Makin, Ahmad (2012) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan Budaya Religius: Studi kasus di MIN Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepemimpinan oleh banyak ahli diartikan kemampuan dalam “memengaruhi” orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan pemimpin dapat diibaratkan bagaikan nahkoda yang akan membawa kapal menuju suatu tujuan, karena begitu urgennya maka kehadir pemimpin betul-betul begitu berarti. Salah satu peran dan fungsi pemimpin adalah melakukan inovasi untuk kemajuan madrasah diantaranya melakukan pengembangan budaya religius sebagai salah satu upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas madrasah yang merupakan bagian dari perannya dalam menjalankan EMASLIM. Budaya religius penting dikembangkan, budaya religius yang dikembangkan MIN Rimbo Mulyo bertujuan untuk menarik simpati masyarakat sekaligus sebagai program unggulan sehingga masyarakat menjadikan MIN Rimbo Mulyo sebagai tujuan anak-anak mereka dalam menuntut ilmu, dan dengan dikembangankannya budaya religius lahir nilai-nilai religius yang tidak saja bermanfaat bagi anak didik akan tetapi bermanfaat pula bagi warga madrasah.
Fokus penelitian ini adalah 1).Apa saja nilai-nilai religius yang dikembangkan di MIN Rimbo Mulyo. 2).Bagaimana wujud nilai-nilai religius dalam perilaku sehari-hari di MIN Rimbo Mulyo. 3).Bagaimana peranan kepala madrasah dalam mengembangkan nilai-nilai religius di MIN Rimbo Mulyo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi selanjutnya adalah verifikasi (kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1.Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MIN Rimbo Mulyo diantaranya; a).Tumbuhnya sikap hormat dan loyal terhadap guru/pimpinan. b).Tumbuhnya cinta terhadap nilai-nilai sopan santun dan keindahan. c).Tumbuhnya sikap empati dan peduli sosial.d). Tumbuhnya sikap dan perilaku sabar, kemampuan dalam melakukan kerja sama dan peduli lingkungan. e).Tumbuhnya perilaku mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. f).Tumbuhnya sikap dan perilaku jujur dan amanah. g).Tumbuhnya sikap gemar menghafal dan semangat belajar. h).Tumbuhnya sikap disiplin, toleran dan taat beribadah. 2.Wujud nilai-nilai religius dalam perilaku sehari-hari di MIN Rimbo Mulyo diantaranya; a).Sikap dan perilaku hormat dan loyal kepada guru/pimpinan. b). Sikap dan perilaku sopan santun dalam berbusana dan estetika. c).Sikap dan perilaku empati dan peduli sosial. d).Sikap dan perilaku sabar, mampu melakukan kerjasama dan peduli lingkungan. e).Sikap dan perilaku mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. f).Sikap dan perilaku jujur dan amanah. g).Sikap dan perilaku gemar menghafal dan semangat belajar. h).Sikap dan perilaku disiplin dan taat beribadah. 3.Peran kepala madrasah dalam mengembangkan nilai-nilai religius diantaranya; a).Membuat regulasi menerbitkan surat keputusan (SK) sebagai kekuatan hukum dalam upaya pengembangan nilai-nilai religius tersebut. b).Membuat perencanaan, pengaturan, pengarahan dan pengendalian/pengawasan secara terstruktur dan matang, sehinga budaya religius dapat dikembangkan.
ABSTRACT
Leadership by the expert is defined as the ability for affecting other people to reach the destination which is set before and the leader can be described as the captain who will bring the ship to the destination, because this is urgent so the presence of the leader is very importance. One of roles and function of leader is doing innovation for the school progress, for instance; doing religious culture development as one of the headmaster effort for developing school quality which is part of their job in running EMASLIM. Religious culture is importance for developed, the religious culture which is developed by MIN RimboMulyo, having an destination to take the society simpatico and also becomes the greatest program so the society choose MIN RimboMulyoas their children area to study, and by developing the religious culture there will be the religious values which is not only useful for the children but also for the society.
The focuses of this research are; 1) what are the religious values which is developed in the MIN RimboMulyo. 2) How the form of religious values in the daily lives in the MIN RimboMulyo. 3) How the role of headmaster in developing religious values in the MIN RimboMulyo.
This research is using qualitative method by using study case, the technique for collecting the data are using interview, observation and documentation. The data which is collected will be analized by using domain analysis and taxonomy will be the next verification or conclusion.
The result of research shows that; 1. The religious values which is developed in the MIN RimboMulyo are; a) Respect and loyal to the teacher. b) Polite and esthetical values. c) Emphatic and care each other. d) Patient, doing the job together and care to the environment. e) independent attitude, dicipline, and responsibility. f) honesty and can be trusted. g) memorizing talent and spirit for studying. h) dicipline, tolerant, and pious. 2) The form of religious values in the daily lives of MIN RimboMulyo are; a) respect and loyal to the teacher or headmaster. b) attitude and polite in using the uniform and esthetic. c) attitude and emphatic and social care. d) attitude and patient, doing the job together and care to the environment. e) independent attitude, dicipline, and responsibility. f) honesty and can be trusted. g) memorizing talent and spirit for studying. h) dicipline, tolerant, and pious. 3. The role of headmaster in developing religious values are; making the regulation, making decision letter as the power of law in developing religious values. b) making the planning, setting, instruction, and supervision which is composed and clearly, so the religious culture can be developed.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Sutiah, Sutiah |
Keywords: | Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah; pengembangan budaya religius; The Role of Headmaster Leadership; Development of Religious Culture |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53351 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |