Mustafida, Fita (2011) Strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif: Studi di MI Khadijah Jl. Arjuno 19 A Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09760003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Setiap guru sejatinya ingin kelas yang dikelolanya tertib dan aman dari berbagai gangguan, dan disiplin dalam berbagai aktivitas pembelajaran di kelas. Disisi lain, kelas bukan sekedar tempat berkumpulnya peserta didik untuk belajar saja, melainkan keadaan multidimensionality yang di dalamnya terdapat berbagai aktivitas yang tak terhitung jumlahnya; seperti membaca, mendengar, menulis, berbicara, diskusi, bermain, bernyanyi, berjalan-jalan, dan masih banyak lagi. Oleh kerena itu, sangat naif jika guru harus memaksakan peserta didik berprilaku sesuai keinginan guru dengan segala aturan, dan rancangan kegiatan tanpa memperhatikan kondisi dan kebutuhan mereka. Tantangan ini membuat banyak peneliti menelaah seberapa efektif para guru mengelola kelas-kelas mereka menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Pengertian pengelolaan kelas sendiri adalah seperangkat kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Atas dasar tersebut penelitian tentang strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif di MI Khadijah perlu dilaksanakan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah pengelolaan kelas yang dihadapi guru MI Khadijah serta bagaimana guru mengembangkan strategi pengelolaan kelas dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi. Sehingga pada akhir penelitian dapat ditemukan strategi efektif pengelolaan kelas yang dapat mengatasi masalah-masalah pengelolaan yang muncul.
Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut, maka digunakan rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus (case study) yang dilakukan di MI Khadijah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, Sedangkan analisisnya, dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan ada sepuluh masalah pengelolaan kelas yang terjadi di MI Khadijah. 1) masalah yang berhubungan dengan kedisiplinan siswa, 2) Siswa mengganggu siswa lain ketika kegiatan pembelajaran, 3) siswa ingin mendapat perhatian, 4) siswa ingin menunjukkan kekuasaan di kelas, 5) siswa yang menunjukkan ketidakmampuan (helpness), 6) menurunnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran, 7) keadaan kelas sulit dikendalikan, 8) keterbatasan lingkungan fisik, 9) latar belakang dan pola asuh orang tua, serta 10) sikap dan kepemimpinan guru di Kelas. Sedangkan strategi yang digunakan guru MI Khadijah dalam mempertahankan kondisi kelas yaitu dengan dua tindakan; 1. Tindakan preventif sebagai bentuk antisipasi munculnya masalah-masalah pengelolaan. Dengan cara melakukan dua pendekatan pengelolaan lingkungan (fisik dan psikologis), membuat komitmen diawal, beri nasehat, teladan dan proporsional dalam bersikap. 2. tindakan kuratif sebagai langkah menanggulangi jika muncul masalah pengelolaan kelas. Dalam hal ini, tercatat 10 strategi pengelolaan kelas kuratif yang digunakan yaitu; 1. segera menghentikan gangguan yang muncul, 2.abaikan saja, 3. beri perhatian lebih, 4. beri teguran, 5. gunakan kontak mata, 6. pendekatan personal, 7. ancaman dan hukuman, 8. Nasehat, 9. bersikap tegas bila prilaku buruk terjadi berulang-ulang., 10. Komunikasikan dengan orang tua. Serta mengoptimalkan pengelolaan fisik.
Adapun hasil dari strategi yang diterapkan adalah mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif ditandai dengan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, siswa aktif dan antusias mengikuti KBM, serta mampu mengekspresikan diri. Dan selalu merindukan gurunya untuk membimbing lagi. Sehingga dari suasana tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Yang dibuktikan dengan tercapainya nilai hasil belajar individu minimal sesuai KKM. Nilai rata-rata kelas tiap mapel minimal sesuai KKM. Yang dicapai dalam setiap ulangan formatif, UTS, dan UAS. Serta akhlak mulia dan berbudi pekerti yang baik yang ditunjukkan siswa.
ABSTRACT
Every teacher wants a class that manages the orderly and safe from a variety of disorders, and discipline in a variety of learning activities in class. On the other hand, the class is not just a gathering place for students to learn it, but the state of multidimensionality in which there are various activities countless; such as reading, listening, writing, speaking, discussion, play, sing, walk, and many more. Ingredients, it is very naive if the teacher had to force students to behave according to the teachers with all the rules, and design of activities regardless of the condition and their needs. This challenge makes many researchers examine how effective the teachers manage their classes into a comfortable place to learn. Understanding your own classroom management is a set of activities that teachers do to create and maintain an optimal learning conditions and return it if there is disruption in the learning process. On the basis of the research on classroom management strategies in creating a conducive learning atmosphere in elementary school of Khadijah need to be implemented.
The purpose of this study was to determine the classroom management problems that teachers face MI Khadija and how teachers develop classroom management strategies in addressing the problems that occur. So that at the end of the study can be found to be effective classroom management strategies that can address the management issues that arise.
In order to achieve these objectives, the research design used a qualitative approach using, the type of case study research (case study) conducted in elementary School of Khadijah. Duty collection techniques used were observation, interviews, questionnaires, and documentation, while his analysis, carried out through three stages: data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The results showed there were ten classroom management problems that occur in elementary school of Khadijah. 1) problems associated with student discipline, 2) when students disrupt other students' learning activities, 3) students want to get attention, 4) students want to show the power in the classroom, 5) students who demonstrate an inability (helpness), 6) decreased student motivation to follow the lessons, 7) state of unruly class, 8) limitations of the physical environment, 9) background and pattern foster parents, and 10) attitude and leadership of the teacher in class. While the strategies that teachers use elementary school of Khadijah in maintaining the condition of the class with two actions: 1. Preventive measures as a form of anticipation of the emergence of management issues. By conducting two environmental management approaches (physical and psychological), make a commitment early, give advice, examples and proportionate in attitude. 2. curative action as a step when tackling emerging problems of classroom management. In this case, there were 10 curative classroom management strategies are used, namely: 1. immediately stop the problem that occurs, 2.abaikan only, 3. give more attention, 4. give warning, 5. use eye contact, 6. personal approach, 7. threats and punishment, 8. Advice, 9. be firm when bad behavior occurs repeatedly., 10. Communicate with parents. And optimize the management of the physical.
As a result of the strategy is able to create a conducive learning atmosphere characterized by a comfortable learning environment and fun, active and enthusiastic students learning proses, and able to express themselves. And always miss his teacher to guide again. So the atmosphere is an impact on improving student learning outcomes. As evidenced by the achievement of the learning outcomes of individuals at least according to stand value The average value of each class at least according to stand value each material. Achieved in each test formative, middle, and final test. As well as noble and virtuous character shown a good student.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Strategi Pengelolaan Kelas; Suasana Belajar Kondusif; Classroom Management Strategies; Atmosphere Conducive Learning |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53259 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |