapai tingkat kevalidan 95%, uji ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 94%, dan siswa mencapai tingkat kevalidan 95,36%. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

ENGLISH:

Application of Macromedia Flash 8 based media to the learning outcomes of students is still relatively low. This is due to the lack of students' understanding of the material Know Letters and Words related to learning Indonesian media have not used the strategy and interesting learning. Hence the need for an alternative medium of learning, one using Macromedia Flash 8 based media interactive and fun.

This study discusses: (1) How is the development of media-based Macromedia Flash 8 to introduce letters and words In first grade students at MI Al Fatah Jattānwāli Tajinan Malang? (2) How effective use of media-based Macromedia Flash 8 to introduce letters and words In first grade students at MI Al Fatah Jattānwāli Tajinan Malang? and (3) How is the implementation of learning the Arabic language by using the media-based Macromedia Flash 8 to introduce letters and words In first grade students at MI Al Fatah Jattānwāli Tajinan Malang?

The method used in this research is the Research and Development (R & D), the research design was adapted from the model development Borg and Gall. Based on these procedures, there are four stages of the research: 1) pre- development stage, 2) stage of development, 3) test phase product. 3) post- development stage. research subjects in the trial of this development is the class I MI Al Fatah. The test is used to collect data in order to determine the level of validity of the developed learning media.

The results of the Macromedia Flash-based media development 8 for Indonesian subjects valid criteria with test results matter experts reach 88% level of validity, media expert achieve 95% level of validity, test learning experts reached a level of validity of 94%, and the students reach the level of validity
95.36%. This shows that the media developed feasible for use in the learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Pengembangan; Media berbasis Macromedia Flash 8; Hasil Belajar; Development; Media-based Macromedia Flash 8, Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:31
Last Modified: 13 Dec 2016 02:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item