Fitriyani M, Anisa (2016) Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar menunjukan kemampuan siswa yang sebenarnya telah mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan kurang. Jadi dengan adanya hasil belajar, orang dapat mengetahui seberapa jauh siswa dapat menangkap materi tertentu. Akan tetapi pada kenyataan sering tidak sesuai dengan yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik. Hal ini dapat dipengaruh oleh beberapa faktor, baik yang datang dari diri siswa sendiri maupun dari luar diri siswa. Bila ditinjau dari luar diri siswa (faktor ekxternal) terdapat dua faktor yang menjadi variabel penelitian ini yaitu fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajarsiswa kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. (2) Untuk mengetahui pengaruh keadaan lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. (3) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar studi di siswa kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode kuantitatif dengan jenis kuantitatif dan diskriptif. Respondenya adalah siswa-siswi kelas XI MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket/kuesioner. Data dianalisis dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Selanjutnya di paparkan dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas Belajar (X1) memberikan pengaruh dibuktikan dengan thitung sebesar 2.389 dan ttabel dengan nilai sginifikansinya 0.019< 0.05 (2) Lingkungan Pondok Pesantren (X2) memberikan pengaruh hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 2.389 dan ttabel nilai sginifikansinya 0.00<0.05.(3) Secara simultan fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon, hal ini diketahui dari hasil pengujian yang menunjukan thitung sebesar 20.296 sama ttabel sebesar 0.00 Karena signifikasi lebih kecil dari alfa (0.00<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
ENGLISH:
The study results show the ability of students who actually had undergone a process transfer of knowledge that is lacking. So, with their learning results, the people can see how far students can catch a particular material. But the fact is often not as expected, where the student’s learning result may not necessarily can be a good achieved. This is can be influenced by several factors. Coming from student or from outside of student. When viewed from outside of student (external factor) there are two factors that became this research variable that is learning facilities and boarding school environment.
The purpose of this research are: (1) to know the influence between learning facilities toward student’s learning result of XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. (2) To know the influence of boarding school environment toward student’s learning result of XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. (3) To know the influence between facilities and boarding school environment toward student’s learning result of XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. To achieve that purpose this research using quantitative method with causative and descriptive. The respondent are the students ofXI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. The accumulation method that using the observation, and questionnaire. The data analyzed with validity test, reliability test, and hypotheses. Furthermore the researcher could take the conclusion of this research.
The result of this research are : (1) Learning Facilities (X1)give the influence of, as evidenced by thitung 2.389 and ttabel with a significance percentage 0.019< 0.05. (2)boarding school environment (X2)give the influence of, as evidenced by 2.389 and table significance percentage 0.00<0.05. (3) in a simultaneity Learning Facilities and boarding school environment is the influence significance toward study achievement of XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon, it is known by the results of the testing that showed thitung 20.296 andttabel0.00. because significance is smallest than alpha(0.00<0,05), then could take a conclusion that HO is rejected and Ha is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Pondok Pesantren dan Hasil Belajar; Learning Facilities; Boarding School Environment And Leraning Results | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:35 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5265 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |