Pendidikan akhlak anak usia sekolah dasar menurut KH. Bisri Mustofa dalam Syi’ir Ngudi Susila Pitedhah Kathi Terwela

Fathoni, Syaiful (2015) Pendidikan akhlak anak usia sekolah dasar menurut KH. Bisri Mustofa dalam Syi’ir Ngudi Susila Pitedhah Kathi Terwela. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08140043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA:

Anak adalah generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Era globalisasi sedikit demi sedikit telah mempengaruhi moral dan etika dalam pergaulan kehidupan bermasyarakat. Sebagai indikator lunturnya akhlak suatu bangsa dapat dilihat dari fenomena-fenomena yang terjadi di masyarkat, seperti masih maraknya kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di negara ini. Kemajuan pendidikan dewasa ini bisa dibilang amat pesat. Tetapi penilaian dari ranah afektif agak dikesampingkan. Karena kebanyakan penialan pendidkan lebih ditekanakan dari segi kognitif. Seperti pada tolak ukur Ujian Ahir Nasional. Seharusnya semua ranah pendidikan bisa diseibangkan, baik dari ranah afektif, ranah kognitif maupun ranah psikomotor. Salah satu jalan yang dapat ditempuh yaitu melalui penanaman akhlak yang terdapat dalam syi’ir ngudi susila pitedhah kathi terwela karya KH. Bisri Mustofa.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui nilai-nilai akhlak mahmudah yang terkandung dalam Syi’ir Ngudi Susula Saka Piyrdhah Kanthi Terwela karya Kyai Bisri Mustofa, 2) Mengetahui isi yang terkandung dalam Syi’ir Ngudi Susula Saka Piyrdhah Kanthi Terwela karya Kyai Bisri Mustofa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Sumber data primer berasal dari personal document yaitu kitab Ngudi Susila Saka Pitedah Kanthi Terwela dan sumber sekunder berasal dari buku-buku, artikel dan hasi penelitian yang lain yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Untuk teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif . Adapun tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan antara lain tahap pra-penelitian, tahap analisis data meliputi pengorganisasian data, pemberian makna dan tahap laporan penelitian.

Berdasarkan penjelasan pada bab analisis skripsi yang berjudul Pendidikan Akhlak Anak Usia Sekolah Dasa Menurut KH. Bisri Mustofa dalam Syi’ir Ngudisusila Piyedhah Kanthi Terwela terkandung nilai-nilai akhlak mahmudah yang berupa dlibtun nafsi, qana’ah, ash-shidqu, amanah dan tasamuh. Kitab ini merupakan pembelajaran yang bersifat afektif. Kitab berupa syi’ir yang ditujukan kepada anak kecil usia sekolah dasar pada khususnya dan kepada semua kalangan pada umumnya. Penjelasan ini bisa dilihat dari syi’ir yang berbunyi iki syiir kanggo bocah lanang wadon , nebihake tingkah laku ingkang awon, serta nerangne budi kang prayogo, yang artinya “ ini syiir untuk anak lakilaki dan perempuan, menjauhkan diri dari tingkah laku yang buruk, serta menjelaskan budi pekerti yang luhur”. Pentingnya pendidikan ini ditanamkan kepada seorang anak karena pada usia tersebut adalah usia keemasan pada pertumbuh dan kembangan manusia. Jadi sangat perlu untuk membangun pondasi akhlak mahmudah yang kuat pada seoarang pribadi. Untuk memjadikan manusia sebagai sosok dengan pribadi yang baik.

ENGLISH:

Childrenare the next generationthat will replacethe previous generation. Globalization era little by little will influenced to moral and ethic in associationsocial life. As the moral disappear indicator in state, we can look some fenomena that happen in society, such as corruption and KKN in this state. The progress of education is enough quick. But estimation of afektif's domain rather is ruled out. Since most education's estimation more emphasized of kognitif face. Like on refuses National Final Examination fathom. Exactly, all domain education can be balanced, domain afektif, domain kognitif and also psikomotor's domain. We can try one of way with learning moral education in ngudi susila pitedhah kathi terwela poem by Kh. Bisri Mustofa.

The purpose of this research is: 1) to know well behavior point in ngudi susila pitedhah kathi terwela poem by Kh. Bisri Mustofa. 2) to know the contain of ngudi susila pitedhah kathi terwela poem by Kh. Bisri Mustofa.

This research included in library research with the qualitative character. Primer source in this research come from personal document Ngudi Susila Saka Pitedah Kanthi Terwela book and the secondary sourch is some books, article and the result of other research related with character education. This research use content analysisfor data analyse.The phase of this research is pre research, analisis's phase data covers data organizing, meaning application and observational reporting phase.

According to explaining of analyse thesis by the title of The Moral Education Of Elementary School Age Child according to KH. Bisri Mustofa in Ngudi Susila Pitedhah Kathi Terwela poem, there are some points, such as dlibtun nafsi, qana’ah, ash-shidqu, amanah dan tasamuh. This book constitute learning that gets character afektif . Book with the main purpose for elementary school age child and general way is for all circle. We can see this explanation in some poem, like iki syiir kanggo bocah lanang wadon, nebihake tingkah laku ingkang awon, serta nerangne budi kang prayogo, and the meaning is “this poem for boys and girls, backing from bad behaviour, and words glorious ethic kindness”. The importance for this education is imbedded to a child because on that age is golden age on growth and man developing. So really needs to build foundation well behavior one that strength on a person. To make man as figure with personal good one.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fitriah, Nurlaeli
Keywords: Pendidikan; Akhlak; Pendidikan Islam; Education; Behaviour; Islamic Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:31
Last Modified: 13 Dec 2016 02:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item