Ansori, R. Ahmad Muhajir (2010) Pelaksanaan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatan proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) Telkom Sandhy Putra Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08710021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala sekolah selaku pimpinan lembaga pendidikan, mempunyai peran sentral dalam pengembangan lembaga pendidikan. Hal mendasar yang harus dilakukan dalam menghasilkan out put yang berkualitas adalah dengan memberikan pelayanan pengajaran dan pendidikan dengan profesional. Maka dari itu, peran kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengembangkan dan memberikan motivasi kepada para guru dan karyawan agar pelaksanaan proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik.
Fokus penelitian ini tertuju pada 3 hal, yaitu: a) Bagaimana model-model supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah; b) Bagaimana proses/teknik supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah; dan c) Apa kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dengan rancangan ini, peneliti berharap keutuhan fenomena yang terjadi pada lembaga pendidikan tersebut dapat dipertahankan.
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi, a) observasi partisipan; b) wawancara mendalam; dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota. Sedangkan kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability) dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.
Penemuan peneliti menunjukan bahwa: 1) model-model supervisi oleh kepala sekolah menggunakan model supervisi klinis dan supervisi akademik sebagai model yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi; 2) proses/teknik superivsi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu kunjungan kelas, rapat rutin (berkelompok) dan pertemuan face to face (individu) dalam proses pelaksanaan supervisi. Proses penilaian kepala sekolah kepada guru dilakukan dengan melihat proses belajar mengajar dari CCTV sebagai salah satu penilaian kepada guru, kemudian dievaluasi dengan mengadakan pertemuan pribadi atau pertemuan kelompok dengan semua guru; 3) kendala kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan yaitu: a) kendala dari guru yang jarang hadir dalam pelaksanaan rapat rutin karena mempunyai tugas di lembaga lainnya. Karena pada umumnya guru-guru di lembaga tersebut merupakan Guru Tidak Tetap (GTT), jadi mereka harus mencari penghasilan di luar lembaga tersebut. b) kesibukan dinas kepala sekolah di luar sekolah, misalnya sering rapat dengan pihak yayasan, Diknas, dll sehingga dapat menghambat program supervisi yang telah ditentukan. c) kendala pendanaan yang menghambat dalam peningkatan kualitas guru.
ABSTRACT
The school principal as leader of educational institution, has a central fungtion in the development of educational institutions. Basic thing to do in producing a quality output is bringing provide teache and education services professionaly. Therefore, the fungtion of school principal as supervisor should be able to develop and bring motivation to the teachers and employees in oder to the implementation of learning process and teaching can work well.
The focus of research is directed on 3 things, that are: a) How do the models of supervision has done of the school principal; b) how does the process / technical supervision has done of school principal, and c) What are the constraints has faced of school principals in implement supervision . To answer the focus of the research, researchers use a qualitative approach with case study design. With this design, researcher hope the totality of the phenomenon is happening in that educational institution can be maintained.
Data collection methods used include: a) participan observation, b) indepth interviews, and c) documentation. Data collected through the three techniques were organized, interpreted, and analyzed repeatedly to findings research. Credibility of the data is cheked by triangulation procedure, cheking members, and peer discussion. While dependability and comfirmability conducted by the supervisor as the dependent auditor.
Researcher’s invention show that: 1) models of supervision of the school principal use a clinical supervision model and academic supervision as a model which used in the supervision implementation, 2) process / technique of supervision has done by the school principal are class visit, routine meeting (in group) and face to face meeting (individual) in the process of supervision implementation. The assessment process of school principals to teacher has done by observing the learning process of CCTV as one of the assessment to the teacher, then evaluated activity with conducting private meeting or group meeting with all teachers; 3) obstacle of the school principal in implementing the education supervision, that are: a) the constraint of teachers are rarely present in the execution of a routine meeting because has the task in another institute. Because usually teachers in that institute are unconstant teacher, so they must search income in the another institude b) bustle of the school principal’s departement outside the school, for example meeting with the foundation, departement, etc. so can hamper supervision programs that have been determined. c) constraints of funding that hinder the improvement quality of teacher.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi |
Keywords: | Kepala sekolah; supervisi pendidikan; Head of school; educational supervision |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:34 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/52948 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |