Kurniawati, Ratna Septia (2016) Kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam bersertifikat pendidik di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Seorang guru harus benar-benar memiliki kompetensi yang memadai. Tidak hanya menguasai materi pelajaran melainkan juga menguasai dan memahami tentang perencanaan pembelajaran, memilih metode pembelajaran yang tepat dan mengevaluasinya. Kompetensi tersebut harus selalu diolah dan dikembangkan sehingga semakin tinggi, diharapkan guru dapat melakukan tugas panggilannya dengan lebih baik dan bertanggung jawab. Sampai saat ini sudah banyak biaya yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, melalui peningkatan mutu guru dengan di tambahkanya tunjangan sertifikasi guru. Namun usaha Pemerintah itu akan bisa menjadi sia-sia manakala kompetensi guru yang telah disertifikasi tidak menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum disertifikasi. Hal ini dapat terjadi bila setelah disertifikasi, kompetensi guru menurun karena merasa tidak dinilai, dan tidak ada sanksi. Oleh karena itulah perlu dilakukan evaluasi/penilaian terhadap kompetensi guru yang telah disertifikasi tersebut secara berkelanjutan. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di MAN 5 Jombang dengan judul kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam bersertifikat pendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan demgam reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: kompetensi pedagogik guru PAI dalam pengelolaan pembelajaran terhadap peserta didik, yang meliputi : Pemahaman karakteristik peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya menunjukkan kualifikasi yang baik. Semua guru Pendidikan Agama Islam sudah memenuhi komponen-komponen dari kompetensi pedagogik.
ENGLISH:
A teacher should really have sufficient competent. Not only master the subject matter but also mastering and understanding about the lesson plan, choosing appropriate learning methods and evaluating them. Competence must always be processed and developed so that the higher, teachers are expected to perform tasks with better vocation and responsibility. Until now many have been issued by the government to improve the quality of education through improved teacher quality with the added benefit of teacher certification. But government efforts that could be wasted when the competency of teachers who have been certified do not get better when compared with the prior certified. This can happen when, after certification og the competence of teachers declined because it was not rated and no sanctions. Therefore, it was necessary to do an evalution / assessment of the competency of teachers who are certified in a sustainable manner. On the basis of that researchers conducted a study in Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang pedagogical competence of Islamic religious education teachers certified educators.
This study aimed to describe the pedagogical competence of Islamic religious education teachers certified in Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang. The method used in this study used descriptive qualitative apporoach. Data collection techniques used method of observation, interviews, and documentation. Technical analysis is used with data reduction, data presentation and conclusion. Checking the validity of the data used to test triangulation.
The results showed PAI teacher pedagogical competence in the management of learning for learners who include understanding the characteristics of learners, learning design and implementation and evalution of learning outcomes development of potential learners to actualize their potential showed good qualifying. All Islamic religious education teachers already meet the components of the pedagogic component.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriah, Nurlaeli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Pedagogical Competence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 14:59 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5336 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |