Musyafaah, Musyafaah (2023) Implementasi program ma'had dalam meningkatkan kedisiplinan santri Al-Qolam di MAN 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kedisiplinan adalah suatu sikap karakter yang sangat berpengaruh untuk pengendalian tanggung jawab baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain, apalagi di dalam Ma’had yang penghuninya terbilang banyak. Dengan hal ini sangat penting untuk dijadikan pembahasan karena banyak sekali santri yang tidak sedikit akan mengabaikan kedisiplinan. Hal itu disadari seorang santri dalam menjalankan program Ma’had. maka dari itu peneliti tertarik untuk membahas bagaimana suatu implementasi program Ma’had dalam meningkatkan kedisiplinan santri.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, metode deskriptif dan metode wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi (gabungan), analisis data dengan menggunakan tabulasi data, rekapitulasi data, reduksi data, interpretasi data, kemudian penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penelitian ini bagaimana implementasi program Ma’had dalam meningkatkan disiplin santri yang ditinjau dari dua rumusan masalah, yaitu: 1) pelaksanaan program Ma’had dalam meningkatkan kedisiplinan santri, 2) faktor yang mempengaruhi program Ma’had dalam meningkatkan kedisiplinan santri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) implementasi program Ma’had dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Ditinjau dari pelaksanaan program Ma’had terdapat pengelompokan kelas berdasarkan program kelas yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan santri dari kelas tahfidz, kelas tahsin, kelas takhossus, kelas reguler, dan kelas, MAN PK (Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus). (2) ada dua faktor yang mempengaruhi program Ma’had dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Pertama Faktor internal yaitu faktor yang timbul dari diri sendiri sehingga menimbulkan tanggung jawab kedisiplinan dalam dirinya sendiri. Kedua faktor eksternal yaitu faktor yang disebabkan oleh lingkungan seperti teman, pendidik, dan tujuan kedisiplinan. Sehingga dari faktor-faktor tersebut dapat memberikan dampak yang ditimbulkan dari implementasi program Ma’had dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu santri mampu membagi waktu, santri memiliki semangat belajar yang tinggi, dan santri dapat mendisiplinkan tingkah lakunya baik dengan Muallim-muallimahnya atau teman.
ENGLISH:
Discipline is a character attitude that is very influential in controlling responsibility both for himself and for others, especially in Ma’had where there are many residents. With this matter, it is very important to be discussed because there are so many santri who not least will ignore discipline. This was realized by santri in carrying out the Ma’had program. Therefore, researchers are interested in discussing how the implementation of Ma’had program in improving the discipline of santri.
To achieve these objectives, researchers used qualitative research, a descriptive approach, and used the interview method, to find out how the implementation of the Ma’had program in improving the discipline of students in terms of three indicators, namely: 1) the implementation of the Ma’had program increasing the discipline of santri, 2) the factors that influence the program of Ma’had in improving the discipline of santri.
The results of this study indicate that the implementation of the Ma’had program can improve the discipline of students. Judging from the implementation of the Ma’had program, there are groupings of classes based on different class programs according to the abilities of the students from the tahfidz class, tahsin class, takhossus class, regular class, and class, MAN PK (Special Program State Madrasah Aliyah). The supporting factors are internal factors and external factors, internal factors from oneself giving rise to disciplinary responsibility within oneself, then external factors, namely the environment such as friends, educators, and disciplinary goals. The impact arising from the implementation of the Ma’had program in improving discipline is that students can share their time, students have a high enthusiasm for learning, and students can discipline their behavior either with their Muallim or friends.
ARABIC:
الانضباط هو سلوك شخصي له تأثير كبير للسيطرة على المسؤولية ، سواء بالنسبة لنفسه أو للآخرين ، وخاصة في المعهد الذي يكثر عدد سكانه. ومع هذا، البحث في هذا المجال مهمٌّ جدا لأن هناك الكثير من الطلاب الذين لايهتمون لهذا الانضباط. وليكون الطلاب منتبها في تنفيذ برنامج المعهد. لذلك، أرادت الباحثة البحث عن كيفية تطبيق برنامج المعهد في ترقية انضباط الطلاب.
ولتحقيق هذا الهدف استخدمت الباحثة البحث النوعي بمنهج وصفي واستخدمت أيضا طريقة المقابلة . ولمعرفة كيفية تطبيق برنامج المعهد في ترقية انضباط الطلاب، تستخدم هذه الدراسة ثلاث علامات، وهي: ١) تنفيذ برنامج المعهد في ترقية انضباط الطلاب، ٢) العوامل التي تؤثر على برنامج المعهد في ترقية انضباط الطلاب.
وتدل نتائج هذا البحث على أن تطبيق برنامج المعهد يستطيع أن يحسن انضباط الطلاب. انطلاقا من تنفيذ برنامج المعهد، هناك مجموعات من الفصول بناءً على البرامج المختلفة وفقًا لقدرات الطلاب من فصل التحفيظ، وفصل التحسين، وفصل التخصص، والفصل العادي ، والفصل الذي يتميز بالبرنامج الخاص لمدرسة العالية الحكومية مالانج. أما العوامل الداعمة هي العوامل الداخلية والعوامل الخارجية، والعوامل الداخلية هي من ذات نفسه التي تؤدي إلى مسؤولية الانضباط في النفس. ثم العوامل الخارجية هي البيئة كالأصدقاء والمعلمين والأهداف التأديبية. والآثار المترتبة من تنفيذ برنامج معهد في زيادة الانضباط هي أن الطلاب قادرون على تقسيم وقتهم ، ولديهم حماس كبير للتعلم ، ويمكنهم ضبط سلوكهم إما مع المعلم أو الأصدقاء.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Arifa, Laily Nur |
Keywords: | Implementasi; program Ma’had; Ma’had program; implementation; تطبيق برنامج معهد;الانضب |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Musyafaah Musyafaah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 09:51 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 09:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53097 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |