Herman, Kiagus (2010) Aplikasi manajemen kelas model pendekatan kelompok pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Kopang Lombok Tengah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
O8710054.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen kelas pendekatan kelompok merupakan suatu proses untuk menciptakan kelas sebagai suatu sistem sosial , dimana proses kelompok merupakan yang paling utama. Proses kelompok adalah usaha mengelompokkan anak didik kedalam berbagai kelompok dengan berbagai pertimbangan individual sehingga tercipta kelas yang bergairah dalam belajar.
SMP Negeri 5 Kopang adalah sebuah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Departemen pendidikan Nasional yang sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan telah melakukan prubahan-perubahan. Salah satu bentuk perubahan yang dilakukan adalah penerapan manajemen kelas model pendekatan kelompok dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan manajemen kelas model pendekatan kelompok pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Kopang Lombok tengah dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas model pendekatan proses kelompok pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP 5 Kopang Lombok Tengah.
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Tekhnik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara kredebilitas, transferabilitas, dapendabilitas dan komfirmabilitas. Sumber data yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah umum , wakil kepala urusan kurikulum, pendidik, siswa, silabus dan RPP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan manajemen kelas dengan model pendekatan kelompok disusun guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Kopang dengan mengadaftasi perencanaan yang sudah ada di sekolah- sekolah tertentu. Guru belum sepenuhnya membuat proses perencanaan secara mandiri sesuai kebutuhan dan pembelajaran secara aktual sesuai dengan situasi dan lingkungan pembelajaran di SMPN 5 Kopang. (2) Dalam pelaksanaan manjemen kela s guru masih lebih fokus pada pengelolaan siswa belum dapat memadukannya dengan pengelolaan fisik seperti pengelolaan sumber dan media yang efektif mendukung pembelajaran karena alasan efeisiensi waktu pembelajaran yang relative (2 x 40 menit setiap minggu ) dan lebih fokus pada aspek-aspek esensial pembelajaran.
ABSTRACT
Team approach for classroom management is a process to create class as a social system, where team process is the main process. Team process is an effort to gather students together in various groups with various individual considerations, so that passionate class is created in the learning process.
State Junior High School 5 Kopang is an educational institution that shelter under National Education Department that since Decentralized Curriculum have done a lot of changes. One of the alterations that have been done is to apply team approach model for class management in the learning process.
This research is having a goal to describe planning process of classroom management using team approach model in Islamic education subject at State Junior High School 5 Kopang, Central Lombok and to describe the implementation of classroom management using team approach model in Islamic education subject at State Junior High School 5 Kopang, Central Lombok.
The approach used in this research is descriptive qualitative and the type of it is case-study. Collecting data is done by deep interview technique, participative observation, and documentation. The technique of data analysis consists of reducing data, presenting data, and taking conclusion. Checking validity of the discovery is done by the means of credibility, transferability, dependability, and confirmability. The sources of data are headmater, public vice headmaster, curriculum vice headmaster, teachers, students, syllabi, and lesson plan.
The results of this research show that: (1) Class room management planning using team approach model is drafted by the teacher of Islamic Education at State Junior High School 5 Kopang by adapting the planning thatis already available in certain schools. Teacher does not really make planning process independently according to the needs of learning process actually according to the situation and the learning atmosphere in State Junior High School 5 Kopang. (2) In the implementation of classroom management, teacher still focuses on the student management, and cannot combine it with physical manage ment, such as souce management and effective media that support the learning process by the reason of time efficiency of learning process that is relative (2 x 40 minutes per week) and focuses more in the essential aspects of learning process.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah and Murni, Wahid |
Keywords: | Manajemen Kelas; Pendekatan Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Classroom Management;Team Approach in Islamic Education Subject |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |