Hubungan kompetensi pedagogik Guru PAI dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dongko Trenggalek

Habibah, Siti Nasihatul (2015) Hubungan kompetensi pedagogik Guru PAI dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dongko Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, selain guru harus menguasai kompetensi pedagogik guru, faktor yang tidak kalah penting guru dapat memotivasi siswa dalam belajar. Karena dengan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan motivasi belajar yang kuat dapat membuat siswa belajar dengan tekun dan akhirnya terwujud dalam hasil belajar siswa tersebut. Motivasi adalah mendorong suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Oleh karena itu motivasi belajar hendaknya ditanamkan pada diri siswa agar senang hati mengikuti meteri pelajaran yang diajarkan guru disekolah. Perlu ditanamkan pada diri siswa bahwa dengan belajarlah akan mendapatkan pengetahuan dengan baik. Siswa akan mempunyai bekal menjalani kehidupannya dikemudian hari. Hal-hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada diri siswa dapat timbul darinya sendiri, lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Dari lingkungan sekolah misalnya guru disamping mengajar juga hendaknya menanamkan motivasi belajar kepada peserta didiknya. Banyak siswa yang tidak termotivasi belajar akibatnya hasil belajar menurun. Oleh karena itu guru sebagai motivator harus selalu memotivasi belajar agar siswa semangat dalam menuntut ilmu.

Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk melihat bagaimana Hubungan antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi belajar siswa dalam Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk Mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 100 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Untuk variabel Kompetensi Pedagogik Guru PAI diukur menggunakan angket Kompetensi Pedagogik Guru, sedangkan untuk Motivasi Belajar diukur dengan skala angket motivasi belajar teori McCown. Analisa data menggunakan Korelasi Product Moment Pearson.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Pedagogik Guru PAI yang dimiliki rata-rata memiliki kompetensi Pedagogik baik, untuk motivasi belajar siswa beragam ada yang rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi, dan ada hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,588 antara kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Penidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek.

ENGLISH:

To improve the quality of education, teachers have to master pedagogic competence and also motivate the students in learning. Motivation will affect to students study result. High motivation will influence the students to be diligent the it will affect them to achieve the good result. Motivation is motivate an effort to do something that can reach the goal. The motivation should be applied to students in order they feel happy in learning lesson from the teacher. It must be applied on students mind that by study will improve the knowledge well, then they will have good preparation for live. Things that affect students motivation such as their selves, school environment, family environment. It is the example of school environment, besides teaching the teachers also have to motivate their students. Many students do not motivated so it make descending result. Based on explanation above teacher as motivator they have to motivate their students to be diligent in looking for the knowledge.

The objective of this study are : 1. To know how is the relationship between pedagogic competence of Islamic Education teacher and Students learning motivation on Islamic Education Subject. 2. To know whether there is relationship between pedagogic competence of Islamic Education teacher and Islamic Education Subject or not.

The method used in this study is quantitative correlation. The sample of this study are 100 students of VII grade of State Junior High School 1 Dongko Trenggalek. The method of sampling used cluster sampling. The variable of pedagogic of Islamic Education teacher measured by questionnaire of Pedagogic competence of teacher, while the students motivation measured by learning motivation questionnaire by McCown . The data analysis used is Product moment correlation.

The result of study shows the average of pedagogic competence result is good. The students learning motivation are variety start from low, average, high, and very high. There is significant correlation 0,588 between pedagogic competence of Islamic Education teacher and Students learning motivation on Islamic E.ducation Subject in State Junior High School 1 Dongko Trenggalek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Pedagogic Competence; Learning Motivation Of Islamic Education Subect
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:19
Last Modified: 06 Dec 2016 09:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item