Rini, Ani Puspa (2012) Supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di SMKN 10 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07920002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Supervisi kepala sekolah merupakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dalam mempelajari tugas-tugasnya sehari-hari di sekolah, agar dapat menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik pada orang tua peserta didik dan sekolah sebagai masyarakat belajar yang lebih efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PAI di SMKN 10 Malang, dengan sub fokus mencakup: (1) Unsur-unsur yang disupervisi kepala sekolah terhadap guru PAI, (2) Strategi supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PAI, (3) Feed back dan tindak lanjut supervisi kepala sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini berusaha menggambarkan dan mempresentasikan data secara sistematis, ringkas dan sederhana tentang manajemen kelas dalam rangka mengefektifkan pembelajaran siswa. Keabsahan temuan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala SMKN 10 Malang, guru PAI SMKN 10 Malang, Waka SMKN 10 Malang, dan siswa SMKN 10 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Unsur-unsur yang disupervisi kepala SMKN 10 Malang adalah bidang kompetensi pedagogi khususnya perencanaan pembelajaran, proses belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran, 2. Strategi yang dilakukan kepala SMKN 10 Malang dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam diantaranya : Melakukan kunjungan kelas, melakukan kunjungan observasi, mengadakan rapat, mengadakan diklat, dan pertemuan pribadi dengan guru pendidikan agama Islam, 3. Feed back dan tindak lanjut supervisi kepala SMKN 10 Malang dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam diantaranya Guru pendidikan agama Islam berusaha memperbaiki kemampuan merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dengan cara observasi kepada guru pendidikan agama Islam lainnya, guru pendidikan agama Islam berusaha memperbaiki kemampuan merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dengan cara mempelajari buku-buku tentang pembelajaran, guru pendidikan agama Islam berusaha memperbaiki kemampuan merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dengan cara mengikuti musyawarah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tindak lanjut kepala SMKN 10 Malang setelah melakukan supervisi diantaranya : Memberikan komentar tentang perencanaan pembelajaran yang telah direncanakan, pelaksanakan pembelajaran, pembuatan evaluasi pembelajaran, apabila perencanaan pembelajaran yang telah dibuatnya kurang baik, maka guru pendidikan agama islam diminta memperbaikinya, kepala SMKN 10 Malang memberi kesempatan mengikuti pelatihan kepada guru pendidikan Islam.
ABSTRACT
Supervision of the Principal is a process designed specifically to help teachers in learning the duties of everyday at school, in order to use the knowledge and ability to provide better service to parents of students and schools as learning communities are more effective.
This study aims to provide an explanation supervising principals in improving teacher performance PAI in SMKN 10 Malang, with sub focus include: (1) The elements of the school's head teacher supervised PAI, (2) supervision of the principal strategies in improving teacher performance PAI , (3) Feed back and follow-up supervision of the principal.
This study used a qualitative approach to the type of case study research. Data collection using the interview technique, observation, and documentation. Data analysis in this study using qualitative descriptive analysis techniques with the consideration that this study sought to describe and present the data in a systematic, concise and simple about classroom management in order to streamline the learning of students. The validity of the findings of the data was done by using triangulation. Informants in this study is the Head SMKN 10 Malang, Malang teachers PAI SMKN 10, Waka SMKN 10 Malang, Malang and students SMKN 10. The results of this study indicate that: 1. The elements of supervised head SMKN 10 Malang is the field of competence pedagogy in particular the planning of learning, teaching and learning process, and evaluation of learning, 2. Strategies that do head SMKN 10 Malang in improving the performance of Islamic religious education teachers include: Conducting class visits, observation visits, holding meetings, conducting training, and personal meetings with Islamic religious education teachers, 3. Feed back and follow-up supervision of the head SMKN 10 Malang in improving the performance of teachers of Islamic religious education among Muslim religious education teacher working to improve the learning ability to plan, the implementation of learning, evaluation of learning by observation to other Islamic religious education teachers, teachers of Islamic religious education trying to improve the ability learning plan, the implementation of learning, evaluation of learning by studying books about teaching, Islamic religious education teachers strive to improve the learning ability to plan, the implementation of learning, evaluation of learning by following the deliberations subject teachers of Islamic religious education. Follow-up after head SMKN 10 Malang supervision include: Provide comments about the planning of learning that has been planned, learning, making the evaluation of learning, where learning plans that have been made poorly, the Islamic religious education teachers are required to fix it, head SMKN 10 Malang provide an opportunity education teacher training to Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah; peningkatan kinerja guru; analisis strategi supervisi; guru pendidikan agama Islam; The Supervising Principal; improved teacher performance; supervision strategy analysis; Islamic religious education teachers |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:32 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53125 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |