Aziz, Abdul (2011) Manajemen pengembangan kurikulum: Studi kasus pada Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08710067.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen merupakan instrumen untuk mencapai tujuan yang diinginkan, khususnya dalam penge mbangan kurikulum. Manajemen kurikulum adalah suatu sistem yang kooperatif, komprehensif, sitemik, dan sistematik dalam mewujudkan tujuan kurikulum. Manajemen pengembangan kurikulum adalah proses dinamik yang menyeluruh, dan dikembangkan dengan berdasar pada fungsi- fungsi manajemen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.
Fokus penelitian ini adalah (1) filosofi dasar konsep manajemen pengembangan kurikulum, (2) bentuk dan proses pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum, (3) pemantauan dan perbaikan manajemen pengembangan kurikulum di MAN Malang I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan disain studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui: (1) observasi partisipatif, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, dan kepala tata usaha. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, dipendabilitas, dan konfirmabilitas.
Adapun hasil dan temuan penelitian antara lain: (1) filosofi dasar dan konsep manajemen pengembangan kurikulum pada MAN Malang I adalah karena adanya kepekaan diri para pengelola Madrasah bahwa setiap saat madrasah dengan segala kekurangan dan kelebihannya harus mengalami peningkatan mutu lulusan (output) maupun kualitas lembaga, (2) bentuk dan proses pelaksanaan manajemen kurikulumnya berbasis IPTEK, bernuansa religi (agama), yang berkomitmen mewujudkan insan berkecerdasan komprehensif. Dimana output-nya tidak sekadar menguasai ilmu umum, namun juga ilmu agama melalui sistem pesantren madrasah, yang diyakini akan melahirkan lulusan yang berbudi luhur, (3) pemantauan dan perbaikan kurikulumnya adalah manifestasi dari bentuk penilaian kurikulum yang dilakukan secara serius dan berkesinambungan.
Kesimpulan penelitian ini bahwa, manajemen pengembangan kurikulum yang disusun oleh MAN Malang I mampu memprediksikan problem pendidikan dalam jangka panjang. K urikulumnya bersifat progresif, dan antisipatif terhadap tantangan lembaga dan kehidupan para siswanya. Sedangkan penetapan arah pengembangan kurikulumnya berpijak pada peraturan perundang-undangan, perkembangan dunia kependidikan, dalam rangka mempersiapkan generasi yang unggul, dan memiliki kompetensi serta kecerdasan komprehensif. []
ABSTRACT
Management is an instrument to achieve desirable objectives, especially in curriculum development. C urriculum management is a cooperative, komprehensive, systemic, and systematic system to ralize a curriculum objective. Management of curriculum development is therefore a holistically dinamic process and developed based on the functions of management such as planning, implementation, evaluation and control.
This study focuses on (1) the basic philosophy of the concept of curriculum deve lopment management, (2) the type and process of the implementation of curriculum development management, (3) the control and improvement of management of curriculum development at MAN I Malang. This research uses qualitative methodology with case study des ign. The technique of data collecting consists of (1) participative observation, (2) comprehensive interview, and (3) documentary study. The informants of the research are the head master, vice head master, head of laboratory, and head of administration. T he collected data are analyzed by data reducing, data presentation, and summarizing. To ensure the validity of the data, the researcher uses test of credibility, dependability, and confirmability.
The findings of the study as follows: (1) the basic philosophy and the concepts of curriculum development management at MAN I, Malang is because there is self-consciousness of the leaders and staffs of the school who believe that every school should experience the increase of output and institution quality both in national test and achievement of students in some competitions reflecting the quality of the school, (2) the type and process of the implementation of its curriculum management is based on technology and information and nuance of religion to create a person with comprehensive intelligence who is not only capable of general science, but also religious one with kind hearted through the system of Islamic boarding school, (3) the control and improvement of its curriculum is a manifestation from the type of assessment of curriculum which is conducted seriously and continuously.
In conclusion, management of curriculum development arranged by MAN I, Malang can generally predict problems of education from 5 to 7 years later. Its curriculum is progressive and full o f anticipation of life challenge in a long period. In addition, decision of the direction of its curriculum development is on the basis of legislation, education development, and comprehensive intelligence
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Basri, Basri |
Keywords: | Manajemen; Manajemen Kurikulum; Manajemen Pengembangan Kurikulum; Management; Curriculum Management; and Management of Curriculum Development |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:32 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |