Hidayati, Sofiatri Tito (2016) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII MTS Al-Yasini Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan di sekolah. Sehingga siswa saat di sekolah memiliki semangat, minat dan memperhatikan penjelasan guru saat di kelas. Berbeda dengan siswa MTs Al-Yasini Pasuruan. Di sekolah siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar, ada siswa yang tidur saat pelajaran berlangsung. Selain itu, siswa senang saat tidak ada guru yang mengajar di kelas atau jam kosong, siswa juga tidak berusaha pergi ke kantor untuk memanggil guru mata pelajaran atau menanyakan tugas. Siswa yang masih remaja lebih sering berinteraksi dengan teman sebaya dibanding guru atau orang tua. Sehingga dibutuhkan dukungan sosial teman sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana tingkat dukungan sosial antar teman sebaya pada siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 2) bagaimana tingkat motivasi belajar pada siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 dan 3) adakah hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan, 2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan dan 3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan sampel seluruh siswa kelas VII MTs AL-Yasini Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 164 siswa. Data mengenai dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar diperoleh melalui dua skala. Kemudian data tersebut dianalisis validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya dikategorisasi dan dilakukan analisis korelasi product moment.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan berada pada kategori sedang dengan prosentase 51% atau 77 siswa dan tingkat motivasi belajar pada siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan juga berada pada kategori sedang dengan prosentase 54% atau 82 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diterima atau korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar adalah 0,474, dengan taraf signifikan sebesar 0,000 dan arah hubungan (r) adalah positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Yasini Pasuruan.
ENGLISH:
Learning motivation is important for students during their education process in school. When they have the motivation, they will have spirit and interest to pay attention to their teacher explanation. But in MTs Al-Yasini Pasuruan the students are less active during their learning process. Some of them are asleep during the lesson. They are happy when there is no class. They have no interest to go to the office to tell the teacher or ask for assignment. The teenager students tend to interact with their peer than with their teachers or parents. Therefore, they need their peer social support to improve their learning motivation. In the research, the problem of the study are 1) How is the level of peer social support of grade VII students of MTs Al-Yasini Pasuruan academic year 2015/2016, 2) how is their learning motivation level, and 3) is there any correlation between the peer social support and the learning motivation of grade VII students of MTs Al-Yasini Pasuruan.
The study aims to 1) find out the level of peer social support of grade VII students of MTs Al-Yasini Pasuruan, 2) to find out their learning motivation level, and 3) the find out the correlation between their peer social support and learning motivation.
The study employs a quantitave method and it is a correlational research. The sample of the study consists of the grade VII students of MTs AL-Yasini Pasuruan. The get the data of peer social support and learning motivation, the researcher employs two scales. Then, the researcher analyzes its validity and reliability, categorizes them and analyzes its product moment correlation.
The result of the study shows that the peer social support of grade VII student of MTs Al-Yasini, Pasuruan is on the medium level with the percentage 51% or 77 students. Their learning motivation is also medium, with the percentage 54% or 82 students. The hypothesis is accepted since the correlation between the peer social support and the learning motivation is 0.474, with significant level of 0.000 and positive correlation. It means that the higher peer social support the higher the learning motivation of grade VII students of MTs Al-Yasini, Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | dukungan sosial teman sebaya; motivasi belajar;Peer social support; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:51 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5199 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |