Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun budaya membaca Al Qur-An di MI Khadijah Malang

Malae, Miss Fadilah (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun budaya membaca Al Qur-An di MI Khadijah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Upaya guru sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur-an peserta didik di sekolah, dikarenakan banyak peserta didik yang masih belum bisa membaca Al qur-an . bukan hanya tidak bisa membaca Al Qur-an, akan tetapi ada sebagian peserta didik yang masih belum menghafal huruf arab. Demikian pula dalam mencapai target kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan upaya pemberian contoh kepada peserta didik atau dengan kata lain dengan aspeh afektif yang dibangkitkan dari dalam diri peserta didik.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana upaya-upaya guru lakukan dalam meningkatkan budaya membaca Al Qur-an melalui semua aspek,khususnya aspek afektif dalam menyampaikan materi pendidikan dan faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam menerima materi Pendidikan Agama Islam khususnya dalam materi budaya membaca Al Qur-an dalam mencari data di lapangan, penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah interview, dokumentasi dan observasi.

Kesimpulan yang dapat ditarikan oleh penelitian mengenai upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran budaya membaca Al Qur-an meliputi: (1) pemanfaatan jam istirahat, (2) melakukan pembelajaran yang berkesinambungan, (3) melakukan kerjasama dengan orang tua, dan (4) melakukan kerjasama dengan lingkungan sekolah. Dengan demikian guru lebih menekankan aspek afektif siswa, agar aspek kognitif dan psikomotorik akan ikut bangkit seiring dengan tercapainya sapek afektif siswa dalam pembelajaran budaya membaca Al Qur-an. Sedangkan faktor yang mempengaruhi yaitu: (1) faktor pendorong meliputi siswa, kegiatan rutin, (2) faktor hambatan meliputi: orang tua. Dari faktor hambatan tersebut maka guru memberikan solusi sebagai berikut: (1) melengkapi sarana yang dibutuhkan, (2) memberikan jam tambahan yang dilakukan di sekolah.

ENGLISH:

Teachers’ effort plays an important role in improving students’ Quran reading quality. It is due to the fact that most of them has no ability to read Quran. Some of them even have not known Arabic letters. In order to achieve learning target, it is important to give role model for the students. In other words, teachers should trigger their students’ affective aspect.

The study aims to find out the teachers’ effort in improving Quran reading culture through all aspects, particularly affective aspect in delivering educational material and factors influencing the students in absorbing the material of Islamic education, namely the Quran reading culture.

In finding the data in the field, the researcher employs a qualitative descriptive approach using case study. The source of the data is from interview, documentation, and observation.

The conclusion of the study on teachers’ effort in improving Quran reading culture consist of: (1) use the break time, (2) conduct a continuous learning, (3) cooperate with the parents, and (4) cooperate with school environment. Teachers emphasize more on students’ affective aspect to initiate cognitive and psychomotor aspect in improving their Quran reading culture. Factors influencing the process consist of: (1) supporting factor such as students and their routine activities, (2) prohibiting factor such as parents. The solution from the teachers are: (1) to complete the important facilities, (2) to give extra hour in school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Upaya guru; Membangun budaya membaca Al Qur-an; Teachers’ effort; Improving Quran reading culture
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:18
Last Modified: 06 Dec 2016 09:18
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item