Nurdyansyah, Nurdyansyah (2010) Kinerja Guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi siswa di MI Al Fattah Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
08760009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fungsi dan peran guru dalam era modernis saat ini sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru sebagai salah satu agen pembelajaran di tuntut untuk mampu memberikan pelayanan maksimal untuk para siswa, apalagi dengan adanya program sertifikasi yang saat ini sering diperbincangkan guru diwajibkan untuk terus mengali dan mengoptimalkan kompetensi yang dimilikinya agar para siswa dapat meraih prestasi yang maksimal. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tepatnya pada bagian kelima Pasal 32 ayat 2, menyatakan bahwa dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru, para guru profesional dituntut untuk menguasai empat kompetensi, meliput: (1) Kompetensi Kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia; (2) Kompetensi Pedagogik, merupakan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya; (3) Kompetensi Profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya; (4) Kompetensi Sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik. Untuk itu para guru yang sudah tersertifikasi (profesional) wajib meningkatkan kinerja dan potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kegiatan yang diikuti oleh guru tersertifikasi, (2) upaya-upaya yang dilakukan guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi siswa, dan (3) Kendala yang dihadapi guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi siswa.
Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian di MI Al Fattah Malang dengan subjek penelitian para guru yang sudah tersertifikasi sebanyak enam guru. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data guna mendapatkan hasil yang akurat.
Dari hasil kajian ini, peneliti menemukan tiga temuan substantif. Pertama, intensitas kegiatan akademis yang dilakukan guru di MI Al Fattah pra dan pasca sertifikasi terpaut jauh. Sebelum sertifikasi para guru rata-rata mengikuti kegiatan dan pelatihan akademik sekitar 76,5% dari keseluruhan kegiatan guru, namun setelah sertifikasi para guru rata-rata hanya mengikuti 23,5% kegiatan ilmiah. Kesenjangan kegiatan di atas, di identifikasikan karena adanya program sertifikasi guru, sehingga para guru pra sertifikasi terpacu untuk mengikuti berbagai pelatihan dan workshop, guna pengajuan sertifikasi. Namun pasca sertifikasi para guru mengalami penurunan
motivasi. Sebagaimana berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan guru aktif dalam kegiatan akademik pasca sertifikasi hanya lima sampai tiga kegiatan atau 23,5 persen.
Kedua, Upaya yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan profesional guru adalah dengan: (1) Pembinaan guru dan supervisi guru, (2) Meningkatkan kesejahteraan guru, dan (3) Menjalankan Program Unggulan Madrasah, yaitu: Program E_SEMEL (English for Saince, English Mathematic and English Language) dan Program BAMBAS (Bahasa Arab Matematik dan Bahasa Arab Sains). Dari ketiga upaya tersebut belum semuanya berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat dari pelaksanaan pembinaan dan supervisi yang masih belum terprogram, sehingga terkesan hanya sebatas rutinitas, dan program unggulan madrasah juga belum berjalan maksimal karena belum ada sumber daya manusia yang kompeten khususnya pada program BAMBAS, sehingga MI Al Fattah Malang belum banyak memperoleh prestasi dalam bidang akademik.
Adapun upaya guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi siswa antara lain: (1) Aktif dalam kegiatan KKG, (2) Melakukan bimbingan kepada siswa, (3) Penguasaan materi dan perencanaan pembelajaran, dan (4) Pengunaan variasi metode pembelajaran. Untuk keaktifan guru dalam KKG dan pengunaan variasi metode pembelajaran di MI Al Fattah sudah terlaksana dengan baik. Namun untuk pelaksanaan bimbingan dan perencanaan pembelajaran perlu perbaikan yaitu dengan (1) penambahan tenaga pengajar bimbingan yang berkualitas, (2) pengadaan pelatihan khusus bagi para guru yang akan dijadikan pembimbing, (3) pemetaan siswa sesuai dengan karakter belajarnya, dan (4) membelajarkan para guru untuk lebih sering melakukan penelitian dan pengembangan pendidikan.
Ketiga, Kendala yang dihadapi guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi siswa antara lain: (1) Faktor kreatifitas guru, (2) Penguasaan teknologi, (3) Faktor internal dan eksternal siswa, (4) Perbaikan fasilitas perpustakaan, dan (5) Pembentukan iklim belajar madrasah yang masih minim.
ABSTRACT
The function of teachers in today are very important in improving the quality of education. Teachers as one of the agents capable of learning in the demand for providing maximum services for students, especially with the current certification program is often discussed teachers continue to multiply and are required to optimize its competencies enable the students to achieve maximal performance. Based on the Law of the Republic of Indonesia Number 14 Year 2005 on Teachers and Lecturers precisely on the fifth part of Article 32 paragraph 2, states that the founding and teacher professional development, professional teachers are required to master the four competencies, covering: (1) Competence Personality a personal capacity that reflects the personality of a solid, stable, mature, wise, and authoritative, become role models for students, and morality, (2) Pedagogic Competence, an understanding of learners, learning design and implementation, evaluation of learning outcomes, and Learners to actualize the development of various potentiality, (3) Professional Competence is a mastery learning materials widely and deeply, which includes mastery of curriculum materials in schools and subjects that overshadow the substance of scientific material, as well as mastery of structure and scientific methodology; (4 ) Social Competence is the ability of teachers to communicate and interact effectively with learners. For that teachers who are already certified (professional) must improve the performance and potential to provide better educational services.
This study aimed to determine (1) an academic activity which was followed by certified teachers, (2) the efforts undertaken certified teachers in improving student achievement, and (3) Constraints faced by teachers in improving student achievement.
The type of research is qualitative. Research location in MI Al Fattah Malang with research subjects who have certified teachers. Instruments of this study using observation, interview and documentation, checking the validity of the data by using triangulation in order to obtain accurate results.
The results of this study, researchers found three substantive findings. First, the intensity of academic activities by teacher in MI Al Fattah pre and post certification far adrift. Prior to certification of teachers on average follow the activities and academic training of about 76,5% of the overall activities of the teacher, but after the certification of teachers averaged only 23.5% following the scientific activities. The gap in the activity above, the identified because of the teacher certification program, so that pre-certification teachers encouraged to attend various training and workshops, to the filing of certification. But post-certification of teachers has decreased motivation. As is based on research results obtained indicate an active teacher in academic activities after the certification is only 23.5 percent.
Second, efforts to improve teacher professional in madrasaah is to: (1) Development of teachers and supervision, (2) To promote the welfare of teachers, and (3) Running Programs Featured Madrasah, namely: E_SEMEL Program (English for Saince, English - Mathematic and English - Language) and BAMBAS Program (Bahasa Arab Mathematics and Bahasa Arab Saince). Of the three efforts all madrasah are not going well. This can be seen from the implementation of the guidance and supervision are still not programmed, so it only seemed limited to routines, and madrasah flagship program also has not run up as there is no competent human resources, especially on BAMBAS programs, thus MI Al-Fattah Malang not much gain in performance academic field.
The efforts of certified teachers in improving student achievement include: (1) actively engaged in KKG, (2) Providing guidance to students, (3) Mastery and planning learning materials, and (4) Use of variation methods of learning. For the liveliness of the teachers in the use of variations of KKG and learning methods in MI Al Fattah Malang has been performing well. However, for the implementation of planning guidance and learning need of improvement through (a) the addition of qualified faculty guidance, (2) specialized training for teachers who will be supervising, (3) students according to the character mapping studies, and (4) to teach teachers to do more research and development of education.
Third, the constraints faced by certified teachers in increase student achievement, include: (1) the creativity of teachers factor, (2) the mastery of technology, (3) internal and external factors of students, (4) facilities library improvement, and (5) Establishment of learning climate madrasah is still minim
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Susanto, Djoko |
Keywords: | Kinerja; Guru Tesertifikasi; Prestasi siswa; Performance; Certified Teacher; Student achievement |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 09:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 09:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53157 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |