Responsive Banner

Sinergitas kepemimpinan kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan orang tua dalam mengembangkan karakter siswa: Studi kasus SD Negeri 1 Pepela Kecamatan Rote Timur Kabupaten Rote Ndao Propinsi NTT

Lamludin, Jubair (2012) Sinergitas kepemimpinan kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan orang tua dalam mengembangkan karakter siswa: Studi kasus SD Negeri 1 Pepela Kecamatan Rote Timur Kabupaten Rote Ndao Propinsi NTT. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10710077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Karakter siswa merupakan ciri khas keberhasilan pelaksanaan pendidikan, maka kepala sekolah, guru PAI dan orang tua memiliki tanggungjawab dan tugas yang sangat besar, dimana setiap hari guru PAI yang mengajar, membimbing, mengarahkan, dan memberi petunjuk serta memberikan keteladanan secara langsung kepada peserta didik. Agar kepala sekolah, guru PAI mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang memungkinkan menanamkan karakter pada peserta didiknya, maka diperlukan sosok guru PAI yang berkarakter pula, guru PAI yang berkarakter, bukan hanya mampu mengajar saja tetapi ia juga mampu mendidik. Guru PAI bukan hanya mampu mentransferkan pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi ia juga mampu menanamkan nilai-nilai yang diperlukan untuk mengarungi hidupnya. Guru PAI bukan hanya memiliki kemampuan yang bersifat intektual saja, tetapi ia juga memiliki kemampuan secara emosi dan spiritual sehingga mampu membuka mata hati peserta didik untuk belajar, yang pada akhirnya ia mampu hidup dengan baik di tangah-tengah masyarakat. Dengan demikian, diperlukan adanya sinergitas dari kepala sekolah, guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan karakter siswa, karena mereka bertiga mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pengembangan karakter siswa.

Dari berbagai paparan tersebut di atas, maka fokus penelitian dijabarkan dengan subfokus sebagai berikut: (1) Apa karakter siswa yang diharapkan pada SD Negeri 1 Pepela? (2) Bagaimana fungsi kepemimpinan kepala sekolah, guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan karakter siswa SD Negeri 1 Pepela? Dan (3) Bagaimana bentuk sinergitas kepemimpinan kepala sekolah, guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan karakter siswa SD Negeri 1 Pepela?

Penelitian ini dilaksanakan di Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Propinsi NTT, tepatnya di SD Negeri 1 Pepela. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data, pengecekan keabsahan data, dan yang terakhir adalah tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan.

Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, harapan SD Negeri 1 Pepela dalam pengembangan karakter siswa ialah mempunyai sikap religius yang dilakukan dengan bentuk kerjasama antara pendidikan Diniyah dengan sekolah dalam peran pembelajaran al-Qur’an, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, patuh kepada orang tua, taat menjalankan ajaran agama, sesuai dengan agama yang dianut cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, sosial dan tanggungjawab. Kedua, fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivato; fungsi seorang guru PAI adalah meningkatkan kemampuan dalam bidang keagamaan; dan fungsi orang tua dalam pengembangan karakter siswa adalah berfungsi untuk mendampingi, membimbing, mendidik, dan memberikan keteladanan kepada seorang anak, serta memberikan sikap yang tercantum pada “lima S” ialah “senyum, salam, sapa, sopan, dan santun”. Ketiga, 1) bersama-sama dalam mendidik, membimbing, mendampingi, anak didik dalam pengembangan karakter dengan bentuk mensosialisasikan pendidikan karakter kepada orang tua siswa, sehingga sama-sama bertanggungjawab serta melibatkan orang tua siswa dalam kegiatan apapun, termasuk dalam pengembangan karakter siswa. 2) Kepala sekolah, guru PAI dan orang tua bersama-sama dalam peningkatan keagamaan di sekolah dalam pengembangan karakter siswa dengan bentuk bekerjasama dengan komite sekolah dalam pengembangan karakter siswa dan mengadakan rapat komite yang melibatkan orang tua siswa, khususnya dalam pengembangan karakter siswa. 3) Mengadakan koordinasi (pemantauan) terhadap tahap perkembangan siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Dan 4) Orang tua siswa harus terbuka tentang karakter anaknya di rumah kepada pihak sekolah, agar sekolah dapat mengetahuinya sehingga pendidikan karakter dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan.

Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karakter siswa di SD Negeri 1 Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Propinsi NTT yaitu lebih mempertegas lagi tentang harapan karakter siswa yang diinginkan, kepala sekolah, guru PAI dan orang tua mampu merealisasikan fungsinya terhadap peserta didik, melaksanakan kerjasama secara maksimal, dan menjadikan siswa-siswi mempunyai karakter yang utuh dalam menjalankan kehidupan.

ABSTRACT

Character of students it is a special characteristics of success in case of education implementation, then the headmaster, PAI, and parents have great responsibility and duty, in case where teacher of PAI have to teach, guidance, give instructions and give precedent in direct daily school activity. The headmast er and teacher of PAI should performing of education and learning that enable to implant character for Students, therefore the school should have a great characteristic teacher of PAI, the teacher of PAI be not just have a skill to teach but also they shou ld have to educate the students. The teacher of PAI have ability to transfer of knowledge to the students, and they also able to implant of values in their life. The teachers of PAI have good ability in intellectual emotion and spiritual, so that they can open the mind of their students to learn, in the event of student interaction among society. The synergy among the headmaster, Teacher of PAI, and parents is needed to improve, develop student character.

Based on the above explanation, the focus of This research compose by sub focus such as: (1) what is expected of character for elementary school of pemela 1?, (2) how the function of the headmaster leadership, teacher of PAI, and the parent in case of developing character of student Pemela elementary school 1? (3) what the form or type of synergy among the headmaster, PAI teacher and the parents in case of developing character of student of pemela elementary school?

This research is done in SD Negeri 1 Pepela, Pepela, kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Propinsi NTT. The method of This research is qualitative analysis, data collection with observation, interview, and documentation, data analysis, data validity checking, and the phases of the research.

The result of the research are: first, the character expectation of the student SD Negeri 1 Pemela are the student should have good attitude such as religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democracy, curiosity, nationalism, appreciate the achievement, communicative, bow to parents, pacifist, good learner, care about environment, sociality, responsibility. Second: the function of the headmaster leadership, PAI teacher and the parent in case of develop student character are give a attitude that define in “Lima S” that are “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” (smile, give greeting, respectful, well behaved). Then the function as a activator, educator, guidance, counselor, inspirator, paragon, as a friend and as a parent. Third: the synergy among headmaster, PAI teacher and parent are: (1) socialization about character education to the parents of the students (2) engage the parents to the activity (3) make a cooperation with the school committee (4) convene a meeting that engage the Parent of the students (5) observe the student development (6) the parent should be honest and open minded to the school about the characteristic of their children in order to get the education purpose. The impact of the character development are (1) the students more responsible to do their assignment/duty (2) the students become more discipline, independent, love to read, care about environment, and creative. (3) they become more religious, love their god and the universe (4) they can implement about honesty in their daily life (6) they become respect and well behave to their parents and their teachers (7) they have a affection and collaborator with each other (8) they have self confidence, hard work, and never surrender (9) they become good and modest.

Based on the result of this research, the researcher has some suggestion as a matter for considering in case of student character development of SD Negeri 1 Pemela, kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Propinsi NTT, the suggestions are: make a clarify about the student character expectation, the headmaster, PAI teacher and the parents capable to bring into reality their function for their student, create a cooperation as maximum as possible, and make the students have a completely character for their own life.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sutiah, Sutiah and Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Sinergitas; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Guru PAI; Orang Tua dan Karakter; Synergy; Headmaster leadership; Educational teacher of Islamism (PAI); Parents and Character
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:29
Last Modified: 20 Jul 2023 10:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53341

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item