Qomaruddin, Qomaruddin (2011) Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis visi dan misi di MAN 3 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06920013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Implementasi pengembangan KTSP pada mata pelajaran PAI berbasis pada visi dan misi merupakan program pengembangan kurikulum yang mengedepankan pada kharakteristik dan potensi sebuah lembaga pendidikan. Dalam konteks madrasah, pengembangan KTSP berbasis pada visi dan misi, khusunya melalui pembelajaran PAI perlu dilakukan, agar kharaktesistik dan ciri khas madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam benar-benar nampak terasa dan bermakna dan mampu di implementasikan dalam proses pembelajaran, sehingga out put madrasah benar- benar memiliki kompetensi di berbagai bidang kehidupan, khusunya kekokohan akhlak, sebagai ciri khas lulusan madrasah.
Penelitian ini bertujuan Untuk (1) mengetahui Implementasi KTSP Berbasis pada Visi dan Misi di MAN 3 Malang, (2) Untuk mengetahui Pengembangan KTSP Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Berbasis pada Visi dan Misi di MAN 3 Malang, (3) Untuk mengetahui Implikasi Pengembangan KTSP pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Visi dan Misi di MAN 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang keagamaan, para guru PAI serta bagian lembaga penelitian dan pengembangan MAN 3 Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dan pengembangan KTSP di MAN 3 Malang dilakukan melalui pertama penyusunan dan penetapan visi misi serta tujuan madrasah. Beberapa poin penting visi misi MAN 3 Malang adalah progresifitas untuk mewujudkan madrasah yang unggul, pembudayaan proses pembelajaran yang berkualitas, peningkatan SDM yang berkelanjutan, pencapaian lulusan yang bermutu serta pencapaian pendidikan yang berstandar nasional dan internasional. kedua penyususnan struktur kurikulum yang meliputi kurikulum reguler atau umum dan kurikulum akslerasi atau percepatan, ketiga penetapan SKL madrasah dan pengembangan SKL mata pelajaran berbasis pada visi misi MAN 3 Malang, Keempat Pengembangan standart kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran secara dinamis dan inovatif berbasis keunggulan dan visi misi MAN 3 Malang. Kelima pengembangan kreatifitas, intelektualitas, religiusitas melalui pembiasaan, pembudayaan, pengembangan diri dan life skiil berbasis visi misi MAN 3 Malang.
Pengembangan KTSP pada mata pelajaran PAI di MAN 3 Malang dilakukan melalui tahapan-tahapan manajemen yang meliputi pertama penyusunan dan penetapan SKL PAI dengan mengacu pada Permenag No. 2 Tahun 2008, sebagai lembaga pendidikan Islam, MAN 3 Malang berkomitmen untuk mengembangkan standar SKL yang ada berbasis pada visi misi madrasah. Kedua pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar PAI dengan konsep pengembangan dan pelaksanaan program pembelajaran PAI melalui metode, strategi, materi dan pengalaman belajar secara dinamis dan inovatif berbasis pada visi misi MAN 3 Malang. Ketiga pelaksanaan dan pengembangan evaluasi secara komprehensif , baik pada aspek intelektual, emosional, maupun tingkah laku. Keempat Pengembangan PAI dalam konteks KTSP juga dilakukan melalui pembiasaan dan pembudayaan perilaku positif, pengembangan diri aspek religius siswa, serta kegiatan ekstrakurikuler BDI yang didesain sebagai wadah peningkatan bakat dan potensi di bidang keagamaan.
Implikasi dari implementasi pengembangan PAI dalam konteks KTSP berbasis visi dan misi di MAN 3 Malang meliputi pertama adanya upaya dan usaha untuk meningkatkan kreatifitas Guru PAI melalui peningkatan SDM, agar pengembangan PAI semakin berkualitas. Kedua adanya dinamika dan inovasi kegiatan belajar PAI secara kompetitif. Ketiga adanya peningkatan upaya dan usaha pembiasaan, pembudayaan dan pengembangan diri di bidang keagamaan sebagai bentuk komitmen dari visi misi MAN 3 Malang.
Dari penelitian dan kajian ini dapat dimunculkan tesis bahwa pengembangan KTSP pada mata pelajaran PAI berbasis visi misi dapat dicapai melalui pola dan strategi pembelajaran yang dinamis dan inovatif serta komitmen terhadap kegiatan pembiasaan dan pembudayaan aktifitas keagamaan para siswa secara partisipatif.
ABSTRACT
Implementation of development on subjects PAI SBC based on the vision and mission of the program is the development of a curriculum that emphasizes the Characteristic and the potential for an educational institution. In the context of madrassas, the development of SBC based on the vision and mission, especially through learning PAI needs to be done, so kharaktesistik and characteristics of Islamic madrasas as educational institutions seem genuinely felt and meaningful and able to be implemented in the learning process, so the output is madrasah actually has competence in various areas of life, especially moral robustness, as typical madrasah graduates.
This study aims to (1) determine SBC Implementation Based on Vision and Mission in MAN 3 Malang, (2) To determine the SBC Development Lesson In Islamic Education (PAI) based on the Vision and Mission in MAN 3 Malang, (3) to knowing Development Implications of SBC on Islamic Education Subjects based on the Vision and Mission of MAN 3 Malang.
This study uses a qualitative approach, data collection was done by using in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion, checking the validity of the findings made by way of extension of the participation of researchers, triangulation techniques using a variety of sources, theories and methods of observation and perseverance. Informants research that madrassa head, deputy head of the madrasa curriculum, deputy head of the Islamic religious field, PAI teachers as well as the research and development of MAN 3 Malang.
The results showed that the implementation and development of SBC in MAN 3 Malang done through preparation and adoption of the first vision, mission and objectives of madrasas. Some important points MAN 3 Malang mission and vision is to realize the progressive madrassa superior civilizing learning process quality, sustainable human resource development, the achievement of quality graduates and educational attainment of national and international standards. Both arranging the structure of the curriculum which includes the regular curriculum or common and curriculum akslerasi or acceleration, the third establishment and development of madrasah SKL SKL subjects based on the vision and mission of MAN 3 Malang, Fourth Development of standards of competence and basic competences subjects are dynamic and innovative excellence and vision and mission based MAN 3 Malang. fifth development of creativity, intellect , religiosity through habituation, familiarization, self-development and life skiil mission vision-based MAN 3 Malang.
Development of SBC on subjects PAI in MAN 3 Malang done through the management stages covering first SKL PAI preparation and adoption by reference No. Permenag. 2 In 2008, the Islamic educational institutions, MAN 3 Malang is committed to developing standards-based SKL existing mission and vision madrasah. Both the development of standards and basic competencies PAI with concept development and implementation of Islamic learning through methods, strategies, materials and learning experiences dynamic and innovative based on the vision and mission of MAN 3 Malang. Thirdly implementation and evaluation of a comprehensive development, both on aspects of intellectual, emotional, and behavioral. Fourth PAI Development in the context of SBC also done through customizing and developing a positive attitude, self-development aspects of religious students, as well as extracurricular activities are designed as a container BDI increased the talent and potential in the field of religion.
The implications of the implementation of the development in the context of PAI SBC based on the vision and mission of MAN 3 Malang includes first the effort and effort to improve teacher creativity PAI through human resource development, in order to further the development of PAI-quality. Both the dynamic and innovative learning activities PAI competitively. Thirdly there increased efforts of habituation, familiarization and self-development in the field of religion as a form of vision and mission commitment MAN 3 Malang.
Of research and this study may appear on the thesis that the development of SBC-based PAI subjects can be achieved through vision, mission and strategy patterns are dynamic and innovative learning and a commitment to habituation and familiarization activities religious activities the students in a participatory manner.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad and Sutiah, Sutiah |
Keywords: | Pengembangan KTSP; PAI; VIsi dan Misi; Development of SBC; PAI; Vision and Mission |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:32 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53122 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |