Ghaffar, Abd (2012) Strategi pengembangan madrasah melalui Bidang Kehumasan di MTs Al- Azhar Serabi Barat Modung BangKalan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses pendidikan di sekolah termasuk tersedianya dana maupun sarana dan prasarana saja, tetapi juga ditentukan oleh lingkungan keluarga dan atau masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab be rsama antara pemerintah, sekolah, keluarga dan masyarakat. Ini berarti mengisyaratkan bahwa orang tua murid dan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk berpartisipasi, turut memikirkan dan memberikan bantuan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola hubungan madrasah dengan masyarakat sekitar MTs Al- Azhar, bagaimana teknik humas efektif yang diterapkan di MTs Al-Azhar dalam upaya memasarkan Madrasah Al- Azhar dan bagaimana strate gi manajemen humas dalam mengembangkan madrasah MTs Al-Azhar. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa dan aktivitas yang dilakukan.
Hasil penelitian yang dapat peneliti sampaikan adalah : Pertama, pola hubungan antara madrasah dengan masyarakat bersifat educatif, cultural yang berlandaskan norma- norma ajaran Islam serta adat istiadat masyarakat sekitar. Kedua, Teknik humas efektif yang dilakukan oleh MTs Al-Azhar dalam memasarkan madrasah adalah dengan cara (1) melibatkan tokoh masyarakat, orang tua yang siswa yang peduli, pemanfaatan alumni, komite madrasah dan melalui organisasi-organisasi sosial keagamaan yang ada di masyarakat, (2) Pendelegasian para siswa-siswi dalam kegiatan ektrakurikuler dan lomba- lomba baik tingkat kabupaten maupun propinsi dan (3) melalui acara sosial kemasyarakatan seperti kerja bakti, ta‟liman dan dengan cara mendatangkan tokoh-tokoh pendidikan baik tingkat lokal maupun nasional. Ketiga, S trategi manajemen humas dalam mengembangkan madrasah bidang sarana prasarana adalah berswadaya dengan masyarakat dengan membentuk wakil- wakil madrasah di masyarakat, Pemanfaatan alumni madrasah dan membentuk usaha mandiri. Sedangkan dalam bidang lulusan adalah de ngan cara membuat program baru yang disebut SKIA (Syarat Kecakapan Ilmu Agama), Pengoptimalan kegiatan ektrakurikuler, dan pendelegasian siswa untuk acara seminar, pelatihan dan lomba- lomba.
ABSTRACT
The succes of education not only by education proces but also education fund, infrastructure, family environment and society. Education is responsible by goverment, school, family and society. So it could conclude that parents and society should participate and support in education implementation process. The puposes of this research were to know how is the correlation of Madrassah system with society in MTs Al- Azhar, how is effective of public relations techniques applied in MTs Al- Azhar in marketing of Madrassah and how is public relations management strategy in development of Madrassah MTs Al- Azhar.
More over the research design used qualitative and phenomenological approach, the data of this research collecting uses observation, interviews and documentation. F urther more, the analysis used qualitative descriptive included describe, analysis the phenomena public relations activities done.
The result of this research indicated that : F irst, the correlation system betwen Madrassah and community are education and culture based on Islamic values and society customs. Second, effective public relations techniques performed by MTs Al- Azhar in marketing Madrassah are (1) leader society participation, parents participation, alumnus profit, Madrassah committe and relegius social organization in the society, (3) delegation of the students in extracurricular activities and competitions in regency or province level, and (3) through social event such as social service, ta‟liman by invite of education expert either local and national. Third, public relations management strategy in developing the field of Islamic educational institutions is collaborated infrastructure with the society by establishing Islamic represe ntatives in the community, Utilization Madrassah graduates and establish an independent business. Where as the out put is to create a new program called SKIA (S yarat Kecakapan Ilmu Agama), Optimized extracurricular activities and delegation of students for seminars, training and competitions.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Basri, Basri |
Keywords: | Humas dan Madrasah; P ublic Relations and Islamic School |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:28 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53271 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |