Rahmawati, Laila (2011) Pengendalian mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09710011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi pengendalian mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari, sistem pengukuran mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari, serta perbaikan mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan referensi untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara atau interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, danpenarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode untuk memperoleh data yang obyektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pengendalian mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari, memiliki aspek penting yang diperhatikan dalam kegiatan pendidikannya yaitu kondisi alamiah total sumber daya yang tersedia dan prioritas untuk melaksanakan program kegiatan pendidikan agama Islam, berbagai pendekatan dilaksanakan untuk membentuk konsep lingkungan sekolah berwawasan iman dan taqwa serta berakhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral, 2) sistem pengukuran mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari, dapat dilihat pada proses pengendalian kelas yang dikembangkan oleh tim pengembang mutu, dari flowchart dapat dipahami berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu juga dalam proses meningkatkan iman dan taqwa yang dilakukan oleh seluruh Bapak-Ibu guru pada siswa-siswi yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, refleksi diri, 3) perbaikan mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari telah dilaksanakan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa sesuai dengan visi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari yang dikembangkan yaitu unggul dalam prestasi berbasis teknologi berwawasan global, berpijak pada budaya bangsa berdasar iman dan taqwa.
Pengembangan potensi dan kepribadian siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari banyak diimplementasikan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Dengan menempatkan nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa sebagai spirit atau kekuatan dalam proses pengelolaan dan kegiatan pendidikan. Hal ini ditunjukkan antara lain dengan mengintegrasikan wawasan keagamaan pada kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singosari.
ABSTRACT
This study aims to describe and analyze how the strategy of quality control of Islamic religious education at Junior High Schools 1 Singosari, quality measurement system of Islamic religious education at Junior High Schools 1 Singosari, as well as improving the quality of Islamic religious education at Junior High Schools 1 Singosari. The result of this study is expected to contribute idea and reference for the development and improvement of the quality of Islamic religious education.
This research uses qualitative research by take a background Junior High Schools 1 Singosari. The data was collected using an interview or interviews, observation, and documentation. While the techniques of data analyze, researcher used a model of interactive analysis that contains four interrelated components namely data collection, simplification of data, exposure data, and drawing conclusions. Checking the validity of the findings made by the credibility, transferability, dependability and confirmbility,by using a variety of sources, theories and methods in order to obtain objective data.
The results showed that: 1) the strategy of quality control of Islamic religious education at Junior High Schools 1 Singosari, has an important aspect to consider in the educational activities of the natural conditions of total available resource and priority to implement the program activity of Islamic religious education, a variety of approaches implemented to establish the concept of environmentally sound school of faith and piety and morality includes ethics, manners, and morals, 2) quality measurement system of Islamic religious education at Junior High Schools 1 Singosari, can be seen in the control of a class that was developed by a team of quality developers, flowchart can be understood from a variety of efforts to improve the quality of education. It is also in the process of increasing faith and piety by the father-mother teacher on students of that is through habituation, exemplary, self-reflection, 3) improving the quality of Islamic religious education in Junior High Schools 1 Singosari have been implemented to increase spiritual potency and form of learners in order to become a man who is faithful and devoted in accordance with the vision of a Junior High Schools developed Singosari achievement of excellence in technology-based global perspective, grounded in faith-based national culture and piety. Development potential and personality of students of Junior High Schools a lot Singosari implemented in the form of extracurricular activities. By placing values of religion and culture of the nation as a noble spirit or strength in the management and educational activity. This is demonstrated among others by integrating the insights of religious education curriculum in Junior High Schools 1 Singosari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Rahardjo, Mudjia and Ali, Nur |
Keywords: | Pengendalian Mutu; Pendidikan Agama Islam; Control Quality; Islamic Religious Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:34 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/52962 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |