Problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MTsN Jabung Talun Blitar

Aisah, Siti (2015) Problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MTsN Jabung Talun Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang keberadaannya menimbulkan permasalahan. Permasalahan terkait ketidaksiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum ini tidak bisa dihindari lagi. Pendistribusian buku ajar masih tidak merata, sehingga tidak heran masih banyak sekolah yang belum memiliki buku kurikulum 2013 ini. Kurangnya pengetahuan guru dan pihak sekolah tentang kurikulum 2013, menjadikan tidak optimalnya penerapan kurikulum 2013. Tidak hanya itu, ketidaksiapan sekolah dalam penyediaan media pembelajaran juga menjadi permasalahan dalam menerapkan kurikulum ini. Problematika dalam penerapan kurikulum 2013 juga dirasakan oleh guru PAI di MTsN Jabung Talun Blitar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja Problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jabung Talun Blitar?, (2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi problem-problem di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jabung Talun Blitar?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) interview/wawancara, (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan pengecekan kembali data-data yang telah diperoleh dengan mengkroscek data yang telah didapat dari hasil interview dengan mengamati serta melihat langsung dokumen yang ada.

Problematika yang dihadapi oleh guru PAI di MTsN Jabung Talun Blitar adalah problem yag berhubungan dengan anak didik yaitu, perbedaan kemampuan anak didik, anak lebih menyukai metode ceramah daripada diskusi, kurangnya motivasi anak didik. Problem yang berhubungan dengan alat pendidikan yaitu minimnya penyediaan buku ajar, minimnya fasilitas LCD, sound system, speaker, maksimalnya jumlah anak didik dalam tiap kelas. problem yang berhubungan dengan lingkungan seperti kurangnya partisipasi keluarga berakibat anak sering membuat gaduh. Problem yang berhubungan dengan standar proses yaitu guru kesulitan menyusun RPP, dan minimnya pengetahuan tentang pemanfaatan media pembelajaran. Problem yang berhubungan dengan standar penilaian yaitu guru kesulitan menilai pada kompetensi sikap. Upaya yang dilakukan antara lain, siswa aktif merangkum materi, mengkomunikasikan kepada pihak sekolah tentang fasilitas media pembelajaran, menggunakan media pembelajaran berupa gambar, kerjasama dengan guru BK, guru melakukan sosialisasi, diklat kurikulum 2013, MGMP, dll.

ENGLISH:

Curriculum 2013 is the latest curriculum that causes problems that related to the unpreparedness of the school in implementing this curriculum. Distribution of textbooks is still uneven, so there are many schools that do not have bookof this curriculum 2013. Lack of knowledge about the teachers and the school about curriculum in 2013, makes no optimal implementation of the curriculum 2013. Not only that, the unpreparedness of the school in the provision of learning media is also a problem in implementing this curriculum. Problematic in curriculum 2013implementation is also felt by PAI teachers in MTsN Jabung Talun Blitar.

The problems of this study are (1) What are the problems of Islamic Education teachers (PAI) to implement the curriculum 2013 at MTs NJabung Talun Blitar ?, (2) How does the teacher attempts Islamic Education (PAI) in addressing the problem s in MTsN Jabung Talun Blitar?

This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection technique used (1) observation, (2) interview / interview, (3) documentation. While data analysis used descriptive analysis with three stages of analysis: (1) data reduction, (2) presentation of data, (3) conclusion. To check the validity of the data the author used rechecking the data that has been obtained by checking the data that has been obtained from the interview by observing and direct viewingof the documents.

Problems faced by PAI teachers in MTsN Jabung Talun Blitar was a problem associated with learners ie, differences of ability of students, children preferred the lecture, students were lack motivation. Problems associated with the provision of educational tools that lack of textbooks, lack of facilities of LCD, sound system, speakers, maximum number of students in each class. Problems related to the environment such as the lack of participation of families resulted in children often make a noise. Problems associated with standard processes, namely the difficulties teachers prepare lesson plans, and the lack of knowledge about the utilization of instructional media. Problems that related to teacher assessment standards were difficult to assess on competencies attitude. Efforts made active students to summarize the material, communicated to the school on instructional media facilities, used instructional media in the form of images, in cooperation with BK teacher, doing socialization, training of curriculum 2013, MGMP, etc.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bakar, Istianah Abu
Keywords: Problematika; Guru Pendidikan Agama Islam (PAI); Kurikulum 2013; Problems; Islamic Education (PAI) Teacher; Curriculum 2013
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:57
Last Modified: 06 Dec 2016 09:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item