Korelasi antara kompetensi kepribadian Guru PAI dengan akhlak siswa kelas VIII di MTS Negeri Kepanjen Malang

Iswanto, Muhammad Hadi (2016) Korelasi antara kompetensi kepribadian Guru PAI dengan akhlak siswa kelas VIII di MTS Negeri Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kompetensi kepribadian guru merupakan modal dasar dalam menjalankan tugas seorang guru secara profesional. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadiaan yang tinggi, antara lain memiliki kepribadian yang mantap, stabil, arif, berwibawa, dewasa, berakhlak mulia dan teladan. Beberapa aspek kompetensi kepribadian tersebut yang nantinya akan dijadikan teladan dan mampu membawa perubahan bagi peserta didiknya. Terutama mengenai akhlak siswa. Keduanya saling berhubungan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan tingkat kompetensi kepribadian guru PAI, (2) Untuk menjelaskan tingkat akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Kepanjen, (3) Untuk menjelaskan adanya korelasi antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Kepanjen.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Berdasarkan pendekatan penelitian tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal korelasional. Adapun teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment. Product moment correlation adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel. Yang mana dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tingkat kompetensi kepribadian guru PAI dalam kategori baik dengan prosentase 96,61%. (2) Tingkat akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Kepanjen adalah 71,19% dalam kategori baik. (3) Kompetensi kepribadian guru memiliki korelasi sedang dengan akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Kepanjen. Korelasi kompetensi kepribadian guru yaitu 19,9%. Sedangkan sisanya sebesar 80,1% masih berhubungan atau berkorelasi dengan variabel/faktor lain.

ENGLISH:

Teacher competence attitude is a basic modal for teachers to do their duty professionally. Therefore, they are demanded to have high teacher attitude competence. They must have sturdy principle, stable emotion, wisdom, majesty, majority, and good attitude. Those nice attitudes will be models for teachers to bring progression to their students, specifically, to their students attitude because both of them are correlated.

This research aimed (1) to explicate level of PAI teacher attitude competence, (2) level of student attitude competence of Class VIII in State MTs of Kepanjen, (3) and to know the correlation of PAI teacher attitude competence to attitude of Class VIII students in State MTs of Kepanjen.

This research employed quantitative research method. It is kind of causal correlational research. It employed product moment as the correlational technique. Product moment correlation is a technique to know the correlation PAI teacher attitude competence to student attitude.

The result showed that: (1) attitude competence level of PAI teacher is in good category with score 96,61%, (2) the attitude level of class VIII students in State MTs of Kepanjen is also in good category with score 71,19%, (3) the teacher attitude competence level has medium correlation to attitude competence of class VIII students in State MTs of Kepanjen. The correlation score is 19,9%, meanwhile 80.1% correlates to other factors or other variables.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Akhlak Siswa; Teacher Attitude Competence; Students Attitude
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:55
Last Modified: 06 Dec 2016 07:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item