Jannah, Nur Lailatul (2016) Penerapan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Seiring dengan berjalannya arus globalisasi yang mulai menggerogoti dunia pendidikan. Fenomena kenakalan remaja terutama pelajar saat ini menunjukkan bahwa para pelajar mengalami krisis karakter. Pemerintah mulai mencanangkan pendidikan karakter yang terintegrasikan dalam setiap mata pelajaran melalui Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter. Pendidikan karakter merupakan sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang atau peserta didik sehingga menjadi satu dalam bentuk perilaku kehidupan orang tersebut. Adanya pengaruh perkembangan zaman yang begitu pesat, melalui Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat memberikan penguatan karakter kepada peserta didik untuk menjadi orang yang mandiri dan memiliki akhlak yang mulia.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini fokus pada rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen?, 2) Bagaimana konsep pengembangan penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen?, 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen?. Dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen, 2) Untuk mengetahui konsep pengembangan penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen, 3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Islam Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 di SMA Islam Kepanjen sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari perangkat pembelajaran yang sudah didesain mengacu pada pendidikan karakter. Banyak upaya yang dilakukan sekolah dalam mengembangakan pendidikan karakter seperti mendesain lingkungan madrasah agar menjadi lingkungan madrasah yang islami, seperti membaca al-Qur’an, membaca asma’ul husna, sholawatan, khotmil Qur’an, istighotsah, sholat dzuhur dan sholat dhuha berjama’ah. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kepanjen adalah peserta didik itu sendiri, lingkungan/ suasana sekolah yang bernuansa islami, uswah hasanah seorang guru, dan partisipasi orang tua untuk menjadikan putra-putrinya menuju pribadi yang berakhlak mulia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang tidak menginginkan dirinya menjadi orang baik, kurangnya perhatian yang diberikan orang tua kepada anak, lingkungan pergaulan anak yang jauh dari nilai-nilai Islam, dan tidak kompaknya guru-guru.
ENGLISH:
In the course of globalization which started to undermine the world of education. The phenomenon of juvenile delinquency especially current students showed that students experienced a crisis of character. The government began doing character education to be integrated in every subject through 2013 competency-based curriculum and character. Character education is a process of transformation of the values of life to be cultivated in a person's personality or learners to become one in the form of the behavior of the person's life. Their influence is so rapid development period, through the Islamic Religious Education is expected to provide reinforcement characters for learners to be an independent person and have a noble character.
Based on the above background, this research focuses on the formulation of the problem as follows: 1) How is the implementation of character education in Curriculum 2013 through the eyes of Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen ?, 2) How does the concept of the development of character education in the curriculum implementation in 2013 through the eyes Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen ?, 3) what are the factors that support and hinder the implementation of character education in Curriculum 2013 through the eyes of Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen ?. With goals: 1) To determine the implementation of character education in Curriculum 2013 through the eyes of Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen, 2) To know the concept of the development of the implementation of character education in Curriculum 2013 through the eyes of Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen, 3) To identify factors that support and hinder the implementation of character education in SMA Islam Kepanjen.
This study used a descriptive approach qualitative descriptive analysis technique kuaitatif anyway. In the process of collecting data using the method of observation, interviews and documentation. From the research, the authors found that the implementation of character education in the curriculum, 2013 in SMA Islam Kepanjen good enough. It is evident from the study that has been designed referring to character education. Efforts are being made to develop the character education schools such as the design environment to become environmental Islamic madrasa, such as reading the al-Qur’an, read asma’ul husna, sholawatan, khotmil Qur'an, istighotsah, prayer dzuhur and prayer dhuha berjama ' Ah. Factors supporting the implementation of character education in Curriculum 2013 through the eyes of Islamic Religious Education in SMA Islam Kepanjen is the learners themselves, the environment / atmosphere of the school nuanced Islamic, uswah hasanah a teacher, and participation of parents to make their child toward personal morals noble. While inhibiting factor is the learners who did not want her to be good, the lack of attention given to the child's parents, the social environment of children away from the values of Islam, and do not compact the teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam; Character Education; Curriculum 2013; the Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 14:52 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 14:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5350 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |