Maesarah, Maesarah (2012) Manajemen pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi Lombok Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidik adalah profesi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar sebagian besar hasil belajar peserta didik ditentukan oleh pendidik, oleh karena itu pendidik harus mempunyai kemampuan professional dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Berkaitan dengan itu, maka pendidik mutlak menjadi sumber dasar bagi ilmu pengetahuan, dalam kapasitasnya inilah yang menuntut pendidik untuk melakukan seluruh upaya sistematis dan terencana dalam melaksanakan tugasnya termasuk memenej pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian , pelaksanaan dan pengawasan, yang akan melahirkan implikasi-implikasi positif bagi peserta didiknya.
Adapun fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana manajemen pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi Lombok Barat. (2). Bagaimana implikasi manajemen pendidik terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi Lombok Barat NTB. Adapun tujuan yang diharapkan tercapai dalam penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan penerapan manajemen pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi Lombok barat, (2) Untuk mendeskripsikan implikasi dari menejemen pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi Lombok Barat.
Lokus penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Labuapi Lombok Barat dengan fokus penelitian tentang manajemen pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan implikasi manajemen pendiidk dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA negeri 1 Labuapi Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif-analitik, yang memperhatikan proses daripada produk. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, 3 orang pendidik dan 3 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi.
Hasil pemelitian ini menujukkan bahwa pendidik di SMA negeri 1 Labuapi telah melaksanakan peran dan tugasnya, baik secara administratif maupun pedagogis, hal ini terlihat dari sebagian besar pendidik membuat perencanaan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang akhirnya melahirkan implikasi yang positif terutama pada ranah ibadah, moral dan etika, dan dapat meningkatkan hasil atau nilai dari peserta didik.
ABSTRACT
Education is a profession that is positioned as the front line and a central position in the implementation of the learning process. In the process of learning some of the results of study of students are determined by the educator, therefore, the educators must have professional skills in managing learning in the classroom. Then it is absolutely a source of basic education for science, in this capacity that requires educators to make all systematic and planned efforts in carrying out their duties include arranging learning from planning, oraganization, implementation and execution that will bear positive implications for learners.
The purpose of which is expected to be achieved in this study were (1) to describe the application of management educators in improving the quality of learning in SMA 1.
Labuapi West Lombok, (2) to describe the implications of management educators in improving the quality of learning in the SMA Negeri 1 Labuapi West Lombok.
The Location of this study was SMA Negeri 1 Labuapi West Lombok with a focus on management education in improving the quality of learning in SMA 1 Labuapi. West Lombok. This study used a descriptive-analytic qualitative approach that attention to process rather than product. The research data sources are the principal, vice principal affairs curriculum, 3 students and 3 educators. The data collection methods used in this study was observation, structured and unstructured interviews, and documentation.
The results of this study suggested that educators at SMA 1 Labuapi West Lombok has done their role and duties both administratively and pedagogically, it was seen from most of the educators that make planning in the learning process by applying the management functions that eventually led to the positive implications, especially in the realm of worship, morals and ethics and can enhance the results or the value of the learner.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Al Idrus, Salim |
Keywords: | Manajemen; Pendidik; Mutu; Pembelajaran; Management; Educator; Quality; Learning |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53306 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |