Nuriyana, Laili (2015) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘alim wal muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan bukan hanya menghasilkan manusia-manusia yang hanya mengedepankan kecerdasan otaknya melainkan menghasilkan manusia yang cerdas secara intelektual dan spiritual. Di zaman yang serba modern saat ini kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan masalah akhlak dan moral, maka pendidikan karakter sangat berperan dalam merubah pola fikir masyarakat yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan adanya kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim yang di dalamnya terdapat kandunagan nilai-nilai pendidikan karakter dapat membantu kurikulum 2013 dalam mencetak anak didik memiliki peribadi yang baik dan berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam.
Dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari? 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pustaka (library research). Dengan tujuan mengumpulkan data dan informasi. Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya dalam perpustakaan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data Primer dan skunder. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, baik diperpustakaan maupun di tempat-tempat lain. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian dokumen, sedangkan teknik analisis data mengguakan Content Analysis, dan upaya untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan teknik ketekunan pengamat, teknik berdiskusi sesama teman dan pakar agama untuk memeriksa ihwal penelitian ini.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari yaitu (1) Etika seorang murid terhadap dirinya sendiri, (2) Etika seorang murid terhadap Guru, (3) Etika seorang murid terhadap pelajaran (4) Etika seorang murid terhadap kitab. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kitab tersebut adalah rasa tanggung jawab, kedisiplinan, peduli, ketekunan, kejujuran, cerdas, beriman, bertaqwa, inovatif, sehat, gigih, kerja keras, amanah, rela berkorban, rasa ingin tahu. rasa hormat, berani mengambil resiko, adil. kedisiplinan, kritis, kreatif, berempati, pantang menyerah, kerja keras, rasa kebangsaan, ramah, suka menolong, saling menghargai, toleran, bersahabat, dan kooperatif.
ENGLISH:
Education is conscious and planned effort to create condition and process of learning condition. The main role to encourage students actively develop their potential in keeping them to have religious strength, self-control, personality, intelligence, noble characters and skills which are needed by them, their nation and country. The role of education is not only to achieve students who have brain intelligence, however it more important to achieve students who have high potential in intellectual and spiritual field. In this modern era, most of them are rely on their brain and ignoring about morals and good attitude. From those phenomena, moral education is important in changing society’s idea who is inadvertent about education. A book Adabul ‘Alim wal Muta’allim which explained some moral values in moral education hoped that can to support curriculum 2013 to achieve students who have good personality and character appropriate with the purpose of Islamic education. In book Adabul ‘Alim wal Muta’allim, the researcher analyzed the value of moral educations. The researcher addressed problems: 1) how the concept of moral education in book Adabul ‘Alim wal Muta’allim by KH. Muhammad Hasyim Asy’ari? 2) What are the values of moral education in book Adabul ‘Alim wal Muta’allim by KH. Muhammad Hasyim Asy’ari?
In this study, the researcher used library research and it aimed to collect data and information. Library research is research which done by reading books, magazines or other sources. The data sources used are primary and secondary sources. The researcher collect the data by using document technique while for analysing the data, the researcher used content analysis. In addition, to check the validity of the data, the researcher used dilligence observation and discussion with friends and religious experts technique.
The result showed that the concept of moral education in the book Adabul ‘Alim wal Muta’allim by KH. Muhammad Hasyim Asy’ari are (1) the ethics of students toward themselves (2) the ethics of students toward teachers (3) the ethics of students toward lessons (4) the ethics of sudents toward books. In addition, the values in that book are responsibility, discipline, care, diligence, honesty, intelligent, faith, godfearing, innovative, health, perserve, hard working, trusteeship, unsalaried, curiosity, deference, risk taker, fair, serious, emphaty, no retret, nationalistic, friendly, helpful, respect, cooperative.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muslimin, Imam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter; Value of Morals ; Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:52 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5207 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |