Strategi guru pendidikan agama Islam dalam proses internalisasi nilai-nilai religius siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Batu

Ghufron, Muhammad (2015) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam proses internalisasi nilai-nilai religius siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110183.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga mendidik dengan menanamkan nilai-nilai religius agar kepribadian siswa menjadi lebih baik. Nilai-nilai religius tidak cukup diajarkan di kelas tetapi harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Apalagi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah umum hanya mempunyai alokasi waktu yang sedikit dan terbatas. Penanaman nilai-nilai religius ini dimaksudkan untuk membentengi pergaulan siswa yang semakin hari semakin parah yang mengarah kepada pergaulan bebas, minum-minuman keras, tidak tahu sopan santun dan kenakalan remaja yang merajalela.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan internalisasi nilai-nilai religius dan dampak dari internalisasi nilai-nilai religius terhadap siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 kota Batu.

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Dalam melakukan wawancara peneliti menentukan subjek penelitian antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru pendidikan agama Islam.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai religus di SMKN 1 kota Batu ini antara lain: 1) guru PAI melakukan koordinasi dengan guru PAI di forum MGMP se Kota Batu; 2) koordinasi sesama guru PAI di sekolah; 3) konsultasi ke Kepala Sekolah kemudian disosialisasikan kepada seluruh guru dan siswa. Kedua, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai religius di SMKN 1 kota Batu ini guru pendidikan agama Islam melakukan beberapa strategi antara lain: 1) melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM); 2) melalui program Badan Dakwah Islam (BDI); 3) kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI); 4) pembiasaan melalui budaya lingkungan sekolah. Ketiga, dampak internalisasi nilai-nilai religus di SMKN 1 Kota Batu antara lain: 1) siswa bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan lancar; 2) cara berbicara siswa sopan dan santun serta menghormati gurunya; 3) cara berbusana yang rapi dan menutup aurat dengan memakai jilbab; 4) siswa disiplin dengan baik.

ENGLISH:

Islamic Education Teacher does not just provide knowledge but also educate and cultivate religious values to the personality of students become to be better. Religious values are not sufficiently taught in class but it must be applied in the daily activity of students. Moreover, the study of Islamic Education in the public schools had only a little time allocation and very limited. Cultivation of religious values is meant to fortify Association of students who increasing worse to guidelines for freedom, drinking of beer, don't know the well manner and juvenile delinquency that rampant.

The purpose of this research to know strategy that was done by the Islamic education teacher in the implementing the internalization of religious values and the impact of internalization religious values on students of State Vocational high school 1 Batu.
In compiling this research, the researcher used a qualitative descriptive research method. While the methods used to collect data is through of observation, interviews, and documentation. To analyze the data, the researcher used a qualitative descriptive analysis techniques is describing the data that exist to describe reality as the real phenomena. In interviewing researcher determine the subject of research they are principals, vice principals of curriculum, vice principals of student, and Islamic education teacher.

The results of this research show that: first, the planning that was done by Islamic Education Teacher in the internalization of religious values at State Vocational School 1 Batu that include: 1) Islamic Education Teacher was coordinating with Islamic Education Teacher in the forum MGMP Batu cities; 2) coordination Islamic Education Teacher one another in school; 3) consultation to the Principal then socialized to all teachers and students. Second, the implementation of internalization religious values in this State Vocational School 1 Batu that Islamic Education Teachers do some strategies that include: 1) through by learning activities; 2) through by the Agency of Islamic religious proselyting; 3) Great Memorial Islamic Day celebrated; 4) conditioning through by the cultural of environment in the school. Third, the impact of internalization of religious values in at State Vocational School 1 Batu that include: 1) students can read Quran properly and smoothly; 2) style of speaking well manners students and honor of his teacher; 3) style of dress smartly and shuts the nakedness by wearing hijab; 4) student discipline well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyono, Mulyono
Keywords: Strategi Guru PAI; Internalisasi Nilai-Nilai Religius; Strategy of Islamic Education Teacher; Internalization of Religious Values
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:51
Last Modified: 06 Dec 2016 09:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item