Fitriani, Nur Azizah (2015) Analisis buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK/MAK Kelas X Penerbit Erlangga berdasarkan Kurikulum 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110190.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Buku merupakan salah satu unsur sumber belajar yang sangat menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Selain itu buku juga dapat memberikan fasilitas pendukung keberhasilan belajar seorang peserta didik atau keberhasilan mengajar seorang guru. Buku merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mebantunya dalam proses kegiatan belajar baik yang berlangsung di sekolahan ataupun sebagai sarana penunjang belajar di rumah. Buku merupakan salah satu faktor kebutuhan belajar bagi peserta didik, maka tidak heran jika buku menjadi salah satu kebutuhan mendasar bagi peserta didik. Melalui kegiatan membaca buku peserta didik menjadi tahu tentang berbagai hal yang sebelumnya mereka belum ketahui. Adanya persyaratan agar buku PAI kelas X SMA bisa efektif dan efisien dalam penggunaannya dan sesuai dengan KI dan KD yang ditentukan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, hal ini yang menjadi latar belakang masalah penulis dalam mengambil judul “Analisis Buku Pelajaran Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMK/MAK Kelas X Penerbit Erlangga Berdasarkan Kurikulum 2013”.
Adapun Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana kesesuaian isi buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga dengan KI dan KD pada kurikulum 2013? 2) Bagaimana kesesuaian soal-soal dalam buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga? 3) Bagaiamana kesesuaian bahasa dalam buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: 1) Untuk mendskripsikan kesesuaian isi buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga dengan KI dan KD pada kurikulum 2013. 2) Untuk mendeskripsikan kesesuaian soal-soal dalam buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga. 3) Untuk mendeskripsikan kesesuaian bahasa dalam buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku ajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMK/MAK kelas X penerbit Erlangga. Pokok bahasan dan sub pokok bahasan dalam buku ajar PAI tersebut merupakan instrumen penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti juga merupakan instrumen dengan menggunakan teknik non tes dan metode dokumentasi. Selain itu, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pertama, kajian terhadap kesesuaian buku PAI terbitan Erlangga yang dijadikan objek penelitian, dengan KI dan KD pada kurikulum 2013 telah sesuai. Kedua, kajian terhadap ketersediaan soal dan kesesuaian soal atau latihan dari buku PAI terbitan Erlangga yang dijadikan objek penelitian dengan materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan telah sesuai. Ketiga, kajian terhadap kesesuaian bahasa pada buku PAI terbitan Erlangga yang dijadikan objek penelitian bahasanya sudah etis, estetis, komunikatif, fungsional dan sesuai dengan sasaran pembaca. Ejaan, tanda baca, kosakata, kalimat dan paragrafnya sudah sesuai dengan EYD yang di tentukan.
ENGLISH:
The book is one element of learning resources that are very supportive of the success of learning activities. books can also provide support facilities of learning success for a student or a teacher. The book is one of the means that is needed by learners to assist in the process of learning activities that take place either in school or as a means of supporting learning at home. The book is one of the factors for the learning needs of learners, it is no wonder if the book become one of the basic needs of learners. Through reading the book, students become aware of the various things that they have not known before. The existence of the requirements for class X SMA of Islamic education (PAI) book can be effective and efficient in its use and in accordance with basic competences (KI and core competences KD) are determined by the government in the curriculum of 2013, this is the background of the author’s problem in taking the title " Analysis of Islamic Education Books And Character of vocational school (SMK / MAK) of Class X of Erlangga publishe Based on Curriculum 2013. Thesis, Department of Islamic Education, ".
The focus of this study included: 1) How was the suitability of the contents of the student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher toward KI and KD in the curriculum 2013? 2) How was the suitability of the questions in the student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher? 3) How was the suitability of the language in student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher? While the purpose of this study was to describe about: 1) To describe the suitability of the content of the student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher toward KI and KD in the curriculum 2013. 2) To describe the suitability of the questions in student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher. 3) To describe the suitability of the language in student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher.
To achieve the objectives above, the study used a qualitative approach with descriptive research. Data and sources of data in this study were taken from the student textbook of Islamic education subjects and moral of SMK / MAK of class X Erlangga publisher. Subjects and sub-subjects in textbooks of PAI was a research instrument. In this study, researcher also an instrument by using non-test techniques and methods of documentation. In addition, the analytical techniques used in this research was qualitative descriptive analysis technique.
Based on the results of data analysis can be concluded first, a study of the suitability of a book of PAI published by Erlangga that made the object of research, with KI and KD in appropriate with curriculum 2013. Secondly, the study on the question availability and suitability or practice of the PAI book published by Erlangga that made the object of research with the subject matter and the sub subject. Third, the study on the suitability of the language on the PAI book published by Erlangga which was became object of language research , it was ethical, aesthetic, communicative, functional and in accordance with the reader target. Spelling, punctuation, vocabulary, sentences and paragraphs were in accordance with the specified Enhanced Spelling (EYD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis; Buku Teks; PAI; Analysis; Textbook; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5186 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |