Responsive Banner

Efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tumpang

Prasetyo M., Budi (2015) Efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110202.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA:

Motivasi sebagai faktor utama dalam belajar yakni berfungsi menimbulkan, mendasari, dan menggerakan perbuatan belajar. Menurut hasil penelitian melalui observasi langsung, bahwa kebanyakan siswa yang memiliki motivasi rendah, tampak acuh tak acuh, mudah putus asa, perhatiannya tidak tertuju pada pembelajaran yang akibatnya siswa akan mengalami kesulitan belajar hal ini dialami oleh siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) terutama dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Kurikulum 2013 dalam penerapannya menawarkan sebuah pendekatan yang disebut pendekatan saintifik yakni 5 M; Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba dan Mengkomunikasinkan. Dengan demikian diharapkan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tumpang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana (Post Test Only Control Group Desaign). Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari populasi kelas VII di MTs Negeri Tumpang, diambil 2 kelas yakni sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 30 siswa. Analisa data yang digunakan adalah Independent t test dengan menggunakan komputer program SPSS 20,00 for Windows.

Dari hasil penelitian diketahui nilai t hitung > t tabel (6.651 > 2.3011) dan P value (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara tingkat motivasi belajar kelas kontrol dengan tingkat motivasi kelas eksperimen. Pada tabel Group Statistics terlihat rata-rata (mean) untuk kelas kontrol adalah 94.566 dan untuk kelas eksperimen adalah 105.966, artinya bahwa nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Jadi kesimpulannya pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang.

ENGLISH:

Motivation is the main factor in learning to appear, to base, and to study. According to the research through direct observation stated that most of the students who have low motivation tend to be hopeless, easy to despair, and the attention does not focus on the learning. Consequently, they will have difficulty in learning, in this case, it happens to the students of Grade VII in Islamic Junior High School especially in History of Islam. In Applied 2013 Curriculum offers an scientific approach namely: observing, questioning, experimenting, associating, and communicating. Therefore, it is expected that the approach can improve the student motivation study.

The aim of the research is to investigate the effectiveness of scientific approach in a bid to improve the student motivation study Grade VII in Islamic Junior High School particularly in History of Islam.

The research uses a quantitative approach with Post Test Only Control Group Design. The researcher uses observation, interview, questionare and documentation. Then, two classes from all classes of Grade VII in Tumpang Islamic Junior High School have been investigated as experimantal class and control class which have thirty students each. Then, data analysis used is independent test using computer program SPSS 20, 00 for windows.

The results shows that the t count> t table (6651> 2.3011) and P value (0.000 <0.05) then is rejected. It means that there are differences between class control level of motivation study with motivation level experimental class. In the table of Statistics Group showed that “mean” for the control class is 94.566 and for the experimental class is 105.966, it means that the mean of experimental study of motivation study is higher than the mean of class control of motivation study. In a nutshell, the scientific approach can improve the student motivation study in Tumpang Islamic Junior High School.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuni, Esa Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahyuni, Esa NurUNSPECIFIED
Keywords: Pendekatan Saintifik; Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); Scientific Approach; Motivation Study; History Of Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 16:22
Last Modified: 06 Dec 2016 16:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5274

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item