Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter melalui multi metode untuk menumbuhkan pribadi demikratis siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Darul Huda Tingal Garum Blitar

Dewi, Hanik Fatma (2015) Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter melalui multi metode untuk menumbuhkan pribadi demikratis siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Darul Huda Tingal Garum Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08140060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pribadi demokratis secara maknawi mempunyai arti seseorang yang mempunyai sikap atau prilaku menghargai persamaan, kebebasan dan peraturan, namun dalam konteks pendidikan anak tingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah dapat dimaknai yaitu anak yang mempunyai karakteristik mandiri, dapat mengontrol diri, mempunyai hubungan baik dengan teman, mampu menghadapi stress,mandiri, percaya diri, bertanggung jawab, mempunyai minat terhadap hal-hal baru, dan koperatif terhadap orang-orang lain. Sedangkan pendidikan karakter sendiri ialah upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu pesserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikira, sikap, perasaan perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter melalui multi metode untuk menumbuhkan pribadi demokratis siswa kelas V di MI Plus Darul Huda Tingal Garum Blitar .2) Mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter melalui multi metode untuk menumbuhkan pribadi demokratis siswa kelas V di MI Plus Darul Huda Tingal Garum Blitar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan deskriptif kalitatif. Adapun penelitian ini terbatas pada pembelajaran berbasis karakter melalui multi metode untuk menumbuhkan pribadi demokratis siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang pendidikan berbasis karakter bagi guru dan pembaca. Penelitian dibagi menjadi empat tahap yaitu: perencanaan, palaksanaa, pengamatan dan refleksi.

Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran, peneliti melakukan pre test dan post test pada siswa kelas V MI Plus Darul Huda Tingal Garum Blitar yang berjumblah 24 siswa. Terlihat dalam prosentase pengetahuan dan pemahaman siswa mulai dari pre tes, siklus I, siklus II, sampai siklus III mengalami peningkatan mulai dari 58,4%, menjadi 70,9% dan menjadi 83,4%, dan bertambah menjadi 95,9%, dan rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 54,8 menjadi 69,1 dan menjadi 74, dan bertamabah menjadi 80,4 dari data diatas telah mencapai 65 % dari standar minimal siswa dikatakan paham dalam satu kelas. Hasilnya membuktikan bahwa nilai post test siswa lebih baik dari pada nilai pre test siswa, baik dalam uji kompetensi maupun penilaian sikap.

ENGLISH:

Democratic individuality has meaning someone. Who has attitude or behavior to appreciate an agreement, freedom and rule, but in a context of the Elementary School or Islamic Elementary School can be explained by a child has character, be able to control themselves, has a good relation with their friend, be able to face stress, independent, confidence, responsible, has any interest in new things, and cooperative to other people. But character education is efforts planned and realized systematic to help students understand the value of human behavior that connect to the one and only god, self, fellow human, environment, and nationality that realizes in opinion, character feeling, words and action basis of religion norm law, etiquette, culture, customs and tradition.

The purpose that wants to be reached in this observation are: 1) Describe learning civics that basis of character by multi method to grow democratic individuality the students of fifth grade in the Plus Islamic Elementary School Darul Huda Tingal Garum Blitar, 2) Describe the effects caused from realized learning civics that basis of character by multi method to grow democratic individuality the students of fifth grade in the Plus Islamic Elementary School Darul Huda Tingal Garum Blitar.

An Approach that used in this observation is qualitative descriptive approach. Well, this observation is limited in learning that basis of character by multi method to grow democratic individuality the students that finally wished be able to give understand of education basis of character for teachers and readers. Observation is divided by four steps, there are planning, realizing, supervising, and reflexing.

To know the increase of learning result, the observer does pre test and post test for students of fifth grade in the Plus Islamic Elementary School Darul Huda Tingal Garum Blitar that number is 24 students. Seen in a presentation of the students’ knowledge and their understanding begin from pre test, cycle 1, cycle 2, to cycle 3 increase from 58,4% to be 70,9% and to be 83,4% and increase to be
95,9% and the value average also increase to be 95,9%, and the value average also increase from 54,8 to be 69,1 and to be 74 and increase to be 80,4. From the top of the data has reached 65% from the student minimum standard said "understand in
one class. The result proves that the value of the students post test is better than the value of their pre test, not only in exam but also in attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Pendidikan Berbasis Karakter; Pribadi Demokratis; The Education basis of character; multi method and Democratic Individuality
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:31
Last Modified: 13 Dec 2016 02:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item