Hadi, Yudiguntara (2015) Pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110216.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini merupakan era globalisasi yang ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga hal ini menjadi tuntutan untuk mencetak SDM yang unggul dan mampu bersaing secara global. Kelas unggulan merupakan suatu pemikiran baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia agar terbentuknya SDM yang berkualitas. Akan tetapi apabila SDM yang berkualitas tanpa diiringi dengan pengetahuan agama yang baik tentunya akan menyebabkan kemerosotan akhlak dan memungkinkan seseorang yang memiliki kompetensi unggul melakukan suatu tindakan penyimpangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala, (2) mengetahui apa saja kendala yang dihadapi pada pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala, (3) mengetahui bagaimana solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan penelitian kulitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis selama pengumpulan data berlangsung, dan setelah semua data terkumpul, membuat laporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan kelas unggulan di SMAN 1 Marabahan, dilihat dari aspek input siswa, guru pengajar, kurikulum, sumber pembelajaran, lingkungan belajar, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, sudah sesuai dengan teori yang ada dan berhasil memberikan dampak positif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam, (2) Kendala yang ada pada pelaksanaan kelas unggulan pada umumnya adalah permasalahan kesenjangan sosial antara siswa kelas unggulan dan siswa kelas reguler (3) Solusi dari kendala yang ada pada pelaksanaan kelas unggulan adalah memberikan arahan dan sosialisasi kepada siswa agar tidak terjadi kesenjangan, dan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada siswa yang berprestasi baik dari kelas unggulan maupun reguler.
ENGLISH:
It is currently the time of globalization characterized by the development of science and technology so that it is a demand for printing of superior human resources and is able to compete globally. Class featured a new thinking in improving the quality of education in Indonesia so that the formation of qualified human resources. But if the quality of human resources without being accompanied with a good knowledge of religion will certainly lead to demoralization and allows a person with special competence to perform an action lapses.
The purpose of this study was to : (1) knowing how excellent class management in improving student achievement in the subjects of Islamic religious education at SMAN 1 Marabahan Barito Kuala, (2) find out what are the constraints faced in classroom management featured in improving student achievement in the subject of Islamic education at SMAN 1 Marabahan Barito Kuala, (3) knowing how the solution could be found to overcome the obstacles faced in classroom management featured in improving student achievement in the subject of Islamic education at SMAN 1 Marabahan Barito Kuala.
To achieve the above objective, qualitative research used the descriptive research, that is the research procedure that produces descriptive data in the form of words written or spoken of the people and behaviors that can be observed. Data collection techniques used were interviews , observation , and documentation .The data obtained will be analyzed while collection inplace , and after all of the data collected , make a research report.
The results showed that, (1) The superior class in SMAN 1 Marabahan, seen from the aspect of student input, teacher educators, curriculum, learning resources, learning environments, learning, and evaluation of learning outcomes, is in conformity with the existing theory and managed to give a positive impact to improve achievement students in the learning of Islamic religious education, ( 2 ) The constraints that exist in the implementation of the flagship class in general is a problem of social inequalities between students' superior class and a regular class students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kelas Unggulan; Prestasi Belajar; Classroom Featured; Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:49 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5223 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |