Responsive Banner

Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia autoplay untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X MAN Malang II Kota Batu

Rahmawati, Widya (2015) Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia autoplay untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X MAN Malang II Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia Autoplay didasarkan pada kenyatan bahwa prestas belajar siswa terhadap mata pelajar SKI rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran SKI khususnya materi Kemajuan Islam di bawah Kepemimpinan khulafaur Rasyidin ke-3: Khalifah Utsman bin Affan. Media pembelajaran melalui multimedia Autoplay dapat membantu siswa dalam memahami materi karena didalamnya memadukan materi dalam bentuk teks, animasi, gambar dan video yang bersifat audio-visual sehingga menjadikan materi lebih menarik untuk dipelajari.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang variatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI. Mengembangkan media pembelajaran yang sudah ada di sekolah yakni buku ajar, LKS dan buku penunjang lainnya yang berbentuk visual.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini menggunakan metode Research and Development dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model Dick and Carey. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini merupakan siswa kelas X-2 MAN MALANG II Kota Batu. Uji coba ini digunakan untuk pengumpulan data dalam rangka mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan.

Hasil pengembangan media pembelajara melalui multimedia Autoplay memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil uji ahli materi dengan tingkat kevalidan 80%, ahli desain media dengan tingkat kevalidan 96%, uji ahli pembelajaran dengan tingkat kevalidan 80%. Pengembangan ini juga memiliki tingkat keefektifan dan kemenarikan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari prosentase uji lapangan mencapai 89.3%. Dari hasil penelitian diperoleh hasil nilai siswa yang meningkat. Penilaian tersebut membuktikan bahwa pengembangan media pembelajaran SKI melalui multimedia Autoplay berkualitas dan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran tanpa revisi. Prestasi belajar siswa pun pada mata pelajaran SKI meningkat secara signifikan, hal ini dapat dilihat dari rata- rata post test lebih bagus dari pre test yaitu 86.38 > 51.16%. Hasil tersebut juga di dukung dengan nilai Thitung yang lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 36.4 (Thitung) > 2.05 (Ttabel) yang menandakan bahwa ada dampak positif dari perubahan prestasi belajar siswa dengan menggunakan produk dari pengembangan media melalui Multimedia Autoplay yaitu perubahan kearah peningkatan prestasi belajar siswa.

ENGLISH:

Developing of learning media with Autoplay Multimedia is based on the reality that student’s learning achievement in Islamic Cultural History (SKI) is low. This condition happens because less of learning media when the teacher gives them the lesson in SKI subject, especially at Advancement of Islam The Kingdom Of Third Khulafaur Rasyidin: Khalifah Utsman bin Affan matery. Learning media with Auoplay multimedia can helps the students in understanding the lesson because the content of this media compare the matery with colour texts, kind of animations, pictures, and videos. The character of this media is audio�visual media that can makes the lesson more interesting to be learned.

The goals of this developing are to create the product of lesson media with interractive multimedia thatt can makes the students interest of it and with this media the student’s learningg achievement in SKI lesson will increase. Beside that, with this developing method can develop the media learning that usually they use in this school such as book and LKS.

The method that used in this research is Research an Development method or uually called R&D method. The program of this method is adapted from Dick and Carey model. The research subject in this research are X-2 students in MAN Malang II Kota Batu. The research is used to assemble the data to knows validity of the media that is developed.

The result of this development with Autoplay multimedia is fulfill the criteria of validity with the result from material validator is 80%, the result of design media validator is 96%, and the result from the techer in class as learning validator is 80%. This development is also has high score in effectivity and attractivity . the effectivity and attractivity can prove with the prosentage from students questionnaire that gain 89.3%. it also prove from students achievement that increase from 51.16% up to 86.38% and from T-Test ratio. This result prove that the product of developing media is effective, attractive, and interesting to use in Ski lesson and increase the students achievement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyono, Mulyono
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMulyono, MulyonoUNSPECIFIED
Keywords: Media Pembelajaran; Multimedia Autoplay; Prestasi Belajar; Learning Media; Autoplay Multimedia; Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 16:50
Last Modified: 06 Dec 2016 16:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5193

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item