Kuswulandari, Linda (2016) Klausula eksonerasi PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang tinjauan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan maqashid syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12220153.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Jasa travel sekarang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa travel membuat masyarakat berpindah kepercayaan dari transpotasi umum. Kebutuhan masyarakat akan jasa travel ini seringkali mengabaikan perjanjian perjalanan yang tidak menerapkan prinsip keadilan antara kedua belah pihak. PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang adalah salah satu perusahaan yang menawarkan jasa travel hampir ke seluruh kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dengan bisnis penjualan jasanya, maka perlu menjadikan Undang-Undang Perlindungan Konsumen sebagai pedoman pelaksanaan sistem perusahaan.
Fokus dalam penelitian ini yaitu klausula eksonerasi yang digunakan PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang dalam perjanjian perjalanannya yang kemudian dianalisis menggunakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh melalui proses wawancara. Adapun data sekunder berasal dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan literatur yang berhubungan dengan fokus penelitian.
Dari penelitian tersebut terdapat beberapa akibat dari penggunaan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang dengan konsumennya. Sehingga penulis mengambil kesimpulan berdasarkan undang-undang dan landasan teori tentang perlindungan konsumen. Bahwasanya PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang tetap menggunakan klausula eksonerasi pada perjanjian bakunya, yang sudah jelas dilarang oleh undang-undang. Namun, demi menjaga eksistensi perusahaan dimata masyarakat, perusahaan masih memiliki iktikad baik untuk menyelesaikan permasalahan akibat dari penggunaan klausula eksonerasi.
ENGLISH:
Travel services are now very much in demand by the public. Comfort and security offered by the travel services provider makes public confidence has moved from public transportation. Community needs on the services of travel today often ignored the travel agreements that do not apply the principle of justice between the two sides. PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang is one of the companies that offer travel services to almost all cities in East Java and Central Java. With sales of business services it is necessary to make the law on Consumer Protection as guidelines for the implementation of enterprise systems.
The focus of this research is clause exoneration used by PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang in his agreement journey and then analyzed using The Law Number 8 Of 1999 On Consumer Protection and Maqashid Syariah.
The type of research from this study is the empirical legal research. The data collected are primary data obtained through interview. Secondary data comes from The Law Number 8 Of 1999 On Consumer Protection and literature related to the research focus.
From these studies, there are some consequences of the use of the exoneration clause in standard agreement of PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang with consumers. So the authors concluded, based on The Law Number 8 Of 1999 On Consumer Protection and the theoretical basis on consumer protection. That PT. Ekspres Jaya Sentosa Malang keep using exoneration clause on his standart agreement, which is already clearly prohibited by law. However, in order to maintain the company's existence in society the Companies still have good faith to solve the problems caused by use of the exoneration clause.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Mohamad Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Klausula Eksonerasi; Perlindungan Konsumen; Exoneration Clause; Consumer Protection | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 15:01 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 15:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |