Mufti, Mahin (2015) Strategi pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri di TPQ Al-Hasani Gampingan Pagak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110178.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri di TPQ al-Hasani, (2) mendeskripsikan kualitas kemampuan baca al-Qur’an santri di TPQ al-Hasani, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Hasani.
Pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Tehnik analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang telah didapat sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
Dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan tehnik analisis data prosentase
dengan rumus sebagai berikut:
P= F/N x 100%
Keterangan: P= Proporsi/prosentase, F= Frekuensi yang sedang dicari, N= Jumlah responden
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri di TPQ al-Hasani dapat dikategorikan baik, hal itu dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Sedangkan factor pendukung diantaranya; kualitas guru yang baik, keaktifan santri, metode pembelajaran al-Qur’an yang diterapkan, dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah menurunnya semangat guru, keaktifan guru dan santri, serta kurangnya fasilitas sarana dan prasarana.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran al-Qur’an.
ENGLISH:
Learning strategy can be determined as strategy or main point used by teachers in learning and teaching process in order to influence the (moslem) student to achieve their aims and learning targets.
This research aims are to: 1) describe the application of Alquran learning strategy to improve students’ Alquran reciting skills in TPQ Al Hasani, 2) describe the quality of students’ Alquran reciting skills in TPQ Al Hasani, 3) describe support and obstacle factors Alquran learning strategy in TPQ Al Hasani.
Approach used in this research is both qualitative and quantitative. Data conducted using documentation, observation, and interview. Data analyzed by descriptive qualitative technique which are: describing the conducted data in order to understand the reality as well as in the field observation. Then, descriptive and quantitative analysis was determined by percentage data analysis technique with
formula:
P= F/N x 100%
Notes: P = percentage, F = frequency is being sought, N = respondents amount
This research shows that Alquran Learning Strategy to Improve Students’ Alquran Reciting Skill in TPQ al Hasani is categorized as a good one. It conceives with improving Alquran reciting skills comprehend and correctly. While, the supporting factors are: high-ranked teacher’s quality, student’s actives, applied Alquran learning methods, and conducive environment. In other side, the obstacle factors are: decreasing of teachers’ enthusiasm and lack of infrastructure and medium tools.
The result of this research hopefully can be reference acknowledgements and opinion for management education system whose are oriented in Alquran learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran al-Qur‟an; Kemampuan baca al-Qur‟an, TPQ al-Hasani; Alquran learning strategy; Alquran Reciting Skill; TPQ Al Hasani | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:58 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5168 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |