Nuurmansyah, Hanif (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Anbaul Ulum Pakis – Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar merupakan semangat pada diri seseorang yang akan membuatnya menjadi antusias dalam belajar atau menuntut ilmu sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar akan tercipta apabila minat atau motivasi belajar yang ada dalam diri peserta didik itu akan memperkuat motivasi ke arah tingkah laku tertentu. Namun faktanya di MI Anbaul Ulum khususnya kelas 5, motivasi belajarnya masih belum seperti yang diharapkan. Hal ini tercermin pada proses belajar mata pelajaran IPS materi Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam, buku ajar yang kurang interaktif dan juga kurang menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi kurang. Guru juga tidak menggunakan buku lain sehingga pembelajaran monoton dan motivasi belajar siswa lemah. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan pada buku ajar yang lebih berwarna dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar sisiwaTujuan penelitian pengembangan ini adalah mengahasilkan produk berupa bahan ajar berbasis ensiklopedia pada materi Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam, dengan harapan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
Dalam pengembangan bahan ajar ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall dengan sepuluh langkah yang sistematis di dalamnya. Akan tetapi dalam pengembangan ini hanya enam tahap yang dilaksanakan, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) Perencanaan, (4) Pengembangan format produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi produk, (6) Uji coba lapangan.
Hasil pengembangan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam bentuk buku ensiklopedia ini memenuhi kriteria valid dengan hasil (1) Validasi ahli isi materi 88%, (2) Validasi ahli desain isi buku ensiklopedia 84, (3) Validasi ahli bahasa 80%, (4) Validasi dan uji coba guru kelas V 86,6%, (5) Uji coba lapangan 90%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu 76,2>47,6. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu 29,158>23,185. Sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 8,301> 2,056 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap mediapembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian, pengembangan sudah dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Learning Motivation is the spirit in a person that will make enthusiastic in learning or studying so that the achievement of learning goals. Learning activities will be created if the interest or motivations to learn in self-learners that will be strengthen the motivation toward certain behavior. But in fact, in Anbaul Ulum of Islamic elementary schools of 5th grade, learning motivation is still not as expected. This is reflected in the process of learning of social studies materials Hindu-Buddhist kingdom and Islam, textbooks are less interactive and less attractive also lead to less interest in student learning. Teachers also do not use any other book so monotonous learning and student motivation is weak. Therefore, the need for development in the textbook more colorful and interactive, so as to increase the students learning motivation.
The research objective of this development is the result in the product in the form of teaching materials based on the material encyclopedia of Hindu-Buddhist kingdom and Islam, with the hope to increase the interest and motivation of student learning.
In the development of these materials, researcher used instructional media developed using the model of development according to Borg & Gall with systematically ten steps. But this development was only nine stages that implemented, namely: (1) Identification Requirements, (2) Formulating objectives, (4) Formulating particles of matter, (4) Formulate gauge succes, (5) Scriptwriting media, (6 ) field trials,tes, and revisions.
The result of the development of teaching materials for Social Sciences in book of encyclopedia of valid criteria with results (1) Validation of material expert content of 88%, (2) Validation of design experts the content of encyclopedias of 84, (3) Validation experts of 80%, (4) Validation and testing of classroom teachers of class V 86.6%, (5) The field trials 90%. The results were obtained average post-test was better than pre-test that was 76.2> 47.6. The results were obtained average post-test was better than the pre-test was 29.158> 23.185. While in manual calculation of t test with significance level of 0.05 was obtained results t ≥ t table was 8.301> 2.056 meant Ho was rejected and Ha was accepted. So there was a significant difference to the learning media that was developed. Thus, the development can already be said to be eligible learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Ensiklopedia IPS; Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam; Motivasi Belajar; Teaching Material Development; Encyclopedia of IPS; Hindu-Buddhist kingdom and Islam; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:18 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 10:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5280 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |