Abidin, M. Nur Zainal (2012) Pendidikan Karakter Perspektif Imam Al-Ghazali dan pengaruhnya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia: Studi kasus Ihya’ Ulumuddin Oleh Al Ghozali. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sejarah pendidikan moral atau karakter dapat ditelusuri dari keterkaitannya dengan kewarganegaraan yang merupakan wujud loyalitas akhir dari setiap manusia modern. Di Indonesia, yang dikenal adalah pendidikan atau pengajaran budi pekerti yang menanamkan dalam peserta didik asas-asas moral, etika dan norma yang melandasi sikap dan tingkah laku dalam pergaulan sehari-hari.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter perspektif Imam al-Ghazali dan pengaruhnya terhadap pendidikan karakter di Indonesia (Ihya’ Ulumuddin oleh al Ghazali), untuk mengetahui Apa nilai-nilai karakter yang diajarkan Imam al Ghazali Dalam Ihya’ Ulumiddin, Bagaimana model pendidikan karakter perspektif Imam Al Ghazalli, bagaimana implikasi pendidikan karakter di Indonesia.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian library research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis kritis. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di sini bahwasanya pendidikan karakter perspektif Imam al-Ghazali dan pengaruhnya terhadap pendidikan karakter di Indonesia (Ihya’ Ulumuddin oleh al Ghozali), adalah A. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Imam al Ghazali, (1) Pendidikan keimanan. (2) Nilai pendidikan karakter/akhlak, (3) Nilai pendidikan Aqliyah, (4) Nilai pendidik sosial, (5) Nilai pendidikan jasmani, B. Model Pendidikan Karakter menurut al Ghazali, (1) Penanaman karakter pada anak menurut al-Ghazali, (2) Metode pendidikan karakter dengan keteladanan (3) Motode pendidikan sosial (4) Motode pendidikan jasmani (5) Metode pendidikan karakter/akhlak. C. Implikasi pendidikan karakter perspektif Imam al-Ghazali terhadap pendidikan karakter di Indonesia, (1) Bagi pendidik, (2) Bagi peserta didik, (3) Materi, (4) Metode.
ABSTRACT
The history of moral education or character can be seen from related citizenship which is a form of loyalty of every modern human. In Indonesia, which commonly known is education or teaching manners which embed in students the principles of moral, ethics and norms which base on attitudes and behavior in daily life.
The purpose of the research is to understand the character education perspective Imam al-Ghazali and its influence on character education in Indonesia (Ihya’ Ulumuddin by al Ghazali), to understand the values of character which taught by Imam Ghazali in Ihya’ Ulumiddin, how the model of character education perspective Imam al-Ghazali, how the implication of character education in Indonesia.
The research was done by the writer is library research using a qualitative descriptive approach critical analysis. In order the research goes well then the data collection is use the documentation method. Whereas to analyze is use the content analysis.
From the result of research was done by the writer that the character education perspective Imam al-Ghazali and its influence on character education in Indonesia (Ihya’ Ulumuddin by al Ghazali), is A. The values of character education perspective Imam al-Ghazali, (1) faithful education, (2) values of character education, (3) values of Aqliyah education, (4) values of social education, (5) values of body education, B. Character education models according to Imam Ghazali, (1) the implant of chracter to the child according Imam al-Ghazali, (2) Character education models by example, (3) social education method, (4) body education method, (5) character education method. C. The implication of character education perspective Imam al-Ghazali toward the character education in Indonesia, (1) For the educators, (2) For the students, (3) Matter, (4) Method.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Tamrin, Dahlan and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Pendidikan Karakter Perspektif Imam Al-Ghazali; Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia Character Education Perspectives Imam al-Ghazali; and Influence Toward The Character Education in Indonesia |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53552 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |